3. Langkah
Dalam Mengembangkan Kegiatan Pemasaran Sosial
Ada 14 langkah dalam mengembangkan
kegiatan pemasaran sosial tersebut:
1) Riset
Formatif
Sebelum kita menganjurkan orang
untuk mengubah perilakunya, kita harus tahu dulu bagaimana sekarang dan
bagaimana sikapnya terhadap perilaku yang kita anjurkan. Kita tidak dapat hanya
menduga atau memperkirakan kedua hal tersebut. Kita harus menggalinya dari
mereka sendiri. Kita namakan penggalian demikian riset formatif.
2) Penyusunan
Strategi
Strategi akan mencakup:
a. Berbagai
kelompok sasaran yang diperoleh dari penelitian formatif dapat dibagi dalam 3
kelompok besar:
Ø Sasaran
primer, yaitu sasaran pokok yang benar-benar kita harapkan berubah kebiasaannya
Ø Sasaran
sekunder, yaitu sasaran antara yang akan terlibat dalam penyampaian pesan-pesan
secara langsung
Ø Sasaran
tersier, yaitu sasaran penunjang yang terlibat secara tidak langsung, namun
dukungannya sangat diperlukan
b. Berbagai
perilaku yang diharapkan dari tiap kelompok sasaran
c. Sikap
negatif terhadap perilaku yang diharapkan secara rinci
d. Kata-kata
yang disarankan untuk dipakai guna meyakinkan kelompok sasaran untuk melakukan
apa yang diharapkan
e. Berbagai
saluran komunikasi yang ada untuk analisis selanjutnya.
3) Menguji
Coba Strategi
Setelah strategi disusun, kita
kembali mengunjungi kelompok sasaran primer untuk menguji coba strategi
tersebut pada mereka.
4) Menulis
Arahan Kreatif dan Media
Arahan kreatif ini menyimpulkan
tujuan dan maksud kegiatan, gambaran rinci data ekonomi, sosial dan demografis
daerah kegiatan serta daftar kelompok sasaran primer, sekunder dan tersier,
serta gambaran keadaan mereka. Arahan tersebut berupa uraian tentang kelompok
sasaran, dan kegiatan yang ditujukan pada tiap kelompok sasaran, pesan-pesan
yang harus diterima tiap kelompok sasaran, semua keengganan yang diketahui dan
menghambat penerimaan dan bagaimana rasa keberatan itu di atasi dan tokoh yang dapat diterima
kelompok sasaran.
5) Menentukan
Konsultan Kreatif dan Konsultan Media
Sangat disarankan untuk menggunakan
ahli kreatif dan ahli media. Kelompok kreatif dan media harus benar-benar
mendapat arahan, baik itu ahli dari luar atau tenaga yang ada di dalam
(instansi) sendiri
6) Menyusun
Peran dan Bahan Serta Rencana Media
Perencanaan media haruslah rinci,
mulai dari biaya, peran kelompok-kader-masyarakat, bahan media. Rencana
tersebut harus menunjukkan jangkauan yang memadai terhadap semua kelompok
sasaran dengan frekuensi yang memadai dan biaya yang paling sesuai.
7) Menguji
Bahan dan Pesan
Tiap bahan media diuji coba pada
wakil kelompok sasaran yang dituju, bahan untuk memotivasi petugas dan kelompok
masyarakat diuji coba pada kelompok yang mewakili, bahan-bahan penyuluhan yang
digubakan sebagai alat bantu kader diuji coba pada kader. Hasil uji coba
dipakai untuk menyempurnakan semua bahan.
8) Memperbaiki
Bahan
Setelah uji coba bahan, bila
diperlukan perubahan besar untuk memastikan bahan perbaikan dapat diterima
kelompok sasaran. Hal ini untuk memastikan bahwa kegiatan di daerah tidak
bertentangan dengan kebijakan program.
9) Penyempurnaan
Program
Program pada akhirnya bisa
disempurnakan. Bila mungkin kesimpulan akhir perlu dibuat secara tertulis dan
bisa dilengkapi dengan slides untuk
penyajian dan koordinasi.
10) Memproduksi
Bahan
Semua bahan sudah diperbanyak dalam
bentuk akhir.
11) Pengumpulan
Data Dasar dan Evaluasi
Pengumpulan data dasar dilaksanakan
di daerah uji coba dan daerah kontrol. Masa proyek sudah ditentukan dan
kegiatan evaluasi dijadwalkan.
12) Orientasi
dan Pelatihan
Sebelum kegiatan dilaksanakan,
kader dilatih dan semua sektor serta kelompok masyarakat yang terlibat juga
dilatih atau diberi orientasi tentang peran mereka.
13) Melaksanakan
Kegiatan
Sebaiknya kegiatan langsung dilaksanakan
pada saat pencanangan. Misalnya, dalam bentuk penyuluhan atau pencanangan oleh
kepala daerah yang dihadiri para pelaksana dan instansi serta media yang
terlibat.
14) Memantau
dan Memperbaiki
Titik utama uji coba pemasaran
adalah memantau dan memperbaiki kegiatan komunikasi yang diperlukan dan
ditemukan dalam proses pengalaman, apa saluran komunikasi dan apa pesan yang
paling efektif untuk mencapai tujuan program.
4.
Faktor
Penentu Dalam Pemasaran Sosial
Ada beberapa faktor yang menentukan
keberhasilan pemasaran sosial, yaitu:
1) Manajemen
2) Konsumen
3) Kelompok
Sasaran
4) Identitas
5) Manfaat
6) Biaya
7) Ketersediaan
8) Saluran
Komunikasi
9) Pemantauan
dan Perbaikan
NANI KURNIA
BalasHapus14410038P
HADIR
Ida Yulianty
BalasHapusNPM 14410027P
Hadir
Erni Susanti
BalasHapusNPM 14410025P
Hadir
Ima Yustitia
BalasHapus14410028P
Hadir
Lailia
BalasHapus14410030P
Hadir
Lailia
BalasHapus14410030P
Hadir
Eka Antoni 14410022P 25 Oktober 2014 hadir
BalasHapussugeng mursidi .
BalasHapus14410047P
hadir
Eni herleni
BalasHapusNPM 14410024 P
Hadir
Irma Afria Suryani
BalasHapus14410029
Hadir
NPM 14410012P
BalasHapusHADIR
Desi Natalia
BalasHapusNPM 14410018P
Hadir
dr.Anjari Wahyu Wardhani
BalasHapusnpm :14420006
uniba ( batam )