Jumat, 24 Oktober 2014

langkah+faktor PemasaranSosial



3.   Langkah Dalam Mengembangkan Kegiatan Pemasaran Sosial
Ada 14 langkah dalam mengembangkan kegiatan pemasaran sosial tersebut:
1)      Riset Formatif
Sebelum kita menganjurkan orang untuk mengubah perilakunya, kita harus tahu dulu bagaimana sekarang dan bagaimana sikapnya terhadap perilaku yang kita anjurkan. Kita tidak dapat hanya menduga atau memperkirakan kedua hal tersebut. Kita harus menggalinya dari mereka sendiri. Kita namakan penggalian demikian riset formatif.
2)      Penyusunan Strategi
Strategi akan mencakup:
a.       Berbagai kelompok sasaran yang diperoleh dari penelitian formatif dapat dibagi dalam 3 kelompok besar:
Ø  Sasaran primer, yaitu sasaran pokok yang benar-benar kita harapkan berubah kebiasaannya
Ø  Sasaran sekunder, yaitu sasaran antara yang akan terlibat dalam penyampaian pesan-pesan secara langsung
Ø  Sasaran tersier, yaitu sasaran penunjang yang terlibat secara tidak langsung, namun dukungannya sangat diperlukan
b.      Berbagai perilaku yang diharapkan dari tiap kelompok sasaran
c.       Sikap negatif terhadap perilaku yang diharapkan secara rinci
d.      Kata-kata yang disarankan untuk dipakai guna meyakinkan kelompok sasaran untuk melakukan apa yang diharapkan
e.       Berbagai saluran komunikasi yang ada untuk analisis selanjutnya.
3)      Menguji Coba Strategi
Setelah strategi disusun, kita kembali mengunjungi kelompok sasaran primer untuk menguji coba strategi tersebut pada mereka.
4)      Menulis Arahan Kreatif dan Media
Arahan kreatif ini menyimpulkan tujuan dan maksud kegiatan, gambaran rinci data ekonomi, sosial dan demografis daerah kegiatan serta daftar kelompok sasaran primer, sekunder dan tersier, serta gambaran keadaan mereka. Arahan tersebut berupa uraian tentang kelompok sasaran, dan kegiatan yang ditujukan pada tiap kelompok sasaran, pesan-pesan yang harus diterima tiap kelompok sasaran, semua keengganan yang diketahui dan menghambat penerimaan dan bagaimana rasa keberatan itu  di atasi dan tokoh yang dapat diterima kelompok sasaran.
5)      Menentukan Konsultan Kreatif dan Konsultan Media
Sangat disarankan untuk menggunakan ahli kreatif dan ahli media. Kelompok kreatif dan media harus benar-benar mendapat arahan, baik itu ahli dari luar atau tenaga yang ada di dalam (instansi) sendiri
6)      Menyusun Peran dan Bahan Serta Rencana Media
Perencanaan media haruslah rinci, mulai dari biaya, peran kelompok-kader-masyarakat, bahan media. Rencana tersebut harus menunjukkan jangkauan yang memadai terhadap semua kelompok sasaran dengan frekuensi yang memadai dan biaya yang paling sesuai.
7)      Menguji Bahan dan Pesan
Tiap bahan media diuji coba pada wakil kelompok sasaran yang dituju, bahan untuk memotivasi petugas dan kelompok masyarakat diuji coba pada kelompok yang mewakili, bahan-bahan penyuluhan yang digubakan sebagai alat bantu kader diuji coba pada kader. Hasil uji coba dipakai untuk menyempurnakan semua bahan.
8)      Memperbaiki Bahan
Setelah uji coba bahan, bila diperlukan perubahan besar untuk memastikan bahan perbaikan dapat diterima kelompok sasaran. Hal ini untuk memastikan bahwa kegiatan di daerah tidak bertentangan dengan kebijakan program.
9)      Penyempurnaan Program
Program pada akhirnya bisa disempurnakan. Bila mungkin kesimpulan akhir perlu dibuat secara tertulis dan bisa dilengkapi dengan slides untuk penyajian dan koordinasi.
10)  Memproduksi Bahan
Semua bahan sudah diperbanyak dalam bentuk akhir.
11)  Pengumpulan Data Dasar dan Evaluasi
Pengumpulan data dasar dilaksanakan di daerah uji coba dan daerah kontrol. Masa proyek sudah ditentukan dan kegiatan evaluasi dijadwalkan.
12)  Orientasi dan Pelatihan
Sebelum kegiatan dilaksanakan, kader dilatih dan semua sektor serta kelompok masyarakat yang terlibat juga dilatih atau diberi orientasi tentang peran mereka.


13)  Melaksanakan Kegiatan
Sebaiknya kegiatan langsung dilaksanakan pada saat pencanangan. Misalnya, dalam bentuk penyuluhan atau pencanangan oleh kepala daerah yang dihadiri para pelaksana dan instansi serta media yang terlibat.
14)  Memantau dan Memperbaiki
Titik utama uji coba pemasaran adalah memantau dan memperbaiki kegiatan komunikasi yang diperlukan dan ditemukan dalam proses pengalaman, apa saluran komunikasi dan apa pesan yang paling efektif untuk mencapai tujuan program.

4.        Faktor Penentu Dalam Pemasaran Sosial
Ada beberapa faktor yang menentukan keberhasilan pemasaran sosial, yaitu:
1)      Manajemen
2)      Konsumen
3)      Kelompok Sasaran
4)      Identitas
5)      Manfaat
6)      Biaya
7)      Ketersediaan
8)      Saluran Komunikasi
9)      Pemantauan dan Perbaikan
10)  Evaluasi 


KUIS 




TERIMAKASIH TELAH MENGIKUTI E-LEARNING :)



 

13 komentar: