Sabtu, 19 Oktober 2013

Pertanyaan materi Kwu


Terimakasih telah mengikuti dan berpartisipasi aktif dalam perkuliahan e-learning.


BE HEATLH, BE SMART !

59 komentar:

  1. 1. Menurut saya inovasi adalah penemuan yang baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelum nya. Sedangkan kreativitas adalah kemampuan seseorang untuk menciptakan segala sesuatu yang diperoleh dari hasil berpikir. Hasil dari kreativitas ialah sebuah karya. Karya bisa berbentuk benda, bisa tulisan, lukisan, patung, dan lain sebagainya yang melibatkan unsur keterampilan.

    2. Menurut saya keluar dari zona aman itu artinya keluar dari kebiasaan kita yang lakukan dengan melakukan suatu hal yang tidak biasa atau mencoba hal baru untuk mendapat sesuatu yang lebih baik lagi.

    3. Kenal diri, percaya diri, dan jual diri
    Kenal diri yaitu mengenali diri mengetahui kekurangan dan kelebihan yang ada pada diri, mengenali kemampuan yang dimilki oleh diri sehingga diri mampu mengetahui apa yang harus diperbaiki dan apa yang dapat dikembangkan dalam diri. Percaya diri yaitu sadar atau yakin terhadap kemampuan yang dimilki diri sendiri. Jual diri yaitu menampilkan kemampuan yang ada pada diri pada masyarakat bahwa kita bisa dan mereka percaya dengan kemampuan yang kita miliki.

    4. Iya setiap pengusaha adalah wirausahawan, Karena pengusaha adalah orang-orang melakukan tindakan wirausaha pribadi atau organisasi yang berasal suatu gagasan yang mereka miliki, mereka pula harus memiliki atau menerapkan inovasi dan kreativitas apabila ingin usaha mereka tetap eksis dan terwujudnya keinginan yang mereka inginkan. Sehingga menurut saya pengusaha sama hal dengan wirausahawan.

    Terima kasih bu..

    BalasHapus
  2. 1. a.Kreativitas adalah suatu kemampuan untuk menyelesaikan masalah yang member kesempatan individu untuk menciptakan ide2 asli/adaptif fungsi kegunaannya secara penuh untuk berkembang
    b. Inovatif adalah suatu kemampuan manusia dalam mendayagunakan pikiran dan sumber daya yang ada disekelilingnya untuk menghasilkan suatu karya yang benar-benar baru yang orisinil, serta bermanfaat bagi banyak orang.

    2.suatu kemampuan untuk mengelola sesuatu yang ada pada diri kita untuk dimanfaatkan dan ditingkatkan agar lebih optimal, dan meningkatkan kemampuan dan keberanian, motivasi diri dan kreativitas sehingga dapat meningkatkan taraf hidup kita menjadi lebih baik

    3.Menurut Edison, Ada 3 pokok utama yang harus dimiliki : Kenal diri. Percaya diri. Mempromosikan diri. adalah suatu kemampuan untuk mengelola sesuatu yang ada pada diri kita untuk dimanfaatkan dan ditingkatkan agar lebih optimal, sehingga dapat meningkatkan taraf hidup kita.Hal-hal yang harus dimiliki Entrepreneur : Pengetahuan (knowledge); Kemampuan (skill); Pengalaman (experiences); Jaringan (networking); Informasi (information); Sumber yang ada (sources); Uang, bakat, lingkungan, keluarga, dll; Waktu (time)Masa depan dan kesempatan (future & opportunity).

    4. iya karena kewirausahaan adalah milik semua orang karena pada dasarnya setiap orang memiliki kreativitas sendiri-sendiri dan Motivasi dalam kewirausahaan meliputi motivasi yang diarahkan untuk mencapai tujuan kewirausahan, seperti tujuan yang melibatkan pengenalan dan eksploitasi terhadap peluang bisnis. Motivasi untuk mengembangkan usaha baru diperlukan bukan hanya oleh rasa percaya diri dalam hal kemampuannya untuk berhasil, namun juga oleh kemampuannya dalam mengakses informasi mengenai peluang kewirausahaan. pengusaha adalah seseorang yang merasakan adanya peluang, mengejar peluang yang sesuai dengan dirinya, dan percaya bahwa kesuksesan merupakan sesuatu hal yang dapat dicapai.

    BalasHapus
  3. 1.kreatifitas adalah kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru dan untuk menemukan cara-cara baru dalam melihat masalah dan peluang. Inovasi adalah kemampuan untuk menerapkan solusi kreatif terhadap masalah dan peluang untuk meningkatkan atau untuk memperkaya kehidupan orang-orang
    Jadi Kreatif dan inovatif adalah karakteristik personal yang terpatri kuat dalam diri seorang wirausaha sejati

    2. keluar dr zona kenyamanan menurur peggy dan charles adalah....
    jawab mampu mengolah sumber daya yang ada menjadi suatu produk yang mempunyai nilai atau mencari keuntungan dari peluang yang belum digarap orang lain misal : dengan kecakapan mengubah kotoran dan rongsokan menjadi emas. dan orang dengan kecakapan mengubah kotoran dan rongsokan jadi emas tidak harus berada di dunia bisnis saja.
    3. menurut edison ada 3 pokok utama yang harus dimiliki seorang wirausahawan yaitu :
    - kenal diri, : harus Ketahui apa saja kebutuhan dan keinginan target pasar anda.
    - percaya diri, : percaya dan yakin pada kemampuan dan barang yang di tawarkan sekedar penawaran biasa, tapi penawaran yang menarik. Dan yang perlu diingat juga yang di jual sebetulnya adalah nilai manfaatnya. jadi harus yakin pada apa yang ditawarkan
    - serta mampu menjual diri: menampilkan kemampuan yang ada pada diri pada masyarakat bahwa kita bisa dan mereka percaya dengan kemampuan yang kita miliki. dan yakin bahwa yang sebetulnya kita jual adalah nilai manfaatnya.

    4. apakah setiap pengusaha adalah wirausahawan/enterpreneur ?
    ia pengusaha adalah wirausahawan /enterpreneur karena wirausahawan / enterpreneur
    memiliki arti yang luas. Salah satunya, wirausahawan/entrepreneur adalah seseorang yang memiliki kecakapan tinggi dalam melakukan perubahan, memiliki karakteristik yang hanya ditemukan sangat sedikit dalam sebuah populasi. Definisi lainnya adalah seseorang yang ingin bekerja untuk dirinya. dan dapat memulai sebuah bisnis. entrepreneur sebagai seseorang yang mengorganisir, memenej, dan menanggung risiko sebuah bisnis atau usaha.

    BalasHapus
  4. 1. Kreatifitas adalah kemampuan seseorang untuk menciptakan sesuatu yang baru yang tak terpikirkan sebelumnya, mampu menuangkan ide-ide unik yang orisinil dan fresh dalam mencari pemecahan sebuah permasalahan.
    Sedangkan Inovasi adalah hasil pengembangan dari sesuatu, baik itu pengetahuan, keterampilan, maupun pengalaman, untuk menciptakan atau memperbaiki produk, proses, atau sistem, dan memberikan nilai secara signifikan

    2. "Keluar dari Zona Nyaman" dapat berarti kesiapan diri untuk mengahadapi tantangan baru dan mengambil resiko, keberanian untuk keluar dari kondisi dimana kita merasa aman dan nyaman. Pada kondisi yang nyaman, tak jarang membuat hidup kita stagnan pada satu level kehidupan, dan kita ketahui bersama bahwa para wirausahawan mampu berhasil dan sukses diawali dari keberanian mereka untuk keluar dari zona yang nyaman. Sekali kita keluar dari zona nyaman, artinya kita akan keluar menuju dunia yang jauh lebih luas,disana peluang begitu melimpah, peluang bisnis, peluang kerja, peluang apapun dalam kehidupan ini.

    3. Menurut Edison 3 pokok utama yang harus dimiliki oleh wirausahawan adalah Kenal Diri, Percaya diri dan Menjual diri
    Kenal Diri dapat berarti kemampuan diri kita untuk mengetahui potensi yang ada dalam diri kita untuk berwirausaha
    Percaya diri merupakan sikap yang memungkinkan kita untuk memiliki persepsi positif dan realistis dari diri kita dan kemampuan kita, keyakinan akan kemampuan diri kita dalam melakukan sesuatu
    Menjual diri berarti kita mendayagunakan segala potensi yang ada dalam diri kita agar mempunyai nilai tambah dimata orang lain.

    4. Iya, menurut saya antara pengusaha dan wirausahawan/enterpreuner pada dasar sama, keduanya melakukan upaya-upaya kreatif dan inovatif dengan jalan mengembangkan ide, dan meramu sumber daya untuk menemukan peluang (opportunity) dan perbaikan (preparation) hidup.

    BalasHapus
  5. EKO LISTIONO / 13410035P / FKM KONVERSI

    1. Kreatifitas (creativity) adalah kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru dan untuk menemukan cara-cara baru dalam melihat masalah dan peluang sedangkan Inovasi (Innovation) adalah kemampuan untuk menerapkan solusi kreatif terhadap masalah dan peluang untuk meningkatkan atau untuk memperkaya kehidupan orang-orang.

    2. Keberanian (EQ & Mental), dalam mengatasi rasa takut (gagal, bangkrut dan sebagainya) berani dalam mengambil dan mengendalikan resiko, dan keberanian untuk menuju sukses.

    3. Menurut Edison, entrepreneur mempunyai tiga pokok utama yang harus dimiliki yakni kenal diri, percaya diri, serta mampu menjual diri. Menurutnya, entrepreneur adalah suatu kemampuan untuk mengelola sesuatu yang ada pada diri kita untuk dimanfaatkan dan ditingkatkan agar lebih optimal, sehingga dapat meningkatkan taraf hidup kita.

    4. Pengusaha belum tentu seorang wirausahawan/ enterpreuner, karena memang tidak mudah untuk bisa menjadi entrepreneur. Diperlukan beberapa syarat agar dapat menjadi seorang pengusaha yang sukses diantaranya adalah memiliki “jiwa wirausaha” yang kuat, pantang menyerah, berani, jujur, kreatif, menyukai perubahan, tidak cepat puas, tidak cepat panik, keinginan kuat untuk terus belajar, menjalin hubungan yang luas dengan orang-orang baik, menjadi pendengar yang baik, dan tidak serakah. Tapi bukan mustahil bila seseorang bisa menjadi seorang pengusaha apalagi sampai sukses, asalkan ada kemauan untuk selalu belajar.

    BalasHapus
  6. 1. Kreatifitas adalah kemampuan mengembangkan ide ide ataukemampuan untuk menyelesaikan masalah dan peluang.Inovasi adalah kemampuan untuk menerapkan solusi kreatif terhadap masalah dam peluang untuk meningkatkan atau untuk memperkaya kehidupan orang orang. atau kemampuan manusia dalam mendayagunakan daya pikiran dan sumber daya yang ada disekelilingnya untuk menghasilkan suatu karya yang benar benar baru dan berguna bagi orang banyak.
    2.Keluar dari zona kenyamanan menurut Peggi dan Carles adalah
    Suatu kemampuan untuk mengelola sesuatu yang ada pada diri kita serta meningkatkan keberanian dan meningkatkan taraf hidup yang lebih baik.
    3. menurut edison ada 3 pokok utama yang harus dimiliki seorang wirausahawan yaitu :
    - kenal diri, : harus Ketahui apa saja kebutuhan dan keinginan target pasar anda.
    - percaya diri, : percaya dan yakin pada kemampuan dan barang yang di tawarkan sekedar penawaran biasa, tapi penawaran yang menarik. Dan yang perlu diingat juga yang di jual sebetulnya adalah nilai manfaatnya. jadi harus yakin pada apa yang ditawarkan
    - serta mampu menjual diri: menampilkan kemampuan yang ada pada diri pada masyarakat bahwa kita bisa dan mereka percaya dengan kemampuan yang kita miliki. dan yakin bahwa yang sebetulnya kita jual adalah nilai manfaatnya.
    4.. iya karena kewirausahaan adalah milik semua orang karena pada dasarnya setiap orang memiliki kreativitas sendiri-sendiri dan Motivasi dalam kewirausahaan meliputi motivasi yang diarahkan untuk mencapai tujuan kewirausahan, seperti tujuan yang melibatkan pengenalan dan eksploitasi terhadap peluang bisnis. Motivasi untuk mengembangkan usaha baru diperlukan bukan hanya oleh rasa percaya diri dalam hal kemampuannya untuk berhasil, namun juga oleh kemampuannya dalam mengakses informasi mengenai peluang kewirausahaan. pengusaha adalah seseorang yang merasakan adanya peluang, mengejar peluang yang sesuai dengan dirinya, dan percaya bahwa kesuksesan merupakan sesuatu hal yang dapat dicapai.

    BalasHapus
  7. DIDY ARWADI / 13410033P / FKM KONVERSI

    1. Kreativitas adalah kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru dan cara-cara baru dalam penyelesaian masalah dan menemukan peluang (thinking new thing).
    Inovasi adalah kemampuan untuk menerapkan solusi kreativitas dalam rangka pemecahan masalah dan menemukan peluang (doing new thing).

    2. Keberanian (EQ & Mental), dalam mengatasi rasa takut/ berani dalam mengambil dan mengendalikan resiko, dan keberanian untuk menuju sukses.

    3. Menurut Edison 3 pokok utama yang harus dimiliki oleh wirausahawan adalah Kenal Diri, Percaya diri dan Menjual diri. Kenal Diri berarti kemampuan diri kita untuk mengetahui potensi yang ada dalam diri kita untuk berwirausaha, Percaya diri adalah sikap yang memungkinkan kita untuk memiliki persepsi positif dan realistis dari diri kita dan kemampuan kita, keyakinan akan kemampuan diri kita dalam melakukan sesuatu sdgkan menjual diri berarti kita mendayagunakan segala potensi yang ada dalam diri kita agar mempunyai nilai tambah dimata orang lain

    4. belum tentu, karena memang tidak mudah untuk bisa menjadi entrepreneur. Diperlukan beberapa syarat agar dapat menjadi seorang pengusaha yang sukses diantaranya adalah memiliki “jiwa wirausaha” yang kuat, pantang menyerah, berani, jujur, kreatif, menyukai perubahan, tidak cepat puas, tidak cepat panik, keinginan kuat untuk terus belajar, menjalin hubungan yang luas dengan orang-orang baik, menjadi pendengar yang baik, dan tidak serakah. Tapi bukan mustahil bila seseorang bisa menjadi seorang pengusaha apalagi sampai sukses, asalkan ada kemauan untuk selalu berusaha.

    BalasHapus
  8. 1. Menurut Thomas W. Zimmerer, Kewirausahaan adalah proses penerapan kretifitas dan inovasi. Jelaskan apa kreatifitas dan inovasi tersebut !
    Jawab :
    Kreativitas adalah mengembangkan kemampuan untuk mendapat ide-ide baru dan cara-cara baru dalam pemecahan masalah dan menemukan peluang.
    Inovasi adalah kemampuan untuk menerapkan kreativitas dalam rangka pemecahan masalah dan menemukan peluang
    Jadi menurut saya kewirausahaan adalah proses penerapan untuk mengembangkan kemampuan dan menghasilkan ide-ide dan cara-cara baru yang baru yang bersifat terobosan baru atau berbeda dari yang lain inovasi adalah usaha untuk melakukan ide-ide dan cara-cara baru tersebut untuk mendapatkan suatu bernilai tinggi
    2. Jelaskan yang dimaksud “ Keluar dari zona kenyamanan” menurut Peggy dan Charles !
    Jawab :
    Yang dimaksud “keluar dari zona kenyamanan”adalah Penghalang utama bagi pengambilan keputusan untuk menjadi seorang entrepreneur ialah: Ketakutan dan Mitos tentang usaha (entrepreneur).
    Kelemahan utama orang untuk memulai usaha adalah takut untuk keluar dari rasa aman dan nyaman, atau dari zona kenyamanan, karena mereka tidak mempunyai kekuatan untuk bertahan dalam zona ketidaknyamanan tersebut atau. Ada beberapa macam ketakutan yang sering menjadi penghalang utama:
    1. Takut akan “gagal” dala bisnis
    2. Takut menjadi miskin/rugi
    3. Takut untuk keluar dari zona kenyamanan
    4. Takut lelah
    5. Takut stres
    6. Takut malu
    7. Takut untuk terlihat bodoh dan ditertawakan
    3. Menurut Edison, Ada 3 pokok utama yang harus dimiliki seorang wirausahawan sebutkan dan jelaskan
    Jawab :
    1. Kenal diri. Adalah suatu kemampuan untuk mengelola/ mengenali sesuatu yang ada pada diri kita untuk dimanfaatkan dan ditingkatkan agar lebih optimal,sehingga kita dapat mengukur kemampuan minat dan bakat kita dengan kemampuan kita.
    2. Percaya diri.adalah suatu sikap yang tidak mudah jatuh dengan kelemahan justru dengan kelemahan itu dijadikan suatu kelebihan sehingga dapat menimbulkan rasa percaya diri setiap orang memiliki bakat, keahlian, dan kesuksesan di bidangnya masing-masing. Untuk itu,tidak sepantasnya bagi diri kita hanya menjadi orang biasa, gagal, dan miskin. kita harus membangkit¬kan potensi. Dengan segenap potensi dan keunggulan yang kita miliki, sejatinya apapun yang kita lakukan dapat meningkatkan prestasi yang luar biasa.
    3. Mempromosikan diri adalah m empromosi kemampuan dan prestasi bukanlah tindakan bersombong. Mempromosi atau memasarkan diri, justru hal penting yang harus dilakukan seorang profesional. Pasalnya, mempromosi diri dan karier merupakan strategi meraih sukses. Dengan memasarkan kemampuan kita, bentangan dan peluang karier pun terbentang luas

    BalasHapus
  9. 4. Menurut anda apakah setiap pengusaha adalah wirausahawan /enterpreuner? Jika ya berikan alasannya jika tidak berikan alasannya!
    Jawab :
    Tidak
    Perbedaan Wirausaha dengan Pengusaha
    Selama ini masih sering terdengar bahwa pengusaha dan wirausaha memiliki pengertian yang sama, padahal berdasarkan sikap dan perilaku terhadap kegiatan usaha pengertian pengusaha berbeda dengan wirausaha. Sekarang Anda perhatikan perbedaan tersebut.
    Pengusaha adalah orang yang menjalankan kegiatan usaha baik usaha jual-beli, maupun usaha produksi yang tujuan utamanya adalah mendapatkan keuntungan dan menanggung resiko yang akan terjadi dalam kegiatan usahanya. Contohnya seperti Pengusaha Tahu dan Tempe.
    Wirausaha adalah orang yang mampu mencari dan memanfaatkan peluang usaha serta mendapat sumber dana dan sumber daya yang diperlukan untuk kegiatan usaha, dan berani menanggung resiko yang akan terjadi dalam kegiatan usahanya. Contoh: Manajer Perusahaan Sepatu.
    Jadi dari dua pengertian tersebut di atas, jelas bahwa kewirausahaan mempunyai pengertian yang lebih luas dibanding dengan pengertian pengusaha. Dengan kata lain seorang pengusaha belum tentu merupakan kewirausahawan, sedangkan seorang wirausahawan sudah pasti merupakan pengusaha.
    Di dalam pengelolaan perusahaan, kemampuan wirausahawan sangat menentukan, sehingga keberhasilan atau maju-mundurnya kegiatan usaha sangat bergantung pada kecakapan wirausahawan. Wirausahawan yang berhasil meningkatkan kemajuan usaha tercermin dengan semakin meningkat keuntungan perusahaan. Oleh karena itu laba perusahaan merupakan bentuk imbalan yang harus diterima oleh seorang wirausahawan.
    Keahlian (skill) yang harus dimiliki oleh seorang wirausahawan terdiri dari:
    1. Managerial skill, yaitu kemampuan dalam mengorganisasikan semua faktor produksi agar mencapai tujuan;
    2. Technical skill, yaitu keahlian yang bersifat teknis dalam pelaksanaan proses produksi sehingga berjalan dengan baik;
    3. Organizational skill, yaitu keahlian dalam memimpin berbagai usaha, tidak hanya intern perusahaan yang brsifat bisnis, tetapi juga organisasi dalam bentuk lain..

    BalasHapus
  10. 1. Kreatifitas adalah kreativitas adalah kemampuan seseorang untuk menciptakan atau menghasilkan sesuatu yang baru dan asli, yang sebelumnya belum dikenal ataupun memecahkan masalah baru yang dihadapi. Beberapa ahli berpendapat bahwa kreativitas itu tidak harus seluruhnya baru, tetapi dapat pula sebagai gabungan yang sudah ada dipadukan sesuatu yang baru. Sedangkan inovasi adalah Inovasi ialah suatu perubahan yang baru yang menuju ke arah perbaikan yang lain atau berbeda dari yang sebelumnya, yang dilakukan dengan sengaja dan bererncana (tidak secara kebetulan saja).

    2. “Keluar dari zona kenyamanan “ menurut Peggy dan charles maksudnya berani mangambil resiko untuk menciptakan sesuatu yang baru atau membuat suatu perubahan dalam hidup. Untuk berubah kearah yg lebih baik biasanya memang tidak nyaman yaitu keluar dari kebiasaan-kebiasaan lama, membentuk kebiasaan-kebiasaan baru. Berhenti bekerja dg cara- cara lama (yang biasanya sudah rutinitas) lalu terpaksa belajar lagi untukk bisa bekerja dg cara-cara baru (tentu saja ini tidak terlalu nyaman).

    3. 3 pokok utama yang harus dimiliki seorang wirausahawan menurut edison yaitu
    a. Kenal Diri
    Kita harus mengenal diri kita sendiri sebagai makhluk yang memiliki kelemahan, namun memperoleh anugerah kekuatan dari Yang Maha Kuasa untuk mengatasi kelemahan kita itu.
    b. Percaya Diri
    Kita harus percaya kepada kemampuan diri sendiri, bahwa kita memiliki potensi tersendiri yang tidak kurang kuatnya dengan apa yang dimiliki oleh orang lain. mencoba merenungkan, kalau orang lain bisa mencapai kesuksesan, mengapa kita tidak bisa. Kita harus mengetahui dengan jelas terhadap tujuan-tujuan serta kebutuhan kita, dimana kita dapat mendapatkannya, bagaimana cara-cara untuk mencapai atau memenuhinya, serta kapan/beberapa lama target waktu untuk mencapai/memenuhinya,. Hal ini akan menumbuhkan kepercayaan kepada diri sendiri, sehingga dengan demikian timbul pula kegairahan dan semangat untuk maju dan kita terdorong dan tergerak untuk berbuat.
    c. Menjual Diri
    Menjual diri sama halnya dengan menjual barang. Aspek yang harus digali: Memahami diri sendiri dan menampilkannya, menghadirkan kesan pada orang yang tepat di situasi yang tepat pula, memberi harga yang layak pada diri sendiri, dan memosisikan diri pada suatu kondisi.

    4. Apakah setiap pengusaha adalah seorang wirausahawan/enterpreneur?
    Seorang pengusaha adalah seseorang yang memiliki ide baru untuk membuat produk atau jasa dan mengambil tindakan dengan memulai bisnis mereka sendiri. Sedangkan entrepreneur didefinisikan sebagai orang yang menciptakan pekerjaan yang berguna bagi diri sendiri. Entrepreneur diartikan pula sebagai orang yang mampu mengolah sumber daya yang ada menjadi suatu produk yang mempunyai nilai atau mencari keuntungan dari peluang yang belum digarap orang lain.
    Jadi menurut saya setiap pengusaha adalah seorang wirausahawan/enterpreneur karena sama – sama berupaya untuk menciptakan sesuatu yang baru dalam bisnis yang berguna untuk diri sendiri.

    BalasHapus
  11. 1. kreatifitas dan inovasi yang dimaksudkan ialah menerapkan,melakukan,memanfaatkan serta mengembangkan kemampuan/keterampilan dari apa-apa yang dimilikinya (baik itu berasal dari diri sendiri maupun dari alam) serta untuk menciptakan suatu keadaan yang lebih baik terhadap kelangsungan serta kebutuhan hidupnya, baik itu berupa tindakan maupun pemikiran serta penerapan kedua-duanya.
    2. Keluar dari zona kenyamanan yaitu bersiap untuk melakukan perubahan dengan cara mengambil resiko dari keadaan yang selama ini menenangkan/nyaman menuju pada keadaan yang penuh tantangan untuk mengembangkan kemampuan pada diri.
    3. Berdasarkan penuturan edison,3 pokok utama yang harus dimiliki yaitu kenal diri, percaya diri dan menjual diri. kenal diri yaitu kita harus mampu mengenali karakter serta kelebihan dan kelemahan diri kita berikut dengan kemampuan diri kita. percaya diri yaitu optimis akan berhasil dalam melakukan suatu tindakan tersebut. sedangkan menjual diri memiliki arti bahwa kita siap untuk memberikan pelayanan yang terbaik terhadap konsumen.
    4. Tidak,karena jika kita harus mengacu bahwa seorang pengusaha harus memenuhi syarat-syarat entrepreneur tersebut dengan mutlak (semua syarat harus dapat terpenuhi tanpa pengecualian) dan pengusaha tersebut tidak bisa memenuhi syarat-syarat tersebut dengan mutlak (beberapa persyaratan tidk terpenuhi), maka dia tdk bisa dikatakan sebagai entrepreneur/wirausahawan.,terkecuali jika tanpa harus terpenuhi semua syarat tersebut (hanya dapat memenuhi beberapa syarat saja) masih bisa dikatakan seorang entrepreneur,maka setiap pengusaha dapat dikatakan sebagai entrepreneur/wirausahawan.

    Terima Kasih...

    BalasHapus
  12. 1. kreativitas adalah sebuah proses atau kemampuan yang mencerminkan kelancaran,keluwesan(fleksibelitas), dan orisinalitas dalam berfikir serta kemampuan untuk serta kemampuan untuk mengelaborasi (mengembangkan, memperkaya, memperinci), suatu gagasan.
    inovasi adalah kreativitas yang diterjemahkan menjadi sesuatu yang dapat diimplementasikan dan memberikan nilai tambah atas sumber daya yang kita miliki.

    2. Keluar dari zona nyaman adalah berani keluar dari aktivitas yang berada pada zona nyaman atau tidak mempunyai resiko, keluar dari zona nyaman ini bertujuan untuk lebih mengembangkan inovasi dan kreativitas seseorang dan mungkin seseorang yang keluar dari zona nyaman akan menjadi tahu kemampuan tersembunyi di dalam dirinya.

    3. Menurut Edison ada 3 pokok utama yang harus dimiliki seseorang wirausahawan, yaitu, Kenal diri, Percaya diri dan mampu menjual diri.
    - Kenal diri adalah mampu mengenal kemampuan yang ada dirinya, sehingga mampu dikembangkan inovasi dan kreativitas dalam bewirausaha
    - Percaya diri adalah percaya dengan kemampuan yang ada pada diri kita untuk membuat suatu usaha.
    - Menjual diri adalah mampu menjual kemampuan yang ada pada dirinya dan mampu bersaing untuk usahany, sehingga usaha kita mempunyai nilai tambah pada konsumen.

    4. Menurut saya iya,karena Pengertian Pengusaha, Wirausahawan dan Entrepreneur itu sama. Wirausahawan (bahasa Inggris: entrepreneur) adalah orang yang melakukan aktivitas wirausaha dicirikan dengan pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya.

    BalasHapus
  13. 1. Kreatifitas dan Inovasi
    Thomas W Zimmerer Dkk menjelaskan bahwa :
    Kreatifitas(creativity) adalah kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru dan untuk menemukan cara-cara baru dalam melihat masalah dan peluang.
    Inovasi (Innovation) adalah kemampuan untuk menerapkan solusi kreatif terhadap masalah dan peluang untuk meningkatkan atau untuk memperkaya kehidupan orang-orang.
    Jadi, dari penjelasan di atas Kreatif adalah Menciptakan sesuatu yang berbeda dari yang lain dan Menghubungkan ide-ide/hal-hal yang tadinya tidak berhubungan sedangkan Inovatif Menciptakan sesuatu yang belum ada menjadi ada atau Pembaruan/menciptakan sesuatu yang sama sekali berbeda. Kreatif tapi tidak inovatif adalah mubazir karena ide hanya sebatas pemikiran tanpa ada realisasi.



    2. Keluar Dari Zona Kenyamanan dapat berarti keluar dari kebiasaan yang sering dilakukan oleh orang lain dalam menciptakan sesuatu hal yang baru dengan cara berani untuk melakukan hal hal baru,mengatasi rasa takut bila menemui kegagalan dan berani mengambil resiko atas apa yang akan terjadi setelah melakukan inovasi baru.

    3. 3 pokok utama seorang wirausahawan menurut Edison
    a. Kenal diri ; kita harus mengetahui kemampuan untuk mengelola sesuatu yang ada pada diri kita
    b. Percaya diri ; kita harus memanfaatkan dan meningkatkan agar lebih optimal kemampuan yang ada pada diri
    kita dan beranggapan bahwa kita mampu untuk menghasilkan sesuatu.
    c. Menjual diri : kemampuan yang ada pada diri kita kita kembangkan dan kita aplikasikan agar dapat
    menghasilkan nilai ekonomis sehingga dapat meningkatkan taraf hidup kita.


    4. Tidak, karna seseorang wirausaha pasti merupakan pengusaha, tetapi seorang pengusaha belum tentu merupakan wirausaha. Sebab, pengusaha yang tidak mampu melihat peluang dan pandai memanfaatkannya untuk kemajuan usaha yang dipimpinnya berarti bukan wirausaha. Sedangkan wirausaha adalah pengusaha yang mampu melihat peluang, dan mencari sumber daya (tenaga kerja) dan dana untuk memanfaatkan peluang tersebut serta berani mengambil risiko (terhadap tantangan persaingan bisnis dan risiko ketidakpastian dalam usaha).

    Demikian Bu jawaban dari saya, terima kasih..

    BalasHapus
  14. NM. Trankko Negara, menjawab:

    1. kreatifitas adalah suatu usaha untuk mengahsilkan pemikiran yang berisi gagasan gagasan baru yang belum pernah ada sebelumnya. gagasan atau ide yang lahir bisa berupa jalan keluar dari sebuah permasalahan dan solusi-solusi baru, atau berupa penciptaan hal-hal baru dalam suatu bidang usaha.
    inovasi merupakan suatu usaha mengembangkan hal-hal yang sudah ada dan biasa, menjadi lebih mutakhir dari sebelumnya. inovasi biasanya dilakukan untuk menyempurnakan produk yang telah ada sebelumnya.
    dalam teori diatas kedua hal ini harus diterapakan untuk memperoleh keberhasilan dalam kewirausahaan.

    2.menurut peggy dan charles "keluar dari zona nyaman" ialah tindakan seseorang untuk menjadi lebih besar dan berkembang dalam usahanya dengan mencoba berbagai inovasi baru terkait dengan usaha yang ditekuninya. ketika seseorang telah mencapai suatu keberhasilan dan memiliki konsumen tetap, ia tidak boleh terhanyut dalam kenyamanan dengan apa yang ia peroleh. ia harus melakukan usaha untuk membuat konsumenya tidak merasa bosan dan mencari hal baru ditempat lain. olehkarena itu dilakukan penjagaan dengan terus berusaha, berkreasi, dan berinovasi untuk meninggalakan "zona nyaman".

    3. menurut edison ada 3 pokok utama yang harus dimiliki wirausahawan yaitu:
    a. kenal diri, ialah kecerdasan seseorang untuk mengenali siapa dirinya, apa tujuan hidupnya, mampu menganalisis kelemahan dan kekuatan dirinya (dapat berupa analisis SWOT) serta mamapu mengembangakan potensi yang ada pada dirinya.
    b. percaya diri, diartikan sebaigai sikap seorang wirausahawan yang yakin terhadap kemampuan dan potensi yang dimilkinya untuk meraih apa yang telah menjadi targetan-targetan dalam dirinya
    c. menjual diri ialah tindakan mempromosikan potensi dan keunggulan dirinya untuk membuat oranglain tertarik terhadapnya, baik itu untuk bergabung dalam usahanya atau untuk menggunakan buah dari kretifitasnya.

    4. menurut saya "iya", kerena setiap pengusaha ialah seorang enterpreuner yang melakukan usaha - usaha yang didalamnya dapat dipastikan ada kegiatan berinovasi dan menuangkan ide kreatif untuk mencapai keberhasilan dalam usaha dalam kehidupannya, terlepas dari bagaimana hasil kedepan nantinya ( berani ambil resiko, namun tidak salah berhitung tentang resiko yang terlalau tinggi)

    BalasHapus
  15. 1.- kreatifitas ialah sebuah suatu hasil daya pikir imajinasi yang di tuangkan melalui hasil yang objektip , dan menemukan peluang untuk menghasilkan sesuatu yang berbeda dari orang lain dan berusaha menghasilkan yang lebih baik dari hasil orang lain, dan kemampuan individu untuk menghasilkan sesuatu (hasil) yang baru atau asli.

    - inovasi adalah suatu proses bagaimana seseorang mencari tembusan pemikiran yang berupaya mencari cara untuk melakukan sesuatu dengan lebih baik daripada sebelumnya, dan menghasilkan suatu karya cipta yang lebih baik, dari pada yang iya hasilkan sebelumnya.

    2.keluar dari zona kenyamanan adalah suatu keinginan ingin terus maju dan tidak berada disitu saja dan tidak berani untuk melakukan perubahan dan menantang resiko untuk lebih maju dan sukses serta hanya menikmati keadaan yang ada menurutnya sudah sesuai dan nyaman walaw dia sadar bahwa dirinya tidak dapat maju, oleh karna itu kita jangan pernah puas jika sudah mendapatkan dan berada diposisi tertentu mencoba mencari hal yang baru untuk majau, contoh saja saya,,,saya adalah sosok yang tidak senang dengan keadaan yang begitu saja yang menurut orang lain nyaman, tapi saya merasa masih ada yang kurang dan mesti mencari pemikiran yang baru dan berani menantang resiko dan beranjak dari keadaan yang disebut parasit,,melangkah untuk maju dan sukses.

    3.menurut Edison ada 3 pokok utama yang harus dimiliki seorang wirausahawan adalah
    a. kenali diri
    ialah kita harus mempelajari kriteria seperti apakah diri kita sendiri,dan mempelajari bagaimana sifat baik,buruk kita, apa yang kita suka dan tidak, setelah mengetahui maka baru kita, tidak akan mengalami kesulitan ketika kita menghadapi orang lain dan kita tidak ragu untuk menghadapi sesuatu yang baru, baik yang sulit maupun tidak, ketika itu datang menghampiri kita ketika kita berwirausaha, karna tantangan seorang wirausahawan sangat banyak, baik dari dalam diri, maupun lingkungan sekitar.

    b.percaya diri
    adalah kita berani dan mampu berhadapan dengan apapun ,tetapi keberanian itu sudah dibekali oleh banyak hal yaitu, ilmu,pengetahuan tentang apa yang dilakukan,kecerdasan,penampilan yang baik,serta keadaan yang sangat baik , baik dari,lahir maupun batin, karna seorang wirausaha harus percya diri dikarnakan dia harus menjual atau memasarkan sesuatu apayang ia hasilkan, jika ia tidak percaya diri maka apa yang ia hasilkan akan sulit untuk diterima maupun dibeli oleh konsumen.

    c.menjual diri
    adalah bagai mana kita belajar menjadi seseorang marketing yang mencari customer untuk ia mempromosikan apa yang ia hasilkan,baik barang maupun jasa dan, memberikan pelayanan yang terbaik untuk customer agar apa yang ia hasilkan menarik dan dapat di terima oleh customer.

    4.menurut saya iya dikarnakan seorang pengusaha,sudah memiliki banyak apa yang dimiliki oleh seorang wirausahawan/entrpreneur, ia harus cerdas,percaya diri,memiliki keberanian untuk mengambil resiko, berorientasi pada tugas dan hasil, memiliki jiwa seorang leaders, berpikir untuk maju demi masa depan yang terbaik, memiliki kreatifitas tinggi dan berinovatif mengahasilkan karya cipta yang terbaik, semua itu diperluakan agar dia tidak mengalami kerugian,dan dapat berhasil dan sukses.

    BalasHapus
  16. RIA YUNITA / 13410057P / FKM. KONVERSI

    1. Menurut Thomas W. Zimmerer, kewirausahaan adalah proses penerapan kreatifitas dan inovasi. Jelaskan apa kreatifitas dan inovasi tersebut.

    Kreatif adalah menciptakan sesuatu yang berbeda dari yang lain dan menghubungkan ide-ide/hal-hal yang sebelumnya tidak berhubungan dan menjadi sebuah nilai sedangkan Inovasi adalah menciptakan sesuatu yang belum ada menjadi ada atau pembaruan/menciptakan sesuatu yang sama sekali berbeda.
    Kreatif tapi tidak berinovasi adalah sia-sia karena ide hanya sebatas pemikiran tanpa ada realisasi.

    2. Jelaskan yang dimaksud “keluar dari zona kenyamanan” menurut Peggy dan Charles!

    Keluar dari zona kenyamanan adalah keluar dari kondisi dimana seseorang bekerja dalam sebuah kondisi tanpa kecemasan, dengan hanya memiliki keterbatasan yang dipunyai untuk mencapai sebuah level kinerja yang menetap dan umumnya tanpa disertai adanya resiko, dan bermaksud dalam pengubahan kinerja kedepannya untuk lebih baik lagi dan memiliki peluang yang lebih besar, dan memiliki resiko yang dipakai sebagai acuan dalam mencapai tujuan kedepan.

    3. Menurut Edison ada 3 pokok utama yang harus dimiliki seorang wirausahawan. Sebutkan dan Jelaskan!

    a. Kenal diri
    Yang dimaksud kenal diri disini adalah memahami/mengenali sesuatu yang ada dalam diri kita, usaha apa yang bisa kita digali, siapa yang menjadi sasarannya, bagaimana cara mengembangkannya, dimana usaha tersebut memiliki peluang yang besar, dan kapan waktu yang tepat dalam mngembangkan usaha tersebut.

    b. Percaya diri
    Memiliki kepercayaan diri yang kuat dalam diri kita, atas apa yang kita miliki, kalau kita sudah yakin dan percaya atas kemampuan/usaha diri kita sendiri, maka dengan sendirinya orang lain akan yakin atas kemampuan kita.

    c. Menjual diri
    Dalam hal ini, menjual diri yang dimaksud adalah menampilkan kemampuan yang ada pada diri kita, setelah kita meyakini diri kita, serta mempercayai kemampuan yang ada pada diri kita ke masyarakat, agar tujuan yang kita harapkan bisa tercapai serta bermanfaat bagi masyarakat.

    4. Menurut anda apakah setiap pengusaha adalah wirausahawan/entrepreneur? Jika Ya, berikan alasannya, Atau jika Tidak, berikan alasannya!

    Wirausaha itu adalah dimana kita melakukan sebuah usaha, memanfaatkan peluang yang ada, berpenghasilan serta melibatkan diri kita pribadi baik secara pisik maupun mental, misalnya berjualan, dan kita pribadi terlibat dalam proses penjualan produk tersebut, serta mendapat sumber dana dan sumber daya yang diperlukan untuk kegiatan usaha, dan berani menanggung resiko yang akan terjadi dalam kegiatan usahanya. Sedangkan Pengusaha, kita tidak terlibat lagi dalam proses penjualan produk tersebut, namun kita tetap mendapat penghasilan, serta kurang mampu memanfaatkan peluang yang ada hanya menjalankan kegiatan usaha baik usaha jual-beli, maupun usaha produksi yang tujuan utamanya adalah mendapatkan keuntungan dan menanggung resiko yang akan terjadi dalam kegiatan usahanya artinya kalau pengusaha sudah pasti ada karyawannya, sedangkan seorang wirausaha belum tentu.
    Dengan kata lain seorang pengusaha belum tentu merupakan wirausahawan, sedangkan seorang wirausahawan sudah pasti merupakan pengusaha.

    Terima Kasih bu atas materinya..

    BalasHapus
  17. 1. Menurut Thomas W. Zimmerer, Kewirausahaan adalah proses penerapan kretifitas dan inovasi. Jelaskan apa kreatifitas dan inovasi tersebut?
    Kreatifitas (creativity) adalah kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru dan untuk menemukan cara-cara baru dalam melihat masalah dan peluang sedangkan Inovasi (Innovation) adalah kemampuan untuk menerapkan solusi kreatif terhadap masalah dan peluang untuk meningkatkan atau untuk memperkaya kehidupan orang-orang.

    2. Jelaskan yang dimaksud “ Keluar dari zona kenyamanan” menurut Peggy dan Charles?
    Ada 4 Unsur Pokok Wirausahawan menurut Peggy A. Lambing & Charles R. Kuehl, 1999), Pertama Kemampuan Berhubungannya dengan IQ dan Skill, mulai dari Membaca Peluang, Berinovasi, Mengelola dan Menjual.
    Kedua Keberanian Berhubungannya dengan EQ dan Mental, mulai dari Mengatasi ketakutannya, Mengendalikan risiko dan Keluar dari zona kenyamanan.
    Ketiga Keteguhan Hati Berhubungannya dengan motivasi diri, mulai dari persistence (ulet) atau pantang menyerah, determinasi (teguh akan keyakinannya), dan kekuatan pikiran (power of mind) bahwa anda juga bisa.
    Dan Keempat Kreativitas yg menelurkan sebuah inspirasi sebagai cikal bakal ide untuk menemukan peluang berdasarkan intuisi (hubungannya dengan experiences).

    3. Menurut Edison, Ada 3 pokok utama yang harus dimiliki seorang wirausahawan sebutkan dan jelaskan?
    3 pokok tersebut ialah Kenal diri, Percaya diri, dan Mempromosikan diri. Dari uraian tersebut bisa diterjemahkan bahwa Entrepreneur adalah suatu kemampuan untuk mengelola sesuatu yang ada pada diri kita untuk dimanfaatkan dan ditingkatkan agar lebih optimal, sehingga dapat meningkatkan taraf hidup kita.Hal-hal yang harus dimiliki Entrepreneur : Pengetahuan (knowledge); Kemampuan (skill); Pengalaman (experiences); Jaringan (networking); Informasi (information); Sumber yang ada (sources); Uang, bakat, lingkungan, keluarga, dll; Waktu (time)Masa depan dan kesempatan (future & opportunity).

    4. Menurut anda apakah setiap pengusaha adalah wirausahawan /enterpreuner? Jika ya berikan alasannya jika tidak berikan alasannya!
    Menurut saya Tidak sama
    Alasannya karena seorang wirausahawan / enterpreuner cenderung bermain dengan resiko dan tantangan. Artinya. wirausahawan lebih bermain dengan cara memanfaatkan peluang-peluang tersebut. Sedangkan Pengusaha lebih cenderung kepada seseorang yang memanfaatkan modal yang dimilikinya untuk membuka suatu usaha tertentu.

    BalasHapus
  18. 1. Menurut saya kreativitas adalah proses mental yang melibatkan pemunculan gagasan atau konsep baru. dan inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat), Inovasi diadakan untuk mencapai tujuan tertentu atau untuk memecahkan suatu masalah tertentu.
    2. Keluar dari zona kenyamanan artinya bahwa seseorang tidak berhenti sampai disuatu titik keberhasilan. jadi seseorang ini setelah mencapai suatu kesuksesan, akan mencari inovasi / gagasan-gagasan baru untuk mendapatkan tantangan baru untuk mendapatkan kepuasan.
    3. Tiga pokok utama yang harus dimiliki wirausahawan adalah
    a. kenal diri : artinya kita mengenal kekurangan dan kelebihan kita sehingga kita mengetahui apa saja kekurangan-kekurangan yang ada pada diri kita untuk dapat kita jadikan cambuk / pelajaran untuk mencapai tujuan
    b. percaya diri : artinya percaya pada kemampuan diri sendiri tanpa tergantung pada orang lain
    c. menjual diri : artinya berani menampilkan kelebihan kita atau kemampuan supaya masyarakat percaya dan yakin akan kemampuan yang kita miliki
    4. Apakah setiap pengusaha adalah wirausahawan/entrepreneur?
    Menurut saya tidak karena seorang pengusaha belum tentu memiliki jiwa wirausahawan.bisa saja seseorang menjadi pengusaha karena keturunan bukan karena dia mempunyai jiwa kewirausahaan.

    BalasHapus
  19. 1. Kreatifitas dan Inovatif yang dimaksud merupakan suatu cara berpikir dalam menciptakan hal-hal yang baru (kreatif) dan melakukan tindakan usaha (Inovatif) untuk menciptakan, menemukan dan menerima ide-ide baru dan sesuatu yang berbeda dari yang lain yang memberikan nilai lebih atau melakukan perbaikan barang dan jasa yang ada, mengkombinasikan unsur-unsur produksi yang ada dengan cara baru dan lebih baik.

    2. Menurut saya maksud dari "Keluar dari zona kenyamanan" yaitu seorang entrepreneur harus memiliki sikap berani dalam menanggung resiko untuk menciptakan usaha baru dan peluang berusaha, berani dalam mengadakan perubahan dan mampu membuat peralihan setiap waktu serta berani dalam menerima resiko berupa keuntungan maupun kerugian.

    3. Menurut edison ada 3 pokok utama yang harus dimiliki seorang wirausahawan yaitu :
    a. Kenal diri yaitu mengetahui akan kemampuan yang dimilikinya, sehingga seorang wirausahawan dapat menutupi segala kekurangan dengan mencari solusi terbaik dalam mengembangkan usahanya.
    b. Percaya diri merupakan percaya terhadap kemampuan yang ada pada diri sendiri,atau percaya pada kemampua yang kita miliki bahwa kita bisa menjadi wirausahawan.
    c. Menjual diri, kemampuan dalam mempromosikan kemampuan yang dimilikinya atau mempromosikan produk usahanya kepada masyarakat, sehingga produk yang dihasilkan dapat diterima oleh masyarakat dengan baik.

    4. Iya
    Hal ini dikarenakan pengusaha merupakan orang yang mengusahakan suatu pekerjaan tertentu baik milik perorangan maupun suatu kelompok. atau karena wirausahawan/enterpreneur merupakan pengusaha yang melaksanakan kombinasi-kombinasi baru dalam bidang teknik dan komersial kedalam bentuk praktik.

    BalasHapus
  20. 1. Kreativitas dan Inovasi
    Kreativitas adalah sebuah Kreativitas adalah prinsip kebaruan. Dalam proses menjadi, kreativitas mutlak ada. jika tidak ada kreativitas, maka tidak ada proses. Kreativitas bukanlah entitas aktual. Kreativitas adalah daya yang niscaya ada dalam proses karena adanya etintas aktual yang baru. Oleh karena itu kreativitas dalam filsafat proses tidak memiliki karakter yang terlepas dari entitas aktual yang memberikan wujud pada daya ciptanya. Memahami kreativitas tidak terlepas dari pemahaman atas perwujudan entitas aktual. Daya kebaruan inilah yang memperlihatkan adanya beragam entitas aktual yang ada di alam semesta.
    Inovasi adalah dapat diartikan sebagai proses dan/atau hasil pengembangan pemanfaatan/mobilisasi pengetahuan, keterampilan (termasuk keterampilan teknologis) dan pengalaman untuk menciptakan atau memperbaiki produk (barang dan/atau jasa), proses, dan/atau sistem yang baru, yang memberikan nilai yang berarti atau secara signifikan (terutama ekonomi dan sosial).
    2. Menurut peggy dan charles keluar dari zona nyaman adalah Orang-2 ini sanggup merubah kekalahan jadi kemenangan, kekurangan jadi prestasi. Itulah org-2 yg yakin bahwa keunggulan, kemenangan, keberhasilan & kejayaan adalah fungsi garis lurus dari kemauan & keberanian utk berubah.Memang semua bergantung Bagaimana sikap kita menghadapi gejolak kehidupan.
    3. Menurut Edison, Ada 3 pokok utama yang harus dimiliki seorang wirausaha :
    a. Kenali diri yaitu Orang banyak yang berjalan tanpa mengetahui siapa dirinya, salah satu contoh adalah orang yang ingin memulai usaha tanpa mengenal kemampuannya. Berawal hanya dengan semangat dan atau modal yang besar dia berusaha memulai usahanya, hal semacam ini sangat rentan dengan gejolak yang mungkin dia hadapi, kematangan berpikir dan berukur diri akan menentukan sikap dia dalam menghadapi segala kendala usaha. Sebagai contoh ada seseorang yang begitu semangatnya berusaha katakan usahanya adalah bidang perkayuan dengan informasi yang dia terima tentang keuntungan dan kerugiannya dia memulai usaha tersebut tanpa menggali informasi lain yang mungkin sangat diperlukan dalam perjalanan usahanya.
    b. Percaya diri yaitu Sebuah gambaran intergitas keperibadian yang mantap, yang bernuasa sinergi antara kematangan jasmani dan rochani. Pribadi yang penuh dengan independensi (kemandirian) serta dipenuhi kentalnya tanggung jawab adalah modal utama. Percaya diri bagi seorang wirausaha adalah sebuah daya yang mampu memberikan dukungan kemantapan dalam mengambil keputusan, oleh karenanya stabilitas emosional tetap dijadikan rujukkan.
    c. Menjual diri diri yaitu metode yang membuat kita semakin berani atau dalam arti Anda tidak malu untuk menanyakan sesuatu kepada orang lain dari hal yang terkecil sampai hal yang terbesar. Bukan hanya itu saja, Anda seharusnya memilki jiwa percaya diri yang besar. Maksudnya adalah Anda memberanikan diri berbicara kepada orang lain, tidak perlu melihat orang lain dalam situasi bagaimanapun, namun melainkan Anda harus memiliki patokan sendiri dan arah sendiri untuk menentukan mau dibawa ke mana arah tujuannya.

    4. Apakah setiap pengusaha adalah wirausahawan/enterpreneur ?
    Ya. Karena Wirausahawan (bahasa Inggris: entrepreneur) adalah orang yang melakukan aktivitas wirausaha dicirikan dengan pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya.
    Orientasi wirausahawan adalah uang, uang adalah sumber daya tetapi tidak pernah menjadi tujuan akhir.
    Semua membutuhkan keberuntungan, benar bila keberuntungan berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat akan selalu menghasilkan keuntungan. Tapi keberuntungan terjadi ketika persiapan bertemu kesempatan.
    Wirausahawan adalah pengambil risiko yang ekstrem (penjudi), sebaliknya bekerja dengan risiko yang diperhitungkan. Wirausahawan bekerja paling sukses keras lewat perencanaan dan persiapan untuk meminimalkan risiko yang terlibat dalam rangka untuk lebih mengontrol nasib visi mereka.

    BalasHapus
  21. 1. Kreativitas adalah suatu proses yang menghasilkan sesuatu yang baru, apakah suatu gagasan atau suatu objek dalam suatu bentuk yang baru. (aspek baru dari produk kreatif yang dihasilkan)
    Inovasi adalah penemuan yang dapat berupa sesuatu ide, barang, kejadian, metode yang diamati sebagai sesuatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat).
    2. “ Keluar Dari Zona Nyaman” berarti keluar dari kebiasan-kebiasaan berada di zona nyaman dan sudah siap menerima konsekuensi dan resiko yang akan terjadi.
    3. Menurut Edison 3 pokok utama yang harus dimiliki oleh wirausahawan adalah Kenali Diri, Percaya Diri dan Menjual Diri
    Kenali Diri berarti mengetahui potensi yang ada di diri kita sendiri.
    Percaya Diri berarti percaya dan yakin pada kemampuan dan potensi yang ada pada diri sendiri.
    Menjual Diri berarti menjual potensi yang ada di diri sendiri.
    4. Iya karena semua membutuhkan keberuntungan, benar bila keberuntungan berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat akan selalu menghasilkan keuntungan serta Ketidakpastian pendapatan, mendirikan dan menjalankan bisnis tidak memberikan jaminan akan mendapatkan cukup uang untuk bertahan hidup.

    BalasHapus
  22. 1. Kreatifitas merupakan kemampuan seseorang dalam menciptakan kombinasi-kombinasi baru dari hal-hal yang telah ada sehingga melahirkan sesuatu yang baru. Karya kreatif tidak lahir hanya karena kebetulan, melainkan melalui serangkaian proses kreatif yang menuntut kecakapan, keterampilan, dan motivasi yang kuat.
    suatu penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya. orang atau wirausahawan yang slalu berinovasi, maka ia sapat dikatakan sebagai seorang wirausahwan yang inovatif. seseorang yang inovatif akan selalu berupaya melakukan perbaikan, menyajikan sesuatu yang baru/unik yang berbeda dengan yang sudah ada.

    2. Keluar dari zona kenyamanan, yaitu berani melakukan hal hal yang baru diluar kebiasaan atau sistem yang ada dengan konsekuensi resiko yang tinggi

    3. Menurut Edison ada 3 pokok utama yang harus dimiliki seorang wirausahawan, yaitu:
    1). Kenal diri, yaitu mengetahui potensi serta kelemahan yang ada pada dirinya
    2). Percaya diri, yaitu yakin akan kemampuan yang dimilikinya bahwa dengan kemampuan tersebut dia akan berhasil untuk melakukan suatu usaha
    3). Menjual diri, yaitu mampu mempromosikan kemampuan yang ada pada dirinya sehingga membuat seseorang tertarik akan kemampuan yang dimilikinya sehingga dapat menciptakan daya tawar atas kemampuan yang dimiliknya

    4. tidak semua pengusaha dapat dikatakan sebagai wirausahawan/enterpreuner, karena seorang enterpreuner harus memiliki sifat-sifat sebagai berikut:
    1). percaya diri
    2). orientasi pada hasil
    3). berani mengambil resiko
    4). bertindak sebagai pemimpin
    5). kreatifitas dan orisinil
    6). mau menerima kritik
    sedangkan pengusaha belum tentu memiliki sifat-sifat seperti di atas meskipun sama-sama melakukan bisnis atau usaha

    BalasHapus
  23. 1. Kreativitas adalah kemampuan seseorang untuk menciptakan atau menghasilkan sesuatu yang baru dan asli, yang sebelumnya belum dikenal ataupun memecahkan masalah baru yang dihadapi. Inovasi adalah suatu proses berpikir atau bertindak yang menghasilkan produk baru, cara baru untuk memberikan nilai tambah.
    contoh : produk teh. Teh yang awalnya hanya bisa disedu sekarang sudah tersaji dalam kemasan botol yang bisa dinikmati kapanpun, contoh lain adalah indomaret. indomaret yang awalnya hanya melayani produk kebutuhan sehari-hari "consumer goods", namun saat ini indomaret melakukan inovasi berupa membuka layanan jasa pembayaran listrik, transfer uang, penjualan tiket kereta api dll.

    2. keluar dari zona nyaman adalah suatu keadaan dimana seorang "karyawan" yang sebelumnya telah terpenuhi kebtuhan alamiahnya kemudian meninggalkan semua yang telah ia dapatkan dengan berani mengambil segala resiko untuk berkembang lebih baik lagi.

    3. Menurut Edison, Ada 3 pokok utama yang harus dimiliki : Kenal diri. Percaya diri. Menjual diri.
    a. Kenal diri adalah kemampuan untuk mengetahui potensi yang ada dalam diri kita baik itu kelemahan atau pun kelebihan yang ada dalam diri.
    b. Percaya diri adalah kepercayaan akan kemampuan sendiri yang memadai dan menyadari kemampuan yang dimiliki, serta dapat memanfaatkannya secara tepat. Percaya diri merupakan modal dasar untuk pengembangan aktualitas diri. Dengan percaya diri orang akan mampu mengenal dan memahami diri sendiri. Sementara itu, kurangnya percaya diri akan menghambat pengembangan potensi diri.
    c. menjual diri adalah kemampuan diri dalam mempromosikan sesuatu baik barang ataupun jasa dan memberikan pelayanan terbaik bagi para customer.

    4. apakah setiap pengusaha adalah wirausahawan/enterpreneur ?
    Tidak. Wirausaha itu adalah dimana kita melakukan sebuah usaha, kita berpenghasilan namun melibatkan diri kita pribadi baik secara pisik maupun mental, misalnya jual-jualan, namun kita pribadi terlibat dalam proses penjualan produk tersebut. Sedangkan Pengusaha, kita tidak terlibat lagi dalam proses penjualan produk tersebut, namun kita tetap mendapat penghasilan, artinya kalau pengusaha sudah pasti ada karyawannya, sedangkan seorang wirausaha belum tentu.


    BalasHapus
    Balasan
    1. ya jawaban anda benar... seorang pengusaha tidak bisa dikatakan sebagai wirausaha ataupun enterpreuner

      Hapus
  24. 1. kreatifitas merupakan suatu hasil dari cara berpikir seseorang, semua orang mempunyai daya kreatifitas sendiri sendiri dengan syarat kreatifitas seseorang akan muncul apabila dalam diri seseorang tersebut ada rasa ingin tahu yang tinggi, semakin tinggi rasa ingin tahu seseorang akan semakin tinggi kreatifitas seseorang, apalagi ditambah dengan ketrampilan yang ada atau diperoleh akan meningkatkan kreatifitas seseorang tersebut. semua orng berhak berkreatifitas, tinggal tergantung cara seseorang tersebut mengembangkan kreatifitasnya sendiri sendiri karena setiap manusia mempunyai talenta sendiri sendiri yang berasal dari Tuhan, kreatifitas akan menghasilkan suatu karya
    Inovasi merupakn rangkaian proses pembaharuan atau penciptaan sesuatu yang beum ada atau penyempurnaan sesuatu yang sudah ada yang bertujuan ke arah perbaikan yang dihasilkan dari proses yang terencana dan bukan suatu hal yang tanpa disengaja, inovasi merupakan sesuatau yang dihasilka dari kreatifitas seseorang atau kelompok, semaki tinggi daya kreatifitas seseorang akan semakin berpeluang besar untuk menghasilkan suatu inovasi

    2. keluar dari zona nyaman berarti suatu langkah seseorang keluar dari suatu kondisi yang nyaman atau kondisi tanpa kecemasan, kondisi yang bebas resiko. hal ini diambil karena di zona nyaman seseorang tidak ada ruang untuk berpetualang, tidak ada tempat mengembangkan ide yang liar sehingga timbul kebosanan, karena di dalam zona nyaman seseorang tidak bisa mengactualisasikan dirinya secara maksimal. keluar dari zona nyaman bertujuan untuk mendapatkan sesuatu yang tidak didapat atau tidak ada dalam zona nyaman yang tujuan akhirnya adalah terbentuk suatu pribadi yang tangguh, yeng penuh tantangan dan berani mengambil resiko untuk masa depan yang lebih baik. jadi dengan keluar dari zona nyaman berarti seseorang tersebut telah berani mnagmbil resiko dan memperhitungkan dengan cermat apa yang akan terjadi bila keluar dari zona nyaman, sesuatu yang bauk atau malah sesuatu yang kurang baik, tapi dengan ketekunan, kerja keras, kreatif dan berinovatif, seseorang yang keluar dari zona nyaman akan lebih sukses dibanding kalo dia tidak keluar dari zona nyaman

    3.tiga pokok utama yang harus dimiliki seorang wirausahawan yaitu :
    a. kenal diri, artinya kita mengetahui mengenali dengan baik siapakita sebenarnya, sifat baik kita, sifat buruk kita kelebihan kita, kekurangan kita, sehingga dari apa yang kita punya akan menentukan langkah selanjutnya dalam berwira usaha, diharapkan setelah kita mngetahui siapa kita sebenarnya, langkah yang akan kita ambil pun tepat sesuai dengan diri dan kemampuan kita
    b. percaya diri, merupakan modal berharga untuk berwira usaha, sebesar papun modal kita, sehebat apapun inovasi yang akan kita jalankan, tapikalo tidak ada rasa percaya diri dalam kita semuanya akan sia sia, percaya diri akan memberikan efek yang positif pada usaha kita, pada apa yang akan kita temui, masalah yang ada akan bisa dikendalikan dengan rasa percaya diri
    c. menjual diri merupakan kunci keberhasilan seorang wirausahawan, semua aspek berwira usaha pada intinya adalah menjual sesuatu kepada orang lain, produk ataupun jasa yang akan kita tawarkan akan sia sia apabila kita tidak bisa menjual kelebihan dari jasa atau produk kita yang akan kita jual, kita harus yakin dan percaya diri bahwa kita bisa menjual diri kita baik, yakikan pada orang lain yang ada dalam diri kita,produk, jasa atau sesuatu yang menyangkut dalam diri kita baik dan diterima oleh orang lain yang akan bertujuan pada kepercayaan orang lain pada diri kita, pada jasa kita atau pada produk kita.

    BalasHapus
  25. 4.apakah setiap pengusaha adalah wirausahawan/enterpreneur ??
    belum tentu, kita lihat dulu apakah seseorang menjadi pengusaha merupakan suatu hasil kerja keras, kreatifitas, inovasinya tau hanya karena warisan dari keluarga?? seorang pengusaha yang merupakan warisan atau melanjutkan tongkat estafet dari keluarga terdahulunya biasanya dia tidak memiliki kreatifitas yang sehebat pendahulunya, sehingga seorang tersebut mungkin tidak memiliki 3 unsur tadi (kenal diri, percaya diri dan jual diri). Beda dengan seorang pengusaha yang dimulai dari nol, dengan kreatifitas fan daya inovasi, didukung dengan 3 hal diatas akan menjadi seorang entrepeneur yang hebat dimasa mendatang

    BalasHapus
  26. 1. kreativititas yakni proses peningkatan diri seseorang dalm mengembngkn ide yang sudah ada agar lebih menarik dan untuk lebih menemukan peluang dalam kewiraushaan ,, sedangkan inovasi yakni, mencoba hal hal yang lebih baru untuk meningkaatkn peluang dalam dunia kewirausahaan

    2.keluar dari zona kenyamanan,? yakni berani dalam mengambil keputusan ,dan resiko yang lebih tinggi dri biasanya , untuk mendptkn taraf hidup yang lebih baik dari sebelumnya

    3. Menurut Edison 3 pokok utama yang harus dimiliki oleh wirausahawan adalah Kenal Diri, Percaya diri dan Menjual diri, kenal diri yakni , memahami akan kemampuan yang kita miliki , untuk melihat peluang berwirasuhaan , percaya diri , yakin akan kemampuan diri sendiri,menjual diri ,menjual diri; berani dalam mempromosikan diri untuk memperlihatkan potensi yang ada dalam diri kita

    4, tidak semua,untuk bisa menjadi entrepreneur, memiliki syarat yng harus dijalani antral lain , disiplin dalam kegiatany , memiliki pemikiran ke depan utuk kemajuannya, memiliki jiwa yang jujur, bisa menjalin kerja sama yang baik , membangunn motivasi untuk terus maju dan tidak cepat puas akan prestasi yang di dapat sehingga mampu meningkatkan kembali prestasinya untuk selalu sukses .

    BalasHapus
  27. 1. Menurut saya :
    • kreativitas merupakan proses berfikir seseorang atau kelompok yang fleksibel dan unik serta kemampuan seseorang atau kelompok untuk mengkolaborasi (mengembangkan, memperkaya, memperinci), suatu gagasan dalam kewirausahaan.
    • Inovasi adalah hasil penemuan baru seseorang atau kelompok dalam proses pengenalan barang baru atau perbaikan barang yang sudah ada serta pengenalan metode produksi baru.Bahkan dalam hal penciptaan suatu bentuk organisasi industri baru.

    2. Seseorang yang memiliki keyakinan kuat menggunakan kreativitasnya untuk menemukan peluang jangka panjang dalam me-manage sumber daya yang akan melahirkan sebuah inspirasi atau cikal bakal ide berdasarkan intuisi (hubungannya dengan experiences) dengan mengantisipasi risiko kedepannya serta dapat mengambil tindakan yang tepat, guna memastikan kesuksesan peluang tersebut secara berkelanjutan.

    3. Menurut Edison, pada umumnya wirausahawan itu harus memiliki kemampuan untuk mengelola sesuatu yang ada pada dirinya untuk dimanfaatkan dan ditingkatkan agar lebih optimal, sehingga dapat meningkatkan taraf hidupnya.baik itu dalam hal pengetahuan (knowledge), kemampuan (skill), pengalaman (experiences), jaringan (networking), informasi (information), sumber yang ada (sources), uang, serta kesempatan (future & opportunity) untuk menciptakan suatu peluang usaha baru.

    4. Pengusaha belum tentu dapat disebut wirausahawan, karena pada asalnya pengertian pengusaha itu dibedakan dengan wirausaha (entrepreneur) dan manajer. Dimana wirausaha adalah pengusaha yang mampu melihat peluang, dan mencari sumber daya (tenaga kerja) dan dana untuk memanfaatkan peluang tersebut serta berani mengambil risiko (terhadap tantangan persaingan bisnis dan risiko ketidakpastian dalam usaha). Dari batasan tersebut berarti seseorang wirausaha pasti merupakan pengusaha, tetapi seorang pengusaha belum tentu merupakan wirausahawan. Sebab, banyak pengusaha yang tidak mampu melihat peluang dan pandai memanfaatkannya untuk kemajuan usaha yang dipimpinnya , hal ini membuktikan seorang pengusaha bukan seorang wirausahawan. Begitu pula dengan pengertian manajer tidak termasuk kategori pengusaha, sebab ia merupakan unsur sumber daya manusia yang bekerja dengan mendapatkan imbalan upah kerja.

    BalasHapus

  28. 1. - Kreatifitas :menciptakan sesuatu yang asalnya tidak ada .
    Artinya mengerjakan sesuatu yang baru atau kemampuan seseorang untuk menciptakan atau menghasilkan sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain.
    - Inovasi :sesuatu yang berbeda artinya kemampuan untuk menerapkan kreatifitas dalam rangka memecahkan persoalan-persoalan dan peluang untuk meningkatkan dan memperkaya kehidupan.
    2. Keluar dari zona kenyamanan :keberanian seseorang wirausahawan untuk mengatasi ketakutan dan mengendalikan resiko yang akan dihadapi oleh wirausahawan.artinya mereka tidak takut mengambil resiko tetapi mereka akan menghindari resiko tinggi apabila dimungkinkan,dan mereka dapat mengatasi ketakutan karena memiliki rasa percaya diri yang tinggi.
    3. Tiga pokok utama yang harus dimiliki oleh seseorang wirausahawan:
    a. Kenal diri:kemampuan seorang wirausahawan untuk mengenali sesuatu yang ada pada dirinya,kemampuan yang dimilikinya untuk menghasilkan sesuatu yang baru dan beda.`
    b. percaya diri: seorang wirausahawan memiliki percaya diri yang tinggi dalam
    menghasilkan suatu prestasi,pengambilan resiko,pemecahan masalah,dan mempunyai dedukasi yang tinggi.
    c.menjual diri:kemampuan seorang wirausahawan untuk mempromosikan kemampuan yang dimilikinya atau produk yang dihasilkannya.
    4. Ya.karena pengusaha harus memiliki kemampuan ,keberanian ,keteguhan hati,dan kreativitas dan akan menghadapi hambatan,kesulitan,dan imbalan atau hasil bagi kehidupan yang memukau.

    BalasHapus
  29. 1.- kreativitas merupakan suatu kemampuan atau potensi yang dihasilkan seseorang untuk menghasilkan ide baru atau konsep baru yang bersifat menarik, dan bisa dimengerti untuk bisa membaca peluang, dan permasalahan dalam dunia wirausahawan. sedangkan inovasi merupakan suatu tindakan baru yang belum ada sebelumnya , dalam bentuk penyajian yang baru dan unik dari yang sudah ada.

    2. keluar dari zona kenyamanan merupakan bertindak dari yang biasanya, dengan begitu akan mendapatkan peluang yang lebih dalam dunia kewirausahawan dengan cara yang lebih dari biasanya dengan berani mengambil keputusan dan resiko yang lebih tinggi.

    3. Tiga pokok utama yang harus dimiliki oleh seseorang wirausahawan:
    a. kenal diri
    kenal diri yakni mengetahui kemampuan serta potensi yang dimiliki, yang nanti nya untuk mawas diri agar tau harus sejauh mana untuk melangkah dalam dunia kewirausahawan.
    b. percaya diri
    percaya diri yakin atas kemampuan serta potensi mereka sendiri serta memiliki pengharapan yang realistis.sehingga dengan begitu apabila tidak terwujud maka akan selalu berfikiran positif.
    c. menjual diri : sebagai seorang wirausahawan harus bisa menjual diri yakni dalam arti bisa mempromosikan kemampuan diri sendri baik dalam hal jasa maupun barang atau produk.

    4.tidak
    kerena menurut saya wirausahawan mempunyi jiwa mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi, bisa dalam bentuk kreativitas, inovatif, ide, dan peluang yang ada, dengan begitu seorang wirausahawan bisa selalu terus berkembang, namun pengusaha belum tentu mempunyai jiwa tersebut karena pengusaha terkadang hanya mengandalkan modal yang ada tanpa mengembangkan kreativitas dan inovatif baru. sehingga mereka cenderung pasif.

    BalasHapus
  30. 1.- kreativitas merupakan suatu kemampuan atau potensi yang dihasilkan seseorang untuk menghasilkan ide baru atau konsep baru yang bersifat menarik, dan bisa dimengerti untuk bisa membaca peluang, dan permasalahan dalam dunia wirausahawan. sedangkan inovasi merupakan suatu tindakan baru yang belum ada sebelumnya , dalam bentuk penyajian yang baru dan unik dari yang sudah ada.

    2. keluar dari zona kenyamanan merupakan bertindak dari yang biasanya, dengan begitu akan mendapatkan peluang yang lebih dalam dunia kewirausahawan dengan cara yang lebih dari biasanya dengan berani mengambil keputusan dan resiko yang lebih tinggi.

    3. Tiga pokok utama yang harus dimiliki oleh seseorang wirausahawan:
    a. kenal diri
    kenal diri yakni mengetahui kemampuan serta potensi yang dimiliki, yang nanti nya untuk mawas diri agar tau harus sejauh mana untuk melangkah dalam dunia kewirausahawan.
    b. percaya diri
    percaya diri yakin atas kemampuan serta potensi mereka sendiri serta memiliki pengharapan yang realistis.sehingga dengan begitu apabila tidak terwujud maka akan selalu berfikiran positif.
    c. menjual diri : sebagai seorang wirausahawan harus bisa menjual diri yakni dalam arti bisa mempromosikan kemampuan diri sendri baik dalam hal jasa maupun barang atau produk.

    4.tidak
    kerena menurut saya wirausahawan mempunyi jiwa mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi, bisa dalam bentuk kreativitas, inovatif, ide, dan peluang yang ada, dengan begitu seorang wirausahawan bisa selalu terus berkembang, namun pengusaha belum tentu mempunyai jiwa tersebut karena pengusaha terkadang hanya mengandalkan modal yang ada tanpa mengembangkan kreativitas dan inovatif baru. sehingga mereka cenderung pasif.

    BalasHapus
  31. 1. kreatifitas adalah kemempuan untuk mengembangkan ide ide baru dan untuk menemukan cara cara baru utuk melihat masalah dan kesempatan
    inovasi adalah melakukan hal hal baru yang berbeda ydari yang sudah ada sebelumnnya

    2. keluar dari zona kenyamanan artinya berani mengambil resiko untuk hal hal yang baru dan yakin akan hasil dari yang diperoleh dengan mengambil resiko tsb.

    3. Ada 3 pokok utama yang harus dimiliki wirausahawan :
    Kenal diri
    Mengentahui kelebihan dan kelemahan kita dalam berwirausaha agar kita mampu memaksimalkan kelebihan sehingga meminimalisir dampak kelemahan tersebut
    Percaya diri;
    Memiliki keyakinan yang kuat pada dirinya bahwa yang dia lakukan akan mengasilkan sesuatu yang lebih baik
    Menjual diri.
    Mampu mengekspose atau menguraikan kelebihan dan karakter kita sehingga orang lain tertarik dan percaya akan kemampuan kita.

    4. Menurut saya seorang pengusaha adalah seorang wirausahawan karena karakter atau jiwa seorang wirausahwan menjadi modal bagi pengusaha untuk memberikan sesuatu yang lebih baik dalam usaha yang dia ingin capai misalnya seorang pengusaha harus mengenal dirinya terlebih dahulu untuk menentukan usaha yang dia akan lakukan, pengusaha harus berani mengambil resiko agar dapat mengembangkan usahanya dll.

    BalasHapus
  32. 1. Kreativitas adalah suatu proses yang menghasilkan sesuatu yang baru, apakah suatu gagasan atau suatu objek dalam suatu bentuk atau susunan yang baru
    Dan inovasi adalah : merupakan proses berupaya mencari cara untuk melakukan sesuatu dengan lebih baik daripada sebelumnya dan kreaifitas dan inovasi tentu nya tidak terlepas dari IDEA.

    2. ‘’keluar dari zona kenyamanan’’
    Suatu tindakan yang harus di sertai dengan keberanian dan mental yang baja ,
    Karena setiap perubahan pasti menuntut kita keluar dari zona kenyamanan). Itulah sebabnya tidak banyak orang yg benar-2 menyukai perubahan, sebab utk berubah kearah yg lebih baik biasanya memang tidak gratis & memang tidak nyaman. Ada "harga" yg harus kita bayar.! Entah itu pengendalian sikap kita, pengorbanan waktu kita, fokus pikiran kita, bahkan terkadang bisa jadi terimbas juga pada keluarga kita.

    3. Tiga hal pokok utama yang harus di miliki wirausahawan :

    1.kenal diri , adalah usaha mensukuri anugerah dan nikmat yang telah diberikan ilahi
    2. Percaya Diri adalah kondisi mental atau psikologis diri seseorang yang memberi keyakinan kuat pada dirinya untuk berbuat atau melakukan sesuatu tindakan. Orang yang tidak percaya diri memiliki konsep diri negatif, kurang percaya pada kemampuannya, karena itu sering menutup diri.
    3 . Mempromosikan diri adalah ; mempromosi diri dan karier merupakan strategi meraih sukses. Dengan memasarkan kemampuan kita, bentangan dan peluang karier pun terbentang luas.


    4. Menurut saya ,iya, karena kewirausahaan adalah : Wirausaha adalah seseorang yang bebas dan memiliki kemampuan untuk hidup mandiri dalam menjalankan kegiatan usahanya atau bisnisnya atau hidupnya. Ia bebas merancang, menentukan mengelola, mengendalikan semua usahanya. Sedangkan kewirausahaan adalah suatu sikap, jiwa dan kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain.

    BalasHapus
  33. 1. Kreativitas merupakan kemampuan yang dimiliki oleh individu/ seseorang untuk memahami keadaan/dunia, dalam menginterprestasikan pengalaman dan memecahkan masalah dengan cara yang baru dan asli (membuat/ menciptakan suatu hal yang baru yang bermanfaat )
    sedangkan Inovasi (innovation) ialah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat), baik itu berupa hasil invensi maupun diskoveri. Inovasi diadakan untuk mencapai tujuan tertentu atau untuk memecahkan suatu masalah tertentu.

    2.keluar dari zona kenyamanan adalah keluar dari kebiasaan yang menyenangkan yang sering kita lakukan, sebagai contoh kita biasanya pulang kantor atau pulang beraktivitas lainnya bisa nonton tv, baca koran dll. Untuk bisa berhasil kita harus bisa meninggalkan itu semua, dan di ganti dengan aktivitas yang mengarah kepada keberhasilan, bagi yang bekerja membuat suatu program pekerjaan misalnya dan bagi yang wirausaha melakukan terobosan-terobosan baru.

    3.a.Kenal diri : salah satu ciri khas manusia, sebagai makhluk istimewa, terutama karena memiliki akal budi dan kehendak bebas.
    b.Percaya diri :suatu sikap yang memungkinkan kita untuk memiliki persepsi positif dan realistis dari diri kita dan kemampuan kita.
    c.Menjual diri : menyerahkan diri kita untuk mengabdi kepada sebuah pekerjaan atau tugas yang diemban, sama seperti saya, lari kesana kemari mencari informasi, dan ketika menemukannya, datang menawarkan diri kepada perusahaan/suatu pekerjaan untuk dapat diterima sebagai tenaga kerja.

    4. menurut saya iya, karena seorang pengusaha memiliki usaha yang dibuatnya sendiri dengan tanggung jawab yang di emban oleh dirinya sendiri.

    BalasHapus
  34. 1. Kreatifitas dan Inovasi menurut Thomas W. Zimmerer adalah
    Kreatifitas (creativity) merupakan kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru dan untuk menemukan cara-cara baru dalam melihat masalah dan peluang. Sedangkan Inovasi (Innovation) merupakan kemampuan untuk menerapkan solusi kreatif terhadap masalah dan peluang untuk meningkatkan atau untuk memperkaya kehidupan orang-orang.

    2. Keluar dari zona kenyamanan menurut Peggy & Charles maksudnya adalah
    zona yg aman-aman saja tanpa adanya tantangan. Seorang enterpreneur harus berani, memiliki mentalitas dan keberanian dalam menghadapi berbagai kemungkinan permasalahan sulit yang bisa saja ditemui kapan saja.

    3. Menurut Edison, entrepreneur mempunyai tiga pokok utama yang harus dimiliki yakni

    a. Kenal diri, maksudnya adalah kemampuan dalam mengetahui segala potensi apa saja yang dimiliki sebagai modal berwira usaha atau dengan kata lain mengenali sesuatu yang ada pada diri kita untuk dimanfaatkan dan ditingkatkan agar lebih optimal, sehingga dapat meningkatkan taraf hidup kita.
    b. Percaya diri, maksudnya adalah suatu keyakinan terhadap usaha yang dijalani pasti akan berhasil/sukses.
    c. Mampu menjual diri, maksudnya adalah suatu kemampuan dalam mempromosikan dengan baik potensi yang dimiliki sehingga orang lain akan tertarik dan membeli potensi/produk kita.


    4. YA. Dalam berbagai sumber dikatakan seorang pengusaha adalah wirausahawan/enterpreneur

    Pengusaha adalah kata/sebutan lain bagi wirausahawan/enterpreneur dan diartikan sebagai orang yang mampu mengolah sumber daya yang ada menjadi suatu produk yang mempunyai nilai atau mencari keuntungan dari peluang.

    akan tetapi,
    ada juga pendapat yang menyatakan bahwa pengusaha dan enterpreneur itu serupa tapi tak sama seperti yang ditulis di http://adithwidyapradipta.wordpress.com/2013/07/09/bagi-saya-entrepreneur-dan-pengusaha-adalah-serupa-tetapi-tak-sama/.

    BalasHapus
  35. 1.Dalam bukunya Thomas W Zimmerer Dkk menjelaskan bahwa Kreatifitas(creativity) adalah kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru dan untuk menemukan cara-cara baru dalam melihat masalah dan peluang sedangkanInovasi (Innovation) adalah kemampuan untuk menerapkan solusi kreatif terhadap masalah dan peluang untuk meningkatkan atau untuk memperkaya kehidupan orang-orang. Ted Levitt dari Hardvard mengemukakan bahwa kreatifitas adalah memikirkan hal-hal baru dan inovasi adalah mengerjakan hal-hal baru.

    Menurut Suryana dalam bukunya yang berjudul kewirausahaan menjelaskan bahwa inovasi adalah kreatifitas yang diterjemahkan menjadi sesuatu yang dapat diimplementasikan dan memberikan nilai tambah atas sumberdaya yang kita miliki. Jadi, untuk senantiasa dapat berinovasi, kita memerlukan kecerdasan kreatif. Caranya adalah dengan berlatih untuk senantiasa menurunkan gelombang otak sedemikian sehingga kita dapat menggali sumber kreatifitas dan intuisi bisnis.

    2. keluar dari zona kenyamanan '' yang artinya sebuah usaha yang berani dan penuh resiko atau sulit.

    3. A. Percaya diri (self confidence)
    penjelasan : meyakinkan pada kemampuan dan penilaian (judgement) diri sendiri dalam melakukan kegiatan dan memilih pendekatan yang efektif.

    B. memiliki Kempemimpinan
    penjelasan : suatu cara untuk mempengaruhi dan memotivasi orang lain, bawahan atau kelompok untuk saling bekerja sama dalam upaya mencapai suatu tujuan bersama tanpa adanya unsur paksaan.

    C. Kreativitas dan Inovasi
    kreatif penjelasan :memiliki kemampuan untuk menciptakan atau menghasilkan sesuatu yg baru
    inovasi penjelasan : suatu ide, gagasan, praktek atau objek/benda yang disadari dan diterima sebagai suatu hal yang baru oleh seseorang atau kelompok untuk diadopsi.

    4.YA tapi TIDAK semua pengusaha itu entrepreneur, atau lebih spesifik lagi tidak semua pengusaha sukses itu entrepreneur, masih perlu diuji prosesnya menuju apa yang disebut sukses itu, sebab entrepreneur adalah karakter, bukan profesi, bukan pula jabatan; dan leadership hanyalah salah satu bagian di dalamnya. Entrepreneurship seseorang tidak bisa anda ukur menggunakan capaian kuantitatif semata sebagaimana anda umumnya mengukur sukses bisnis melalui buku neracanya. Entrepreneurship dinilai dari cara mengendalikan, mengelola, dan mengantisipasi peluang maupun resikonya, serta caranya merespon setiap kegagalan

    BalasHapus
  36. 1. inovasi adalah penemuan yang baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelum nya. Sedangkan kreativitas adalah kemampuan seseorang untuk menciptakan segala sesuatu yang diperoleh dari hasil berpikir. Hasil dari kreativitas ialah sebuah karya. Karya bisa berbentuk benda, bisa tulisan, lukisan, patung, dan lain sebagainya yang melibatkan unsur keterampilan.

    2. Keluar Dari Zona Kenyamanan dapat berarti keluar dari kebiasaan yang sering dilakukan oleh orang lain dalam menciptakan sesuatu hal yang baru dengan cara berani untuk melakukan hal hal baru,mengatasi rasa takut bila menemui kegagalan dan berani mengambil resiko atas apa yang akan terjadi setelah melakukan inovasi baru.

    3. Ada 3 pokok utama yang harus dimiliki wirausahawan :
    Kenal diri
    Mengentahui kelebihan dan kelemahan kita dalam berwirausaha agar kita mampu memaksimalkan kelebihan sehingga meminimalisir dampak kelemahan tersebut
    Percaya diri;
    Memiliki keyakinan yang kuat pada dirinya bahwa yang dia lakukan akan mengasilkan sesuatu yang lebih baik
    Menjual diri.
    Mampu mengekspose atau menguraikan kelebihan dan karakter kita sehingga orang lain tertarik dan percaya akan kemampuan kita.

    4.tidak
    kerena menurut saya wirausahawan mempunyi jiwa mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi, bisa dalam bentuk kreativitas, inovatif, ide, dan peluang yang ada, dengan begitu seorang wirausahawan bisa selalu terus berkembang, namun pengusaha belum tentu mempunyai jiwa tersebut karena pengusaha terkadang hanya mengandalkan modal yang ada tanpa mengembangkan kreativitas dan inovatif baru. sehingga mereka cenderung pasif.

    BalasHapus
  37. 1. Kreatifitas(creativity) adalah kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru dan untuk menemukan cara-cara baru dalam melihat masalah dan peluang.
    Inovasi (Innovation) adalah kemampuan untuk menerapkan solusi kreatif terhadap masalah dan peluang untuk meningkatkan atau untuk memperkaya kehidupan orang-orang.
    Jadi, dari penjelasan di atas Kreatif adalah Menciptakan sesuatu yang berbeda dari yang lain dan Menghubungkan ide-ide/hal-hal yang tadinya tidak berhubungan sedangkan Inovatif Menciptakan sesuatu yang belum ada menjadi ada atau Pembaruan/menciptakan sesuatu yang sama sekali berbeda. Kreatif tapi tidak inovatif adalah mubazir karena ide hanya sebatas pemikiran tanpa ada realisasi.

    2. keluar dr zona kenyamanan menurur peggy dan charles adalah....
    jawab mampu mengolah sumber daya yang ada menjadi suatu produk yang mempunyai nilai atau mencari keuntungan dari peluang yang belum digarap orang lain misal : dengan kecakapan mengubah kotoran dan rongsokan menjadi emas. dan orang dengan kecakapan mengubah kotoran dan rongsokan jadi emas tidak harus berada di dunia bisnis saja.

    3. Kenal diri, percaya diri, dan jual diri
    Kenal diri yaitu mengenali diri mengetahui kekurangan dan kelebihan yang ada pada diri, mengenali kemampuan yang dimilki oleh diri sehingga diri mampu mengetahui apa yang harus diperbaiki dan apa yang dapat dikembangkan dalam diri. Percaya diri yaitu sadar atau yakin terhadap kemampuan yang dimilki diri sendiri. Jual diri yaitu menampilkan kemampuan yang ada pada diri pada masyarakat bahwa kita bisa dan mereka percaya dengan kemampuan yang kita miliki.

    4. Pengusaha belum tentu dapat disebut wirausahawan, karena pada asalnya pengertian pengusaha itu dibedakan dengan wirausaha (entrepreneur) dan manajer. Dimana wirausaha adalah pengusaha yang mampu melihat peluang, dan mencari sumber daya (tenaga kerja) dan dana untuk memanfaatkan peluang tersebut serta berani mengambil risiko (terhadap tantangan persaingan bisnis dan risiko ketidakpastian dalam usaha). Dari batasan tersebut berarti seseorang wirausaha pasti merupakan pengusaha, tetapi seorang pengusaha belum tentu merupakan wirausahawan. Sebab, banyak pengusaha yang tidak mampu melihat peluang dan pandai memanfaatkannya untuk kemajuan usaha yang dipimpinnya , hal ini membuktikan seorang pengusaha bukan seorang wirausahawan. Begitu pula dengan pengertian manajer tidak termasuk kategori pengusaha, sebab ia merupakan unsur sumber daya manusia yang bekerja dengan mendapatkan imbalan upah kerja.

    BalasHapus
  38. 1. Kreatifitas atau daya cipta adalah suatu gagasan pikiran, yang muncul dari diri sendiri (orisinil) dalam membuat/ menciptakan suatu hal yang baru yang bermanfaat .


    2. Inovasi yaitu suatu proses pengembangan dari ide gagasan untuk menemukan suatu metode, alat, produk ataupun teknologi yang dapat memberikan nilai ekonomi, sosial yang dapat dimanfaatkan fungsinya.


    3. Keluar dari zona kenyamanan yaitu suatu proses melakukan perubahan, perubahan yang dulu nya bekerja dengan rutinitas kantoran, berhenti bekerja dan belajar lagi dengan cara-cara baru yang tentu tidak mungkin nyaman.

    4. Pengertian pengusaha harus dibedakan dengan wirausaha (entrepreneur). Wirausaha adalah pengusaha yang mampu melihat peluang, dan mencari sumber daya (tenaga kerja) dan dana untuk memanfaatkan peluang tersebut serta berani mengambil risiko (terhadap tantangan persaingan bisnis dan risiko ketidakpastian dalam usaha). Dari batasan tersebut berarti seseorang wirausaha pasti merupakan pengusaha, tetapi seorang pengusaha belum tentu merupakan wirausaha. Sebab, pengusaha yang tidak mampu melihat peluang dan pandai memanfaatkannya untuk kemajuan usaha yang dipimpinnya berarti bukan wirausaha.

    BalasHapus
  39. 1. Kreativitas adalah kemampuan untuk menciptakan gagasan atau konsep baru yang mungkin berguna dalam
    memecahkan masalah.
    Inovatif adalah tindakan atau penemuan yang baru yang belum ada sebelumnya atau yang berbeda, dalam
    bentuk penyajian dan implementasi yang baru dan unik.
    2. Menurut saya keluar dari zona aman itu artinya keluar dari kebiasaan kita yang lakukan atau berspekulsi dengan
    melakukan suatu hal yang tidak biasa atau mencoba hal baru untuk mendapat sesuatu yang lebih baik lagi namun
    telah difikirkan akibat nya.
    3. pokok utama yang harus dimiliki seorang wirausahawan menurut edison yaitu
    a. Kenal Diri
    Kita harus mengenal diri kita sendiri kekurangan dan kelebihan diri guna mengevaluasi tindakan yang akan kita
    lakukan sesuai dengn kemampuan
    b. Percaya Diri
    berani dan mau mengembangkan kemampuan dan kelebihan yang kita punya berdasarkan dengan pengalaman
    dan ilmu yang telah didapat.
    c. Menjual Diri
    kemampuan dan kelebihan yang kita punya berdasarkan dengan pengalaman dan ilmu yang telah didapat kita
    implementasikan terhadap masyarakat atau kelompok sehingga dapat bermanfaat dan berpengararuh terhadap
    apa yang dicapai .
    4.tidak, kerena menurut saya wirausahawan mempunyi jiwa mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi, bisa dalam bentuk kreativitas, inovatif, ide, dan peluang yang ada, dengan begitu seorang wirausahawan bisa selalu terus berkembang, namun pengusaha belum tentu mempunyai jiwa tersebut karena pengusaha terkadang hanya mengandalkan modal atau materi juga kekuasaan yang ada tanpa mengembangkan kreativitas dan fikiran inovatif baru.

    BalasHapus
  40. ARI WINARTO
    1. Kreativitas merupakan memikirkan sesuatu,kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru baik berupa gagasan maupun karya nyata yang relatif berbeda dengan apa yang telah ada sebelumnya.
    Inovasi adalah memikirkan dan melakukan sesuatu yang baru yang menambah atau menciptakan nilai-nilai manfaat(social/ekonomik) (Gde Raka,2001).Sehingga dapat dikatakan juga bahwa inovasi merupakan terobosan yang dibuat untuk menghadapi setiap tantangan yang datang yang berbeda dari waktu ke waktu.

    2.Keluar dari zona nyaman maksudnya memiliki keberanian untuk keluar dari keadaan yang membuat seseorang merasa nyaman dengan berani mengambil resiko yang ada untuk memperoleh sesuatu yang lebih baik dengan peluang yang dimilikinya. misalnya apabila ingin menjadi seorang pengusaha maka seseorang harus berani mengeluarkan semua modal yang dimilikinya baik berupa uang maupun tenaga dan pikiran sehingga membuat seseorang harus keluar dari zona nyaman.

    3. Ketiga pokok utama yang harus dimiliki seorang wirausahawan adalah pertama kenal diri maksudnya adalah sebelum seseorang ingin memulai menjadi wirausahawan harus mengenali modal apa yang dimilikinya, kemampuan apa yang sudah dikuasainya, sehingga seseorang tahu apa yang harus dilakukannya. Yang kedua Percaya diri adalah suatu keyakinan yang didukung dengan kemampuan yang ada dari seorang wirausahawan untuk melangkah kedepan menghadapi semua tantangan yang ada untuk mendapatkan kesuksesan dalam usahanya. Yang ketiga adalah menjual diri artinya semua kemampuan dan rasa percaya diri menjadi modal utama kita dalam menjual diri, sehingga pelanggan kita menjadi percaya dengan apa yang kita tawarkan nantinya.

    4. Apakah setiap pengusaha adalah wirausahawan/enterpreuner?..
    Setiap Pengusaha belum tentu menjadi wirausahawan/enterpreuner karena setiap orang yang memiliki modal bisa menjadi pengusaha akan tetapi untuk menjadi wirausahawan/enterpreuner tidak semua orang mampu karena diperlukan banyak kemampuan-kemampuan yang harus dimiliki.

    BalasHapus
  41. 1. a) Kreatifitas adalah kemampuan yang ada dalam diri atau bakat yang kemudian di tampilkan dengan nyata di kehidupan sehingga menghasilkan suatu karya atau hasil yang dapat di pergunakan dan dari hasil tersebut juga dapat mengatasi salah satu masalah.
    b) Inovasi adalah menghasilkan suatu karya yang baru atau dapat memperbarui sesuatu yang sudah ada menjadi lebih menarik lagi dan menjadikan karya tersebut bertambah fungsinya.

    2. Yang di maksud keluar dari zona kenyamanan adalah setiap entrepreneur tiadak boleh gampang puas dengan apa yang ia hasilkan atau perdagangkan saat ini, seorang entrepreneur harus selalu berpikir bagaimana menghasilkan sesuatu yang baru dan dapat di terima di pasar agar usaha yang dijalankan dapat berkembang. dengan sikap begitu maka omset dari usaha yang di jalankan akan meningkat.

    3. a) Kenal diri
    Yang dimaksud dengan kenal diri adalah mengetahui kemampuan diri sendiri apakah mempunyai bakat dalam berentrepreneur dan siap menjadi seorang entrepreneur yang akan menerima kesuksesan atau malah keterpurukan/bangkrut dalam menjalankan usahanya dalam bersaing dengan entrepreneur lain
    b) Percaya diri
    Yang dimaksud percaya diri adalah sikap yakin dan berpendirian dalam menjalan kan suatu usaha. yakin dapat bersaing dengan entrepreneur lain dan menghasilkan suatu produk yang berbeda serta menarik agar apa yang di tawarkan dapat menarik perhatian pembeli.
    c) Menjual diri
    yang dimaksud menjual diri adalah mempromosikan atau menjual hasil karya yang diciptakan kepada masyarakat agar masyarakat tertarik dengan apa yang kita hasilkan/tawarkan.

    4. Iya, karena setiap pengusaha menciptakan lapangan pekerjaan, dapat membaca peluang agar apa yang di tawarkan membuahkan hasil/keuntungan untuk dirinya dari peluang yang belum diketahui/digarap orang lain. setiap pengusaha memberikan penawaran barang atau pun jasa serta pengusaha mempunyai sikap mandiri dalam menjalakan usahanya.

    BalasHapus
  42. 1. KREATIFITAS & Inovasi :
    a. Kreativitas adalah sebuah kemampuan yang dimiliki oleh individu/ seseorang untuk memahami keadaan/dunia, dalam menginterprestasikan pengalaman dan memecahkan masalah dengan cara yang baru dan asli (membuat/ menciptakan suatu hal yang baru yang bermanfaat ).
    b. Inovasi adalah suatu penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya. orang atau wirausahawan yang slalu berinovasi, maka ia sapat dikatakan sebagai seorang wirausahwan yang inovatif. seseorang yang inovatif akan selalu berupaya melakukan perbaikan, menyajikan sesuatu yang baru/unik yang berbeda dengan yang sudah ada.
    2. keluar dr zona kenyamanan menurut peggy dan charles adalah
    dapat berarti kesiapan diri untuk mengahadapi tantangan baru dan mengambil resiko, keberanian untuk keluar dari kondisi dimana kita merasa aman dan nyaman. Pada kondisi yang nyaman, tak jarang membuat hidup kita stagnan pada satu level kehidupan, dan kita ketahui bersama bahwa para wirausahawan mampu berhasil dan sukses diawali dari keberanian mereka untuk keluar dari zona yang nyaman. Sekali kita keluar dari zona nyaman, artinya kita akan keluar menuju dunia yang jauh lebih luas,disana peluang begitu melimpah, peluang bisnis, peluang kerja, peluang apapun dalam kehidupan ini
    3. menurut edison ada 3 pokok utama yang harus dimiliki seorang wirausahawan yaitu :
    1.kenal diri
    2.percaya diri,
    3.mampu menjual diri.
    Menurutnya, entrepreneur adalah suatu kemampuan untuk mengelola sesuatu yang ada pada diri kita untuk dimanfaatkan dan ditingkatkan agar lebih optimal, sehingga dapat meningkatkan taraf hidup kita.
    4. Iya, setiap pengusaha adalah wirausahawan
    Karna diliat dari pengertiannya
    Pengusaha adalah orang pribadi atau badan dalam bentuk apa pun yang dalam kegiatan usaha atau pekerjaannya menghasilkan barang, mengimpor barang, mengekspor barang, melakukan usaha perdagangan, memanfaatkan barang tidak berwujud dari luar daerah pabean, melakukan usaha jasa, atau memanfaatkan jasa dari luar daerah pabean.
    Wirausahawan adalah kemampuan untuk berdiri sendiri, berdaulat, merdeka lahir dan bathin, sumber peningkatan kepribadian, suatu proses dimana orang mengejar peluang, merupakan sifat mental dan sifat jiwa yang selalu aktif dituntut untuk mampu mengelola, menguasai, mengetahui dan berpengalaman untuk memacu kreatifitas.

    BalasHapus
  43. M Halfani Solikhin:

    1. Kewirausahaan merupakan penerapan dari kreatifitas dan inovasi, dua hal tersebut sangatlah berperan besar dalam wirausaha karena dengan jiwa yang memiliki kreatifitas yang tinggi yaitu memiliki jiwa untuk menciptakan hal-hal yang baru sehingga usaha yang digelutinya dapat berkembang dengan keberagaman yang tinggi sehingga konsumen menjadi tertarik. sedangkan inovasi yaitu suatu kemampuan berpikir maju kedepan dengan mengembangkan ide-ide sehingga hal-hal yang baru dari sebuah kreatifitas dapat lebih dipercantik dan diperbaharui.

    2. Keluar dari nyaman yang dimaksud adalah ketika wirausaha telah mencapai atau sedang berada dalam puncak berhasil dan nyaman dalam waktu yang relatif lama maka seorang wirausaha harus mampu untuk tidak terpakau dengan keberhasilannya, tidak cepat merasa puas dan cukup. dan diharuskan untuk lebih meningkatkan kreatifitas dan inovasi dalam hal-hal yang lain sehingga pencapaian keberhasilan terus diperoleh.

    3. Kenal diri, Percaya diri dan mampu menjual diri/mepromosikan diri yaitu seseorang harus mampu mengenali siapa dirinya kemampuan apa dan kelemahan apa yang ada pada dirinya, sehingga ia dapat mengembangkan potensi diri yang dimilki dan memperkecil kelemahan dalam diri. untuk bisa menjadi enterpreuner haruslah memiliki sifat percaya diri yang kuat dengan melakukan tindakan-tindakan ynag nyata dan komunikasi yang baik untuk bisa membuat orang lain percaya bahwa apa yang dibawakan atau disampaikan bukanlah hal-hal yang kosong. selanjutnya yaitu kemampuan untuk menjula diri atau mempromosikan diri yaitu seorang neteropreuner sejati yang dia telah mengenali siapa dirinya kemampuan apa yang dimiliki dll dan juga memiliki percaya diri yang kuat dia harus bisa memastikan bahwa dia bisa dan mampu untuk melaksanakan setiap tanggungjawab yang diberikan dan dapat menjadi teladan sehingga baik kawan maupun menyakinkan orang lain dapat mengikutinya.

    4. Tidak, karena seorang pengusaha boleh jadi itu hanya sebuah usaha turunan dan tidak semua memiliki jiwa menjadi pengusaha untuk memimpin baik dirinya maupun usahanya. sedangkan seorang enterpreuner merupakan orang-orang yang memiliki sebuah kemampuan dan pemikiran yang lebih dalam bidang usaha untuk memimpin dan telah terlatih oleh segala keadaan yang akan dihadapinya. sehingga usahanya tidak mudah goyah bahkan hancur.

    BalasHapus
  44. 1.Menurut Thomas W.Zimmerer Kewirausahaan adalah penerapan kreativitas dan keinovasian untuk memecahkan permasalahan dan upaya memanfaatkan peluang-peluang yang dihadapi orang setiap hari.
    Apakah Kreatifitas idan Inovasi itu?
    Kreatifitas adalah kemampuan seseorang untuk menciptakan atau menghasilkan sesuatu yang baru dan asli, yang sebelumnya belum dikenal ataupun memecahkan masalah baru yang dihadapi. Kreativitas itu tidak harus seluruhnya baru, tetapi dapat pula sebagai gabungan yang sudah ada dipadukan sesuatu yang baru.
    Inovasi adalah adalah suatu penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya. Ciptaan-ciptaan baru (dalam bentuk materi ataupun intangible) yang memiliki nilai ekonomi yang berarti (signifikan), yang umumnya dilakukan oleh perusahaan atau kadang-kadang oleh para individu.

    2. Keluar dari zona kenyamanan menurut Peggy & Charles maksudnya adalah kita hendaknya berani mencoba suatu tantangan dalam dunia kewirausahaan. Kita harus menghilangkan rasa takut dan khawatir ketika kita mencoba keluar dari zona nyaman. Apabila kita lari dari ketakutan, kita akan menemukan cara sukses yang salah. Alasan terpenting bahwa kita harus keluar dari zona nyaman karena zona nyaman akan membuat kita berhenti berkembang / berinovasi / berkarya dalam hidup.

    3.Menurut Edison, entrepreneur mempunyai tiga pokok utama yang harus dimiliki, antara lain :

    a. Kenal diri
    Artinya kita harus mengenali potensi yang ada di dalam diri kita untuk dimanfaatkan dalam kehidupan sehari hari, terutama dalam hal kewirausahaan.
    b. Percaya diri
    Artinya suatu kita harus yakin pada kemampuan yang ada dalam diri kita. Sehingga kita terus berfikir positif atas usaha yang sudah kita lakukan.
    c. Mampu menjual diri
    Artinya kita harus mampu mendayagunakan apa yang ada dalam diri kita sehingga bermanfaat untuk kehidupan kita sendiri maupun kehidupan orang lain, serta dapat meningkatkan taraf kehidupan kita.

    4. Apakah setiap pengusaha adalah wirausahawan/enterpreuner?
    TIDAK, orang banyak salah kaprah menganggap entrepreneur identik dengan pengusaha atau wirausahawan (businessman). Tidak semua pengusaha itu entrepreneur, atau lebih spesifik lagi tidak semua pengusaha sukses itu entrepreneur, sebab entrepreneur adalah karakter, bukan profesi, bukan pula jabatan; dan leadership hanyalah salah satu bagian di dalamnya. Entrepreneurship seseorang tidak bisa anda ukur menggunakan capaian kuantitatif semata sebagaimana anda umumnya mengukur sukses bisnis melalui buku neracanya. Entrepreneurship dinilai dari cara mengendalikan, mengelola, dan mengantisipasi peluang maupun resikonya, serta caranya merespon setiap kegagalan.Jiwa entrepreneurship melahirkan kultur kreatif- inovatif, itu hanya bisa tumbuh subur dalam masyarakat yang mentalitasnya mandiri.

    BalasHapus
  45. Baik ibu, saya akan mencoba menjawab beberapa pertanyaan yang telah diberikan....

    1. Kreatifitas yang dimaksud (menurut Thomas W Zimmerer) ialah kemampuan dalam menghasilkan ide-ide dan cara-cara baru yang baru yang bersifat terobosan baru atau berbeda dari sebelumya, sedangkan inovasi merupakan ide-ide dan cara-cara baru tersebut untuk mencapai nilai kreatifitas tersebut.

    2. Menurut Peggy dan Charles, “keluar dari zona nyaman “ ialah keluar dari kondisi dimana seseorang untuk menjadi enterpreuner dituntut keluar kondisi yang nyaman. Kondisi nyaman yang dimaksud adalah kondisi dimana tidak adanya tantangan-tantangan baru bagi enterpreuner tersebut, sehingga SD yang ada kurang dikembangkan (tidak maksimal). Pada kondisi seperti ini, untuk menjadi enterpreuner tangguh, seseorang tersebut harus mempunyai keberanian untuk keluar dari kondisi tersebut dan siap mengahadapi tantangan-tantangan baru dalam berenterpeuner tersebut.


    3. Menurut edison 3 pokok utama yang harus dimiliki wirausahawan ialah Kenal diri, merupakan suatu kemampuan untuk mengenali potensi yang ada pada diri kita sehingga dapat dimanfaatkan dan ditingkatkan seoptimal mungkin,sehingga seseorang tersebut dapat mengukur kemampuan minat , bakat serta kemampuannya. Kedua, Percaya diri , kondisi dimana sikap yang tangguh (tidak mudah jatuh dengan kelemahan ) dan menjadikan kelemahan menjadi suatu kelebihan sehingga dapat menimbulkan rasa percaya diri. Ketiga Promosi diri , merupakan mempromosi kemampuan dengan menunjukkan berbagai prestasi nya.

    4. Menurut saya seorang enterpreuner sudah pasti pengusaha sukses, tetapi seorang pengusahan belum tentu seorang enterpreuner dikarenakan untuk menjadi seorang enterpreuner lebih menekankan pada kreatifitas,dimana pelakunya dituntut menciptakan ide-ide cemerlang yang merupakan terobosan dari sebelumnya, serta seorang enterpreuner erat kaitannya dengan inovasi dimana menggunakan langkah-langkah jitu untuk mewujudkan kreatifitas tersebut yang langkah-langkah tersebut mungkin tidak pernah terpikirkan oleh pelaku usaha sebelumnya. Seorang enterpreuner juga mampu mengenal peluang sekecil apapun dan mampu merefleksikan kemungkinan jangka panjang dari sebuah perhitungannya.

    Mungkin itu yang dapat saya paparkan bu, mohon perbaikannya jika ada yang perlu dibenahi dari jawaban saya,..

    Terimakasih bu,....

    BalasHapus
  46. 1.Menurut Thomas W.Zimmerer Kewirausahaan adalah penerapan kreativitas dan keinovasian untuk memecahkan permasalahan dan upaya memanfaatkan peluang-peluang yang dihadapi orang setiap hari.
    Apakah Kreatifitas idan Inovasi itu?
    kreativitas adalah kemampuan seseorang untuk menciptakan atau menghasilkan sesuatu yang baru baik yang sebelumnya belum dikenal ataupun yang memang sudah ada sedangkan inovasi adalah suatu ide, gagasan, praktek atau objek/benda yang disadari dan diterima sebagai suatu hal yang baru oleh seseorang atau kelompok untuk diadopsi.

    2. Keluar dari zona kenyamanan menurut Peggy & Charles maksudnya adalah seseorang yang sekarang berada dalam lingkungan yg nyaman harus memiliki sikap untuk berani mencoba suatu hal yang baru dan tidak terbuai dengan yang telah ia dapat sekarang sehingga dapat terjadi perbedaan dalam hidupnya dengan tujuan mendapatkan hasil yang lebih baik dari yang sebelumnya serta dapat mengembangkan kreatifitas dan potensi lain yang ada dalam dirinya.

    3.menurut edison ada 3 pokok utama yang harus dimiliki seorang wirausahawan yaitu :
    1.kenal diri : seorang wirausaha harus mampu mengenali potensi yang ada dalam dirinya sehingga potensi yang ada tersebut dapat dikembangkan menjadi usaha sekaligus hobi yang dapat ia kerjakan.
    2.percaya diri : wirausahawan harus yakin terhadap dirinya sendiri serta usaha yang akan dijalankannya dapat berkembang dengan baik dan sukses dalam pasar masyarakat.
    3.mampu menjual diri : wirausahawan harus bisa mempromosikan usaha yang digelutinya tanpa harus ada rasa malu yang dapat menghambat kesuksesan usahanya.

    4.Apakah setiap pengusaha adalah wirausahawan/enterpreuner?
    ya, karena pengertian antara pengusaha dan enterpreuner sendiri tidak berbeda pengusaha adalah orang yang menciptakan peluang lapangan pekerjaan dan suatu usaha dari nol serta wirausahawan adl orang yg pandai atau berbakat mengenali produk baru, menyusun cara baru dalam berproduksi, menyusun operasi ukt pengadaan produk baru, mengatur permodalan operasinya, serta memasarkannya.sehingga dapat dsimpulkan hubungan antara keduanya memang sangat berkaitan.

    BalasHapus
  47. 1. Pengertian Kreatifitas dan inovasi :
    Kreativitas adalah suatu kemampuan untuk menyelesaikan masalah yang member kesempatan individu untuk menciptakan ide2 asli/adaptif fungsi kegunaannya secara penuh untuk berkembang” Banyak orang percaya bahwa kreativitas bersifat individual dalam arti hasil praktik satu orang. Padahal kenyataannya, penemuan atau ciptaan besar, misalnya komputer, muncul dari sekelompok orang yang terinspirasi. Namun yang masih sering kita percaya sampai saat ini adalah bahwa untuk menjadi kreatif satu kelompok orang harus bergantung pada seseorang yang sering kali dibayangkan sebagai orang yang eksentrik. Namun dalam kenyataannya kelompok mana pun dapat menjadi lebih kreatif apabila pemimpinnya mengerti dan mendukung dinamika kerja sama untuk menumbuhkan kreativitas kelompok.
    Inovasi adalah suatu kemampuan manusia dalam mendayagunakan pikiran dan sumber daya yang ada disekelilingnya untuk menghasilkan suatu karya yang benar-benar baru yang orisinil, serta bermanfaat bagi banyak orang” Inovasi erat kaitannya dengan kreativitas. Bahkan dalam tahap-tahap proses kreatif seperti yang dipaparkan di atas, disebutkan bahwa kesempatan
    berinovasi menjadi salah satu tahapnya.

    2. Pengertian zona nyaman adalah keadaan perilaku dimana seseorang berada dalam kondisi tanpa kecemasan, dengan perilaku yang dikondisikan untuk memberikan tingkat kinerja stabil, biasanya bebas dari resiko. Tidak ada ruang untuk petualangan dan kegembiraan dalam zona nyaman, bahkan, dari waktu ke waktu Anda mungkin merasa muak dan terjebak dalam kebosanan dan ketakutan.
    Maksudnya Keluar dari zona aman berarti menghilangkan keterikatan. Ketika Anda memutuskan untuk melakukan sesuatu, lakukan untuk kepentingan diri sendiri, sehingga Anda tidak terikat untuk mendapatkan hasil tertentu

    3. Menurut Edison 3 pokok utama yang harus dimiliki dam wirausahawan
    • Kenal diri
    Ini menyangkut kemampuan mengenali emosi diri sendiri dan efeknya, mengetahui kekuatan dan batas-batas diri sendiri, dan keyakinan tentang harga diri dan kemampuan sendiri atau percaya diri
    • Percaya diri
    Wirausahawan akan selalu menunjukkan sikap percaya pada kemampuan diri sendiri, termasuk ketika dalam situasi menghadapi tekanan. Wirausahawan bukanlah seorang peragu dalam bertindak atau mengambil keputusan, bahkan cenderung untuk melibatkan diri sendiri secara langsung dalam berbagai situasi. Sikap percaya diri tidak harus selalu mengatakan “ya”, tetapi juga berani mengatakan “tidak” jika memang diperlukan
    • Menjual diri
    hal ini adalah taktik-taktik untuk meyakinkan orang (persuasi), berkomunikasi secara jelas dan meyakinkan, membangkitkan inspirasi dan memandu kelompok, memulai dan mengelola perubahan, bernegosiasi dan mengatasi silang pendapat, bekerja sama untuk tujuan bersama, dan menciptakan sinergi kelompok dalam memperjuangkan kepentingan bersama.

    4. YA. Karena pengusahamerupakan pengambilan resiko untuk menjalankan sendiri dengan memanfaatkan peluang-peluang untuk menciptakan usaha baru atau dengan pendekatan yang inovatif sehingga usaha yang dikelola berkembang menjadi besar dan mandiri tidak bergantung kepada pemerintah atau pihak-pihak lain dalam menghadapi segala tantangan persaingan. Inti dari kewirausahaan adalah; Pengambilan resiko, Menjalankan sendiri, Memanfaatkan peluang-peluang, Menciptakan baru, Pendekatan yang inovatif, dan Mandiri.

    BalasHapus
  48. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  49. FINA FISABILILLAH

    1.Kreatif = adalah kemampuan untuk membuat perbedaan. Orang yang kreatif adalah orang yang melihat hal yang sama tapi berpikir dengan cara yang berbeda. Kreativitas menghasilkan perbedaan dan orang yang kreatif bisa stand out of the crowd, tampil diantara kerumunan orang. Perbedaan membuat peluang baru terbuka.
    Inovatif = adalah kemampuan untuk menemukan nilai komersil dari kreativitas. Inovasi membuat kreativitas tidak cukup untuk meraih sukses. Kreatif hanya membuat perbedaan, inovasi membuat perbedaan tersebut memiliki nilai komersil.

    2. menurut peggy dan charles seorang wirauasha harus dapat keluar dari zona kenyamanan artinya seorang entrepreneur harus mampu mengatasi ketakutannya dan harus berani untuk mengambil resiko untuk kesuksesannya

    3. Sedangkan menurut Edison, entrepreneur mempunyai tiga pokok utama yang harus dimiliki yakni; kenal diri,percaya diri, serta mampu menjual diri. Menurutnya,entrepreneur adalah suatu kemampuan untuk mengelola
    sesuatu yang ada pada diri kita untuk dimanfaatkan dan ditingkatkan agar lebih optimal, sehingga dapat meningkatkan tarafhidup kita.

    4.Ya seorang pengusaha merupakan entrepeneur,karena entrepeneur merupakan sebutan untuk seseorang yang mempunyai kemampuan untuk mengelola sesuatu yang ada pada diri kita untuk dimanfaatkan dan ditingkatkan agar lebih optimal, sehingga dapat meningkatkan taraf hidup kita dan orang lain.

    BalasHapus




  50. 1. Kreatifitas dan inovasi
    Dalam bukunya Thomas W Zimmerer Dkk menjelaskan bahwa Kreatifitas(creativity) adalah kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru dan untuk menemukan cara-cara baru dalam melihat masalah dan peluang sedangkanInovasi (Innovation) adalah kemampuan untuk menerapkan solusi kreatif terhadap masalah dan peluang untuk meningkatkan atau untuk memperkaya kehidupan orang-orang
    2. Jelaskan yang dimaksud “keluar dari zona kenyamanan” menurut peggy dN chrles
    Keluar dari zona kenyamanan maksudnya yaitu sebagai seorang wirausahawan harus mempunyai keberanian untuk mengambil resiko dengan mengembangkan potensi yang ada pada dirinya ketika sudah mapan dan nyaman dengan usaha yang ada namun mencoba beralih keusaha yang lain
    3. Menurut Edison ada 3 pokok utama yang harus dimiliki seorang wirausahawan . sebutkan dan jelaskan
    Menurut Edison, Ada 3 pokok utama yang harus dimiliki :
    a. Kenal diri : seorang wirausahawan harus dapat mengenali potensi yang ada dalam dirinya untuk dimanfaatkan.
    b. Percaya diri : seorang wirausahawan harus memiliki rasa percaya diri untuk mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya untuk mendapatkan hasil yang optimnal
    c. Menjual diri : seorang wirausahawan harus memiliki kemampuan atau potensi yang ada padanya untuk dapat dikembangkan dan ditingkatkan sehingga dapat meningkatkan taraf hidup.
    4. Menurut anda apakah setiap pengusaha adalah wirausahawan/enterpreuner?
    Pengusaha belum tentu seorang Entrepreneur, tetapi seorang Entrepreneur pastilah seorang Pengusaha karena Pengusaha adalah sebuah pekerjaan/profesi yang dapat dijadikan sarana kreatif bagi para Entrepreneur

    BalasHapus
  51. 1. Menurut saya kreatifitas disini adlh kemampuan seorang pengusaha untuk menemukan cara2 yang baru yang berbeda dari hasil pemikiran nya dlm penerapan usahanya sedangkan inovasi adalah kemampuan seoarang pengusaha untuk mengembangkan ide2 baru yg dpt mendongkrak usahanya menjadi lebih komersil
    2. Keluar dari zona nyaman maksudnya adalah keluar dari hal2 yang membuat seoarang pengusaha nyaman akan laba atau untung yg d dpatkanya dengan meningkatkan inovasi atau kratifitas untuk lebih meningkatkan meningkatkan usahanya..

    BalasHapus

  52. 3. Menurut edison 3 pokok utama yang harus dimiliki wirausahawan ialah Kenal diri, merupakan suatu kemampuan untuk mengenali potensi yang ada pada diri kita sehingga dapat dimanfaatkan dan ditingkatkan seoptimal mungkin,sehingga seseorang tersebut dapat mengukur kemampuan minat , bakat serta kemampuannya. Kedua, Percaya diri , kondisi dimana sikap yang tangguh (tidak mudah jatuh dengan kelemahan ) dan menjadikan kelemahan menjadi suatu kelebihan sehingga dapat menimbulkan rasa percaya diri. Ketiga Promosi diri , merupakan mempromosi kemampuan dengan menunjukkan berbagai prestasi nya.

    4. Tidak, Menurut saya seorang enterpreuner sudah pasti pengusaha sukses, tetapi seorang pengusahan belum tentu seorang enterpreuner dikarenakan untuk menjadi seorang enterpreuner lebih menekankan pada kreatifitas,dimana pelakunya dituntut menciptakan ide-ide cemerlang yang merupakan terobosan dari sebelumnya, serta seorang enterpreuner erat kaitannya dengan inovasi dimana menggunakan langkah-langkah jitu untuk mewujudkan kreatifitas tersebut yang langkah-langkah tersebut mungkin tidak pernah terpikirkan oleh pelaku usaha sebelumnya. Seorang enterpreuner juga mampu mengenal peluang sekecil apapun dan mampu merefleksikan kemungkinan jangka panjang dari sebuah perhitungannya.

    BalasHapus
  53. 1. kreatifitas dan inovasi yang dimaksudkan ialah menerapkan,melakukan,memanfaatkan serta mengembangkan kemampuan/keterampilan dari apa-apa yang dimilikinya (baik itu berasal dari diri sendiri maupun dari alam) serta untuk menciptakan suatu keadaan yang lebih baik terhadap kelangsungan serta kebutuhan hidupnya, baik itu berupa tindakan maupun pemikiran serta penerapan kedua-duanya.
    2. Keluar dari zona kenyamanan yaitu bersiap untuk melakukan perubahan dengan cara mengambil resiko dari keadaan yang selama ini menenangkan/nyaman menuju pada keadaan yang penuh tantangan untuk mengembangkan kemampuan pada diri.
    3. Berdasarkan penuturan edison,3 pokok utama yang harus dimiliki yaitu kenal diri, percaya diri dan menjual diri. kenal diri yaitu kita harus mampu mengenali karakter serta kelebihan dan kelemahan diri kita berikut dengan kemampuan diri kita. percaya diri yaitu optimis akan berhasil dalam melakukan suatu tindakan tersebut. sedangkan menjual diri memiliki arti bahwa kita siap untuk memberikan pelayanan yang terbaik terhadap konsumen.
    4. Tidak,karena jika kita harus mengacu bahwa seorang pengusaha harus memenuhi syarat-syarat entrepreneur tersebut dengan mutlak (semua syarat harus dapat terpenuhi tanpa pengecualian) dan pengusaha tersebut tidak bisa memenuhi syarat-syarat tersebut dengan mutlak (beberapa persyaratan tidk terpenuhi), maka dia tdk bisa dikatakan sebagai entrepreneur/wirausahawan.,terkecuali jika tanpa harus terpenuhi semua syarat tersebut (hanya dapat memenuhi beberapa syarat saja) masih bisa dikatakan seorang entrepreneur,maka setiap pengusaha dapat dikatakan sebagai entrepreneur/wirausahawan.

    BalasHapus
  54. HABIB NASUTION
    NPM 13410040P

    1. Kreatifitas adalah kemampuan seseorang untuk menciptakan/mebuat hal yang baru, asli, baik itu belum ada sebelumnya atau dengan memodifikasi hal yang telah ada hingga memiliki fungsi yang baru.

    Inovasi adalah suatu ide, gagasan, praktek, benda atau hal lainnya yang diciptakan/dibuat oleh seseorang, kemudian diterima dan disadari sebagi penemuan baru menuju perbaikan yang lain atau berbeda dari yang sebelumnya, yang dilakukan dengan sengaja dan berencana .

    Sekilas keduanya tampak sama, tetapi kreatifitas dan inovasi terdapat perbedaan yaitu Kreativitas hanya membuat perbedaan, Inovasi membuat perbedaan tersebut memiliki nilai komersil.

    2. Yang dimaksud keluar dari zona kenyamanan adalah kita harus keluar dari suatu posisi dimana kita telah puas dengan apa yang sudah kita dapatkan saat ini sehingga tidak memiliki motivasi untuk berbuat lebih baik untuk dapat membuat hal-hal baru. Dengan keluar dari zona kenyamanan, maka kita akan selalu termotivasi untuk terus bergerak mendapatkan hal-hal baru demi mencapai kesuksesan.

    3. a. Kenal diri yaitu seorang wirausahawan harus mengenal dirinya sendiri, yang dimaksut disini adalah harus mengetahui kekuatan dan kelemahan dirinya, potensi apa yang dimiliki dan harus menemukan cara yang baik dalam mengembangkan potensi tersebut.

    b. Seorang wirausahawan harus memiliki rasa percaya diri yang kuat. Dia harus menanamkan suatu keyakinan kuat dalam dirinya bahwa apa yang dilakukannya akan membuahkan keberhasilan. Dengan tertanamnya mental percaya diri yang baik maka ini akan sangat berpengaruh dalam menentukan suatu keberhasilan dari apa yang dilakukannya.

    c. yang dimaksud menjual diri adalah saat seorang wirausahawan telah terjun pada suatu usaha dia harus totalitas dalam melaksanakannya. Semua kemampuan yang dimiliki dirinya harus siap dikorbankan dan dicurahkan untuk mencapai suatu kesuksesan.

    4. Ya.
    Karena untuk membuat sebuah usaha menjadi sukses pengusaha tersebut harus memiliki ciri-ciri jiwa wirausaha. Tetapi ada yang harus digaris bawahi yaitu tidak semua pengusaha memiliki seluruh ciri-ciri tersebut. Ada beberapa pengusaha yang hanya memiliki sebagian ciri-cirinya saja. Tetapi intinya adalah untuk menjadi pengusaha suskes harus memiliki jiwa enterpreneur meski bukan jiwa enterpreneur yang sempurna.

    BalasHapus
  55. 1. Menurut Thomas W. Zimmerer kreatifitas dan inovasi adalah sebagai berikut :
    Kreatif adalah menciptakan sesuatu yang berbeda dari yang lain dan menghubungkan ide-ide/hal-hal yang sebelumnya tidak berhubungan dan menjadi sebuah nilai sedangkan Inovasi adalah menciptakan sesuatu yang belum ada menjadi ada atau pembaruan/menciptakan sesuatu yang sama sekali berbeda.

    2. “Keluar dari zona kenyamanan “ menurut Peggy dan charles yaitu berani mangambil resiko untuk menciptakan sesuatu yang baru atau membuat suatu perubahan dalam hidup. Untuk berubah kearah yg lebih baik biasanya memang tidak nyaman yaitu keluar dari kebiasaan-kebiasaan lama, membentuk kebiasaan-kebiasaan baru. Berhenti bekerja dg cara- cara lama (yang biasanya sudah rutinitas) lalu terpaksa belajar lagi untukk bisa bekerja dg cara-cara baru (tentu saja ini tidak terlalu nyaman).keluar dari zona nyaman ini bertujuan untuk lebih mengembangkan inovasi dan kreativitas seseorang dan mungkin seseorang yang keluar dari zona nyaman akan menjadi tahu kemampuan tersembunyi di dalam dirinya.

    3. Menurut Edison 3 pokok utama yang harus dimiliki oleh wirausahawan adalah Kenal Diri, Percaya diri dan Menjual diri. Kenal Diri berarti kemampuan diri kita untuk mengetahui potensi yang ada dalam diri kita untuk berwirausaha, Percaya diri adalah sikap yang memungkinkan kita untuk memiliki persepsi positif dan realistis dari diri kita dan kemampuan kita, keyakinan akan kemampuan diri kita dalam melakukan sesuatu sdgkan menjual diri berarti kita mendayagunakan segala potensi yang ada dalam diri kita agar mempunyai nilai tambah dimata orang lain.

    4. Pengusaha belum tentu dapat disebut wirausahawan, karena pada asalnya pengertian pengusaha itu dibedakan dengan wirausaha (entrepreneur) dan manajer. Dimana wirausaha adalah pengusaha yang mampu melihat peluang, dan mencari sumber daya (tenaga kerja) dan dana untuk memanfaatkan peluang tersebut serta berani mengambil risiko (terhadap tantangan persaingan bisnis dan risiko ketidakpastian dalam usaha). Dari batasan tersebut berarti seseorang wirausaha pasti merupakan pengusaha, tetapi seorang pengusaha belum tentu merupakan wirausahawan. Sebab, banyak pengusaha yang tidak mampu melihat peluang dan pandai memanfaatkannya untuk kemajuan usaha yang dipimpinnya , hal ini membuktikan seorang pengusaha bukan seorang wirausahawan. Begitu pula dengan pengertian manajer tidak termasuk kategori pengusaha, sebab ia merupakan unsur sumber daya manusia yang bekerja dengan mendapatkan imbalan upah kerja

    BalasHapus
  56. 1. Menurut Thomas W Zimmerer, kewirausahaan adalah proses dan pnerapapan kreatifitas dan inovasi. Disini yang dimaksud dgn kreatifitas dan inovasi adalah : 1. Kreatifitas merupakan perwujudan dari bentuk ide, bentuk ide ini merupakan hasil dari pemikiran diri sendiri sebgai wirausahaha (original / tdk plagiat). kreatifitas inipun dpt dirasakan manfaatnya bagi diri sendiri atau orang banyak. 2. Inovasi merupakan hasil pengembangan dari bentuk kreatifitas yang telah ada sebelumnya, tetapi bentuk yang telah ada tersebut lebih dikembangkan lagi fungsi serta manfaatnya sehingga lebih baik .

    2. Yang dimaksud keluar daari zona kenyamanan menurut Peggy dan Charles adalah seseorang yang ingin menjadi interpreneur harus bisa 'sakit', maksudnya tdk terlena dgn apa yg ada saat ini. seorang interpreneur harus dapat melakukan tindakan yang berbeda dari biasanya, yaitu tindakan yang lebih berkualitas dari sebelumnya, harus berani action.

    3. Menurut Edison harus ada 3 pokok utama yang harus dimiliki seorang wiraushawan yaitu :
    a. Kenal Diri, yaitu kita mengetahui apa yg kita miliki sbagai pokok dasar utk menjadi wirausahwan (mengetahui potensi diri), kemampuan yg dimiliki seperti pengetahuan yg baik, mengetahui pasar yg akan dimasuki, serta akan dimulai dari mana usaha kita tsb.
    b. Percaya Diri, yaitu seorg wirausahawan harus berani bahwa kita menawarkan jasa yang mampu bersaing dgn rival lain, hrus yakin bhwa kemampuan atau mnfaat dr barang jasa yg kita jual memiliki kualitas yg diharapkan dan sesuai dgn apa yg dijnjikan.
    c. Menjual Diri, yaitu seorang wirausahawan harus dpt menunjukkan pada masyarakat atau customer bhwa kita bisa mereka percaya utk dpt menjadikan kita sebagai tujuan belanja mereka. bahwa kita mnjual brg dan jasa ada nilai dan manfaatnya yg dibutuhkan cutomer atau masyarakat.

    4. iya, bnar. krena setiap pengusaha harus dpt melakukan kreatifitas dan ninovasi pasar, sedangkan wiraushwan hrs memiliki kreatifitas dan inovasi, jadi pengusaha dan wiraushawan itu adalah sama.

    BalasHapus