3. Program Komunikasi Kesehatan
Program
komunikasi kesehatan merupakan upaya promosi yang dimulai dari proses
perencanaan, pelaksanaan, dan pemantauan yang didesain untuk tujuan jangka
panjang agar terjadi perubahan perilaku pada kelompok sasaran. Tujuan pokok
dari program komunikasi kesehatan adalah perubahan perilaku kesehatan dalam
rangka meningkatkan derajat kesehatan. Strategi komunikasi kesehatan terdiri
dari tiga langkah strategis yang merupakan siklus berkesinambungan, sebagai
berikut:
1) Tahap
perencanaan
Tahap perencanaan merupakan bagian
terpenting dari seluruh kegiatan program komunikasi kesehatan komunikasi
kesehatan, pada tahap ini dilakukan berbagai macam kegiatan serius dan berbagai
aspek dipelajari. Kunci keberhasilan program komunikasi kesehatan terletak pada
sejauh mana tahap perencanaan dirancang, yang meliputi:
a. Analisis
masalah kesehatan
b. Riset
pengembangan
c. Pengembangan
strategi
d. Uji
coba bahan
e. Rencana
operasional
2) Tahap
pelaksanaan
Kegiatan dimulai dengan menggunakan
bahan komunikasi yang dihasilkan dengan kualitas yang tinggi, kemudian bahan
didistribusikan melalui berbagai jalur media secara terpadu. Tujuannya untuk
memperoleh daya jangkau dan frekuensi maksimum. Sebelum tahap ini dimulai,
terlebih dahulu dilakukan program pelatihan bagi mereka yang akan berinteraksi
dengan konsumen. Tahap ini terdiri dari tiga kegiatan pokok:
a. Produksi
b. Pelatihan
c. Distribusi
3) Tahap
pemantauan dan evaluasi
Upaya pemantauan dan evaluasi
merupakan kesatuan kegiatan yang dilakukan secara terpadu dan tidak dapat
dipisahkan serta dilaksanakan secara sistematis. Pemantauan harus dilakukan
pada hal-hal berikut ini:
a. Sistem
distribusi produksi dan bahan
b. Pengelolaan
dan kinerja
c. Jadwal
kerja
d. Anggaran
e. Tingkat
penerimaan, pengetahuan, dan kebiasaan
Strategi
pemantauan harus meliputi upaya-upaya sebagai berikut:
a. Pemeriksaan
bahan secara teratur pada titik sasaran distribusi
b. Diskusi
Kelompok Terarah (DKT) untuk mengetahui pesan promosi dan melihat kemungkinan
adanya keraguan dari kelompok sasaran
c. Pemantauan
siaran untuk memastikan bahwa jadwal penyiaran dilakukan sesuai dengan rencana
d. Wawancara
sesaat di lokasi tertentu untuk memantau tema pokok dan ‘slogan’ program serta
jangkauannya
e. Evaluasi
tindak lanjut pelatihan bagi petugas kesehatan
f. Pemantauan
terhadap pengelolaan untuk mengetahui pengaruh program pada distributor atau
pelaksana
Tahap
evaluasi terdiri dari:
a. Evaluasi
keluaran (output) atau produksi
b. Evaluasi
akibat (effect)
c. Evaluasi
dampak (impact)
LANJUTKAN MATERI,,, CLICK HERE!
lia septiana, hadir
BalasHapusnani kurnia
BalasHapusNPM : 14410038P
HADIR buk
oktaviani
BalasHapusNPM 14410042p
hadir
Ida Yulianty
BalasHapusNPM : 14410027
Hadir
Lailia
BalasHapusNPM.14410030P
Hadir
Dwi Retnoningrum
BalasHapusNPM.14410020P
Hadir
Lanio Ibrahim
BalasHapusNPM 14410031P
Hadir
Balas
MUHAMMAD TIO ARDIANTO
BalasHapusNPM : 14410037P
HADIR
Ima Yustitia
BalasHapusNPM 14410028 hadir
irma afria suryani
BalasHapus14410029
erni susanti
BalasHapusnpm 14410025
hadir
erni susanti
BalasHapusnpm 14410025
hadir
erni susanti
BalasHapusnpm 14410025
hadir