Senin, 07 Oktober 2013

Langkah Pengembangan & Faktor Penentu Pemasaran Sosial

3.  Langkah Dalam Mengembangkan Kegiatan Pemasaran Sosial
Ada 14 langkah dalam mengembangkan kegiatan pemasaran sosial tersebut:
1)      Riset Formatif
Sebelum kita menganjurkan orang untuk mengubah perilakunya, kita harus tahu dulu bagaimana sekarang dan bagaimana sikapnya terhadap perilaku yang kita anjurkan. Kita tidak dapat hanya menduga atau memperkirakan kedua hal tersebut. Kita harus menggalinya dari mereka sendiri. Kita namakan penggalian demikian riset formatif.
2)      Penyusunan Strategi
Strategi akan mencakup:
a.       Berbagai kelompok sasaran yang diperoleh dari penelitian formatif dapat dibagi dalam 3 kelompok besar:
Ø  Sasaran primer, yaitu sasaran pokok yang benar-benar kita harapkan berubah kebiasaannya
Ø  Sasaran sekunder, yaitu sasaran antara yang akan terlibat dalam penyampaian pesan-pesan secara langsung
Ø  Sasaran tersier, yaitu sasaran penunjang yang terlibat secara tidak langsung, namun dukungannya sangat diperlukan
b.      Berbagai perilaku yang diharapkan dari tiap kelompok sasaran
c.       Sikap negatif terhadap perilaku yang diharapkan secara rinci
d.      Kata-kata yang disarankan untuk dipakai guna meyakinkan kelompok sasaran untuk melakukan apa yang diharapkan
e.       Berbagai saluran komunikasi yang ada untuk analisis selanjutnya.
3)      Menguji Coba Strategi
Setelah strategi disusun, kita kembali mengunjungi kelompok sasaran primer untuk menguji coba strategi tersebut pada mereka.
4)      Menulis Arahan Kreatif dan Media
Arahan kreatif ini menyimpulkan tujuan dan maksud kegiatan, gambaran rinci data ekonomi, sosial dan demografis daerah kegiatan serta daftar kelompok sasaran primer, sekunder dan tersier, serta gambaran keadaan mereka. Arahan tersebut berupa uraian tentang kelompok sasaran, dan kegiatan yang ditujukan pada tiap kelompok sasaran, pesan-pesan yang harus diterima tiap kelompok sasaran, semua keengganan yang diketahui dan menghambat penerimaan dan bagaimana rasa keberatan itu  di atasi dan tokoh yang dapat diterima kelompok sasaran.
5)      Menentukan Konsultan Kreatif dan Konsultan Media
Sangat disarankan untuk menggunakan ahli kreatif dan ahli media. Kelompok kreatif dan media harus benar-benar mendapat arahan, baik itu ahli dari luar atau tenaga yang ada di dalam (instansi) sendiri
6)      Menyusun Peran dan Bahan Serta Rencana Media
Perencanaan media haruslah rinci, mulai dari biaya, peran kelompok-kader-masyarakat, bahan media. Rencana tersebut harus menunjukkan jangkauan yang memadai terhadap semua kelompok sasaran dengan frekuensi yang memadai dan biaya yang paling sesuai.
7)      Menguji Bahan dan Pesan
Tiap bahan media diuji coba pada wakil kelompok sasaran yang dituju, bahan untuk memotivasi petugas dan kelompok masyarakat diuji coba pada kelompok yang mewakili, bahan-bahan penyuluhan yang digubakan sebagai alat bantu kader diuji coba pada kader. Hasil uji coba dipakai untuk menyempurnakan semua bahan.
8)      Memperbaiki Bahan
Setelah uji coba bahan, bila diperlukan perubahan besar untuk memastikan bahan perbaikan dapat diterima kelompok sasaran. Hal ini untuk memastikan bahwa kegiatan di daerah tidak bertentangan dengan kebijakan program.
9)      Penyempurnaan Program
Program pada akhirnya bisa disempurnakan. Bila mungkin kesimpulan akhir perlu dibuat secara tertulis dan bisa dilengkapi dengan slides untuk penyajian dan koordinasi.
10)  Memproduksi Bahan
Semua bahan sudah diperbanyak dalam bentuk akhir.
11)  Pengumpulan Data Dasar dan Evaluasi
Pengumpulan data dasar dilaksanakan di daerah uji coba dan daerah kontrol. Masa proyek sudah ditentukan dan kegiatan evaluasi dijadwalkan.
12)  Orientasi dan Pelatihan
Sebelum kegiatan dilaksanakan, kader dilatih dan semua sektor serta kelompok masyarakat yang terlibat juga dilatih atau diberi orientasi tentang peran mereka.
13)  Melaksanakan Kegiatan
Sebaiknya kegiatan langsung dilaksanakan pada saat pencanangan. Misalnya, dalam bentuk penyuluhan atau pencanangan oleh kepala daerah yang dihadiri para pelaksana dan instansi serta media yang terlibat.
14)  Memantau dan Memperbaiki
Titik utama uji coba pemasaran adalah memantau dan memperbaiki kegiatan komunikasi yang diperlukan dan ditemukan dalam proses pengalaman, apa saluran komunikasi dan apa pesan yang paling efektif untuk mencapai tujuan program.

4.  Faktor Penentu Dalam Pemasaran Sosial
Ada beberapa faktor yang menentukan keberhasilan pemasaran sosial, yaitu:
1)      Manajemen
2)      Konsumen
3)      Kelompok Sasaran
4)      Identitas
5)      Manfaat
6)      Biaya
7)      Ketersediaan
8)      Saluran Komunikasi
9)      Pemantauan dan Perbaikan

10)  Evaluasi 


JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT INI DI KOLOM KOMENTAR!
1.      Jelaskan mengapa pemasaran sosial lebih rumit!
2.      Jelaskan mengapa pemasaran sosial menjadikan konsumen sebagai sasaran (orientasi) bukan pada produk!
3.      Apa itu unsur “1C4P” dalam marketing mix?
4.       Efektifitas pemasaran sosial sangat bergantung pada?.......... dan mengapa hal tersebut sangat diperlukan?.............

5.      Perhatikan 10 faktor penentu dalam pemasaran sosial. Dari berbagai fenomena yang ada sekarang ini, belum banyak program yang memenuhi 10 faktor tersebut. Bagaimana kita bisa meningkatkannya supaya dapat memenuhi kesepuluh faktor tsb?



UNTUK MELANJUTKAN KE E-LEARNING MATERI "KOMUNIKASI KESEHATAN" , KLIK DISINI!

89 komentar:

  1. 1. Jelaskan mengapa pemasaran sosial lebih rumit!

    DIKARNAKAN PEMASARAN SOSIAL (SOCIAL MARKETING):
    Salah satu bentuk operasionalisasi komunikasi kesehatan yang dewasa ini mulai digunakan dalam program kesehatan adalah pemasaran sosial. (Social Marketing). Pemasaran sosial adalah suatu proses untuk membuat rancangan, implementasi, dan pengawasan program yang ditujukan untuk meningkatkan penerimaan gagasan sosial atau perilaku pada suatu kelompok sasaran (Philip Kotler).
    Dalam pemasaran sosial produk yang dijual (dipasarkan) adalah produk sosial atau produk yang cecara sosial bermanfaat, yakni :’prilaku baru’. Produk sosial berbeda dengan produk komersial dalam arti :
    · produk sosial lebih rumit penggunaannya dibanding dengan produk komersial
    · produk sosial sering lebih kontraversial
    · keuntungan produk sosial tidak cepat dirasakan
    · saluran distribusi produk sosial lebih sukar digunakan dan di control
    · pasar produk sosial sukar dianalisis
    · ukuran keberhasilan “penjualan” atau adopsi produk sosial lebih berat dari produk komersial

    2. Jelaskan mengapa pemasaran sosial menjadikan konsumen sebagai sasaran (orientasi) bukan pada produk:
    dikarnakan . Konsumen menjadi titik tolak suatu proses yang mempunyai empat unsur;Consumer, Product, Price, Promotion, Place. Keempat unsur tersebut harus dikembangkan dan dikelola secara terpadu sebagai suatu kesatuan.
    Konsumen atau pengguna bukan hanya merupakan sasaran pokok, tetapi juga sebagai pengukur apakah kegiatan yang dilaksanakan cocok, diminati dan berhasil. Konsumen secara sistematis dimintai saran sepanjang proses pemasaran sosial, memberikan data untuk menentukan strategi pemasaran.
    Stategi sasaran adalah suatu proses mengelompokkan sasaran ke dalam sub-sub kelompok yang lebih homogen yang memiliki kesamaan kebutuhan atau kesamaan karakter.

    3.Apa itu unsur “1C4P” dalam marketing mix?
    yaitu unsur yang saling berkaitan antara peran konsumen dan sasaranya keempat unsur itu adalah (Consumer, Product, Price, Promotion, Place). Keempat unsur tersebut harus dikembangkan dan dikelola secara terpadu sebagai suatu kesatuan, yang disebut bauran pemasaran atau marketing mix.

    4. Efektifitas pemasaran sosial sangat bergantung pada?(.konsumen) dan mengapa hal tersebut sangat diperlukan?...dikarnakan konsumen merupakan Konsumen atau pengguna bukan hanya merupakan sasaran pokok, tetapi juga sebagai pengukur apakah kegiatan yang dilaksanakan cocok, diminati dan berhasil. Konsumen secara sistematis dimintai saran sepanjang proses pemasaran sosial, memberikan data untuk menentukan strategi pemasaran.

    5. Perhatikan 10 faktor penentu dalam pemasaran sosial. Dari berbagai fenomena yang ada sekarang ini, belum banyak program yang memenuhi 10 faktor tersebut. Bagaimana kita bisa meningkatkannya supaya dapat memenuhi kesepuluh faktor tsb?
    ke 10 faktor tersebuat adalah 1) Manajemen
    2) Konsumen
    3) Kelompok Sasaran
    4) Identitas
    5) Manfaat
    6) Biaya
    7) Ketersediaan
    8) Saluran Komunikasi
    9) Pemantauan dan Perbaikan
    10) Evaluasi
    yaitu dengan cara kita membentuk tim untuk meningkatkan pemesaran sehingga dapat kita tingkatkan dan juga kita turun lansung untuk mengerjakanya dan mengontrol sistem tersebut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda perlu jeli membaca materi yg diberikan utk menjawab pertanyaan.
      Silahkan di cek, baca lbh cermat.

      Hapus

  2. 1.Jelaskan mengapa pemasaran sosial lebih rumit!
    Jawab :
    Perbedaan Pemasaran di bidang usaha dan sosial o Penggunaan produk sosial biasanya lebih rumit daripada produk komersial, misalnya menggunakan oralit tidak semudah minum coca-cola. o Produk sosial hasilnya tidak cepat dirasakan. o Saluran distribusi untuk produk-produk sosial lebih sulit dikontrol karena biasanya menyangkut banyak pihak. o Konsumen pada umumnya tidak mampu, atau rawan terhadap penyakit, dan berpendidikan rendah.
    2.Jelaskan mengapa pemasaran sosial menjadikan konsumen sebagai sasaran (orientasi) bukan pada produk!
    Jawab :
    Konsep produk. Menyatakan bahwa konsumen menyukai produk yang menawarkan kualitas, kinerja, fitur yang inovatif yang terbaik. Berdasarkan konsep ini, strategi pemasaran berfokus pada perbaikan produk yang berkelanjutan.
    Kualitas dan peningkatan produk adalah bagian yang penting dalam sebagian besar strategi pemasaran. Meskipun demikian, memfokuskan diri hanya pada produk perusahaan dapat menyebabkan rabun jauh pemasaran juga. Sebagai contoh, beberapa produsen percaya bahwa jika mereka dapat membuat jebakan tikus yang lebih baik, dunia akan membukakan pintu bagi mereka. Tetapi mereka sering terperanjat. Para pembeli mungkin mencari solusi yang lebih baik terhadap masalah tikus tetapi tidak mencari jebakan tikus yang lebih baik. Solusi yang lebih baik bisa berupa semprotan zat kimia , jasa pemusnahan, atau sesuatu yang bekerja lebih baik daripada jebakan tikus. Lebih jauh lagi, jebakan tikus yang lebih baik tidak akan terjual kecuali produsen merancang, mengemas, dan menetapkan harga yang menarik.; menempatkan jebakan tikus saluran distribusi yang sesuai; membuat jebakan tikus itu menjadi perhatian masyarakat yang membutuhkannya. Dan meyakinkan pembeli bahwa jebakan tikus itu adalah produk yang lebih baik.
    3. Apa itu unsur “1C4P” dalam marketing mix?
    Jawab :
    Marketing Mix
    strategi pemasaran untuk menciptakan permintaan melalui Loyalitas konsumen dipengaruhi oleh barang atau jasa yang dibutuhkan konsumen, harga barang atau jasa, upaya mendistribusikan barang atau jasa dari produsen kepada konsumen dan kegiatan memperkenalkan kepada konsumen (promosi ). Jelasnya bahwa kegiatan memasarkan suatu produk dipengaruhi oleh interaksi dari keempat hal tersebut diatas, dalam buku teks bahasa inggris hal tersebut dinyatakan dengan istilah marketing mix, marketing mix merupakan campuran (mix) yakni interaksi dari empat hal tersebut, yaitu produk (product), harga (price), promosi (promotion) dan distribusi (place). Masing-masing variabel tersebut berinteraksi satu sama lain guna menciptakan suatu permintaan terhadap barang atau jasa yang ditawarkan memberikan manfaat, diterima baik oleh konsumen yang pada ujungnya pelanggan akan menjadi loyal
    4. Efektifitas pemasaran sosial sangat bergantung pada?.......... dan mengapa hal tersebut sangat diperlukan?.............
    Jawab :
    Pemasaran Sosial o Pemasaran sosial dapat diartikan sebagai perancangan, penerapan, dan pengendalian program yang ditujukan untuk meningkatkan penerimaan suatu gagasan atau praktik tertentu pada suatu kelompok sasaran. o Pemasaran sosial adalah penerapan konsep dan teknik pemasaran untuk mendapatkan manfaat sosial. o Penggunaan prinsip dan teknik pemasaran untuk masalah sosial, ide atau perilaku

    BalasHapus
    Balasan
    1. 5. Perhatikan 10 faktor penentu dalam pemasaran sosial. Dari berbagai fenomena yang ada sekarang ini, belum banyak program yang memenuhi 10 faktor tersebut. Bagaimana kita bisa meningkatkannya supaya dapat memenuhi kesepuluh faktor tsb?
      Jawab :
      FAKTOR PENENTU DALAM PEMASARAN SOSIAL
      kita bisa meningkatkannya supaya dapat memenuhi kesepuluh dengan melaksanakan sepuluh factor tersebt sebagai berikut Ada beberapa faktor yang menetukan keberhasilan pemasaran sosial, yaitu;
      1. Manajemen
      Sangat diperlukan dalam pemasaran sosial
      2. Konsumen
      Adalah setiap orang pemakai barang dan/atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan. Dan orientasi sepenuhnya pada konsumen
      3. Kelompok Sasaran.
      Semua program komunikasi yang berhasil menunjukan bahwa pesan – pesan ditujukan langsung kepada kelompok sasaran teretentu
      4. Identitas
      Produk atau pelayanan yang dipromosikan harus memilih identitas yang jelas dan tegas
      5. Manfaat
      Produk atau pelayanan yang dipromosikan sebagai sesuatu yang memberikan manfaat atau keuntungan yang jelas dan nyata
      6. Biaya
      Pemasaran yang baik harus mempertimbangkan agar produk pelayanan yang dipasarkan bisa dijangkau konsumen.
      7. Ketersediaan
      sudah tentu tidak satu promosi punk akan berhasil bila produk atau pelayanan yang dipromosikan tidak bisa diperbolehkan.
      8. Saluran Komunikasi
      Manajer pemasaran harus berusaha agar pesan disampaikan kepada kelompok sasaran melalui komunikasi yang dapat dipercaya.
      9. Pemantauan dan Perbaikan
      Sistem pemantauan merupakan bagian dari pendekatan pemasaran sosial. Dan pemantauan dilakukan untuk mengetahui apakah semua unsur komunikasi sudah dilaksanakan sesuai dengan rencana dan perbaikan kiranya diperlukan.
      10. Evaluasi
      Komponen evaluasi diperlukan bagi semua kegiatan agar dampak dan hasil yang dicapai bisa diketahui. Dan penilitian evaluasi dilaksanakan untuk memperoleh hasil kuantitatif.

      Hapus
    2. Anda hrs lebih cermat lg dlm memahami pertanyaan, dan baca dengan baik materi yg diberikan.
      Silahkan cek kembali, sblm limit wktu

      Hapus
  3. 1. Jelaskan mengapa pemasaran sosial lebih rumit!

    Pemasaran sosial adalah suatu proses untuk membuat rancangan, implementasi, dan pengawasan program yang ditujukan untuk meningkatkan penerimaan gagasan sosial atau perilaku pada suatu kelompok sasaran (Philip Kotler).
    1) penggunaan produk sosial biasanya lebih rumit dari pada produk komersial, misal penggunaan oralit tidak semudah minum coca-cola,
    2) produk sosial sering kali kontroversial,
    3) keuntungan produk sosial tidak cepat dirasakan,
    4) saluran distribusi untuk produk-produk sosial lebih sulit dikontrol karena biasanya menyangkut banyak pihak,
    5) konsumen pada umumnya tidak mampu, rawan terhadap penyakit dan berpendidikan rendahPemasaran sosial dalam program-program kesehatan internasional berperan dalam penjualan komoditi dan gagasan atau prilaku.

    2. Jelaskan mengapa pemasaran sosial menjadikan konsumen sebagai sasaran (orientasi) bukan pada produk!

    Karena Pemasaran sosial memiliki tujuan mengubah kebiasaan dari konsumen. Konsumen yang dimaksudkan adalah masyarakat secara umum. Pemasaran social mencoba untuk mengubah kebiasaan yang negatif menjadi positif. Oleh karena itu keberhasilan dari sebuah pemasaran sosial terlihat apabila telah berubahnya pola kebiasaan dari masyarakat yang negatif menjadi positif. konsumen mendapatkan pengetahuan dimana hal tersebut nantinya akan mengubah kebiasaan yang negatif dari konsumen. Pemasar membangun pengetahuan dalam diri konsumen sehingga konsumen tergerak untuk berubah untuk tidak memiliki kebiasaan yang negatif lagi.

    3. Apa itu unsur “1C4P” dalam marketing mix?

    1C4P yaitu unsur yang saling berkaitan antara peran konsumen dan sasaranya keempat unsur itu adalah (Consumer, Product, Price, Promotion, Place). Keempat unsur tersebut harus dikembangkan dan dikelola secara terpadu sebagai suatu kesatuan, yang disebut bauran pemasaran atau marketing mix.

    4. Efektifitas pemasaran sosial sangat bergantung pada? (Consumer, Product, Price, Promotion, Place) dan mengapa hal tersebut sangat diperlukan ? Karena Promosi dilakukan dengan tema pokok yang mengikat semua unsur pemasaran. Jadi, unsur promosi ini tidak lepas dari unsur produk, harga dan tempat, karena ketiga unsur tersebut harus dapat membangun citra produk yang tentu saja harus sejalan dengan citra diri konsumen. Promosi harus dapat merangsang telinga dan mata, dapat dipercaya dan dapat diterima dengan rasa dan akal. Selain itu, promosi tidak dapat dilaksanakan secara serentak, harus ada prioritas, misalnya tahap pertama bersifat memberi informasi, tahap kedua bersifat motivasi, dan tahap ketiga memperkuat atau kemungkinan lainnya.


    5. Perhatikan 10 faktor penentu dalam pemasaran sosial. Dari berbagai fenomena yang ada sekarang ini, belum banyak program yang memenuhi 10 faktor tersebut. Bagaimana kita bisa meningkatkannya supaya dapat memenuhi kesepuluh faktor tsb?

    Cara meningkatkan 10 faktor tersebut dengan adanya Team Work yang solid dan jobdesk yang jelas dalam sebuah tim.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan bila anda ingin mengecek dan membaca ulang dgn cermat materi yg diberikan.

      Hapus
    2. maaf bu saya mau menabahkan jawaban saya no 3 1 C 4 P yang Consumer, produk (product), harga (price), promosi (promotion) dan distribusi (place), pertanyaan Jelasnya bahwa kegiatan memasarkan suatu produk dipengaruhi oleh interaksi dari keempat hal tersebut diatas, dalam buku teks bahasa inggris hal tersebut dinyatakan dengan istilah marketing mix, marketing mix merupakan campuran (mix) yakni interaksi dari empat hal tersebut, yaitu produk (product), harga (price), promosi (promotion) dan distribusi (place).

      Hapus
  4. 1. Jelaskan mengapa pemasaran sosial lebih rumit!
    Jawab :
    Penggunaan produk sosial biasanya lebih rumit daripada produk komersial, misalnya menggunakan oralit tidak semudah minum coca-cola.
    Produk sosial hasilnya tidak cepat dirasakan.
    Saluran distribusi untuk produk-produk sosial lebih sulit dikontrol karena biasanya menyangkut banyak pihak. Konsumen pada umumnya tidak mampu, atau rawan terhadap penyakit, dan berpendidikan rendah.

    2. Jelaskan mengapa pemasaran sosial menjadikan konsumen sebagai sasaran (orientasi) bukan pada produk!
    Jawab :
    Konsumen menjadi titik tolak suatu proses yang mempunyai empat unsur;Consumer, Product, Price, Promotion, Place. Keempat unsur tersebut harus dikembangkan dan dikelola secara terpadu sebagai suatu kesatuan.
    Konsumen atau pengguna bukan hanya merupakan sasaran pokok, tetapi juga sebagai pengukur apakah kegiatan yang dilaksanakan cocok, diminati dan berhasil. Konsumen secara sistematis dimintai saran sepanjang proses pemasaran sosial, memberikan data untuk menentukan strategi pemasaran. Stategi sasaran adalah suatu proses mengelompokkan sasaran ke dalam sub-sub kelompok yang lebih homogen yang memiliki kesamaan kebutuhan atau kesamaan karakter

    3. Apa itu unsur “1C4P” dalam marketing mix?
    Jawab :
    strategi pemasaran untuk menciptakan permintaan melalui Loyalitas konsumen dipengaruhi oleh barang atau jasa yang dibutuhkan konsumen, harga barang atau jasa, upaya mendistribusikan barang atau jasa dari produsen kepada konsumen dan kegiatan memperkenalkan kepada konsumen (promosi ). Jelasnya bahwa kegiatan memasarkan suatu produk dipengaruhi oleh interaksi dari keempat hal tersebut diatas, dalam buku teks bahasa inggris hal tersebut dinyatakan dengan istilah marketing mix, marketing mix merupakan campuran (mix) yakni interaksi dari empat hal tersebut, yaitu produk (product), harga (price), promosi (promotion) dan distribusi (place). Masing-masing variabel tersebut berinteraksi satu sama lain guna menciptakan suatu permintaan terhadap barang atau jasa yang ditawarkan memberikan manfaat, diterima baik oleh konsumen yang pada ujungnya pelanggan akan menjadi loyal

    4. Efektifitas pemasaran sosial sangat bergantung pada?.......... dan mengapa hal tersebut sangat diperlukan?.............
    Jawab :
    Efektifitas pemasaran sosial sangat bergantung pada .konsumen hal ini dikarenakan konsumen merupakan Konsumen atau pengguna bukan hanya merupakan sasaran pokok, tetapi juga sebagai pengukur apakah kegiatan yang dilaksanakan cocok, diminati dan berhasil. Konsumen secara sistematis dimintai saran sepanjang proses pemasaran sosial, memberikan data untuk menentukan strategi pemasaran.

    5. Perhatikan 10 faktor penentu dalam pemasaran sosial. Dari berbagai fenomena yang ada sekarang ini, belum banyak program yang memenuhi 10 faktor tersebut. Bagaimana kita bisa meningkatkannya supaya dapat memenuhi kesepuluh faktor tsb?
    Jawab :
    1. Manajemen
    2. Konsumen
    3. Kelompok Sasaran.
    4. Identitas
    5. Manfaat
    6. Biaya
    7. Ketersediaan
    8. Saluran Komunikasi
    9. Pemantauan dan Perbaikan
    10. Evaluasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cermati materi dan pahami pertanyaan yg ada. Silahkan dibaca kembali.

      Hapus
    2. Jwbn anda no 3 mutlak sm dgn laili hidayati, satria tulus budi. Hny copas atw bgmn?

      Hapus
    3. Perbaikan Untuk Jawaban Nomor 5 :
      Jawab :
      untuk meningkatkan supaya dapat memenuhi kesepuluh faktor tersebut adalah dengan Upaya melakukan untuk meningkatkan pemasaran sosial yaitu kita harus memperbaiki segala kekurangan yang ada, hal ini dilakukan setelah adanya evaluasi. Semua hasil evaluasi harus dilaksanakan yang apabila dalam suatu kegiatan pemasaran ada kekurangan maka harus dilakukan pengembangan dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.

      Hapus
  5. 1. Pemasaran sosial lebih rumit karena pemasaran sosial merupakan kegiatan komplit atau sebagai kegiatan yang direncanakan, dan diorganisasikan yang meliputi pendistribusian , penetapan harga dan dilakukan pengawasan terhadap kebijakan-kebijakan yang telah dibuat yang tujuannya untuk mendapatkan tempat dipasar agar tujuan utama dari pemasaran dapat tercapai.

    2. Mengapa pemasaran sosial menjadikan konsumen sebagai sasaran (orientasi) bukan pada produk karena konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan/atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan.

    3. Unsur “1C4P” dalam marketing mix adalah Consumer, Product, Price, Promotion, Place yang dapat dipakai sebagai dasar untuk menetapkan suatu strategi dalam usaha untuk mendapatkan posisi yang kuat di pasar. Tetapi dalam pelaksanannya, bauran pemasaran atau marketing mix tersebut harus dapat disesuaikan dengan kondisi yang ada atau bersifat fleksibel.

    4. Efektivitas pemasaran Sosial sangat tergantung pada komunikasi, karena dengan adanya komunikasi yang baik dan benar dapat terjalin hubungan dan pengertian yang lebih baik sehingga dapat mendorong serta memberi motivasi kepada konsumen untuk mengerti perlunya perubahan kearah yang positif/ baik/ sehat.

    5. Cara agar kita bisa meningkatkan program supaya dapat memenuhi kesepuluh faktor tersebut adalah dengan dimulai dari tahap perencanaan yang sesuai dengan tujuan yang akan dicapai. Dengan mengacu pada pencapaian tujuan suatu program kesepuluh faktor tersebut akan dapat dipenuhi. Selain itu, tahap manajemen (pengaturan) program juga sangat penting, agar program selalu terarah pada tujuan yang ingin dicapai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trims.. silahkan cermati kembali materi n pertanyaan, bila anda ingin melengkapi jwbn. Trims

      Hapus
  6. 1. karena Pada pemasaran sosial, Penggunaan produk sosial biasanya lebih rumit daripada produk komersial, misalnya menggunakan oralit tidak semudah minum coca-cola, Produk sosial hasilnya tidak cepat dirasakan, Saluran distribusi untuk produk-produk sosial lebih sulit dikontrol karena biasanya menyangkut banyak pihak, dan Konsumen pada umunya tidak mampu, atau rawan terhadap penyakit, berpendidikan rendah.

    2. Karena konsumen merupakan titik tolak atau tolak ukur utama suatu proses yang mempunyai empat unsur; Consumer, Product, Price, Promotion, Place. Keempat unsur tersebut harus dikembangkan dan dikelola secara terpadu sebagai suatu kesatuan. Konsumen atau pengguna juga bukan hanya merupakan sasaran pokok, tetapi juga sebagai pengukur apakah kegiatan yang dilaksanakan cocok, diminati dan berhasil. Konsumen secara sistematis dimintai saran sepanjang proses pemasaran sosial, memberikan data untuk menentukan strategi pemasaran.
    Stategi sasaran adalah suatu proses mengelompokkan sasaran ke dalam sub-sub kelompok yang lebih homogen yang memiliki kesamaan kebutuhan atau kesamaan karakter.

    3. 1C4P adalah Keempat unsur tersebut harus dikembangkan dan dikelola secara terpadu sebagai suatu kesatuan, yang disebut bauran pemasaran atau marketing mix. Dan apabila dari 4 unsur tersebut hilang maka sulit terciptanya suatu pemasaran yang optimal.

    4. Efektifitas pemasaran sosial sangat bergantung pada? Konsumen dan mengapa hal tersebut sangat diperlukan? Karena konsumen merupakan sasaran pokok, tetapi juga sebagai pengukur apakah kegiatan yang dilaksanakan cocok, diminati dan berhasil. Konsumen secara sistematis dimintai saran sepanjang proses pemasaran sosial, memberikan data untuk menentukan strategi pemasaran.

    5.Dengan cara membentuk suatu organisasi yang memiliki tujuan yang sama dan mampu menjalankan dan menyeimbangkan 10 faktor penentu tersebut dengan baik

    BalasHapus
  7. 1. Jelaskan mengapa pemasaran sosial lebih rumit!
    Pemasaran sosial merupakan strategi untuk menjual gagasan dalam rangka mengubah sebuah masyarakat, terutama dalam manajemen yang mencakup analisis, perencanaan, implementasi, dan pengawasan. Dan juga proses sosial, dimana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan, dan mereka inginkan dengan menciptakan dan mempertahankan produk dan nilai dengan individu dan kelompok lainnya.
    Pemasaran sosial menggunakan teknis analisis yang sama; riset pasar, pengembangan produk, penentuan harga, keterjangkauan, dan promosi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemasaran sosial adalah penerapan konsep dan teknik pemasaran untuk mendapatkan manfaat sosial.
    a. Penggunaan produk sosial biasanya lebih rumit daripada produk komersial, misalnya menggunakan oralit tidak semudah minum coca-cola
    b. Produk sosial hasilnya tidak cepat dirasakan
    c. Saluran distribusi untuk produk-produk sosial lebih sulit dikontrol karena biasanya menyangkut banyak pihak.
    d. Konsumen pada umunya tidak mampu, atau rawan terhadap penyakit, berpendidikan rendah.

    2. Jelaskan mengapa pemasaran sosial menjadikan konsumen sebagai sasaran (orientasi) bukan pada produk!
    Konsumen atau pengguna bukan hanya merupakan sasaran pokok, tetapi juga sebagai pengukur apakah kegiatan yang dilaksanakan cocok, diminati dan berhasil. Konsumen secara sistematis dimintai saran sepanjang proses pemasaran sosial, memberikan data untuk menentukan strategi pemasaran.

    3. Apa itu unsur “1C4P” dalam marketing mix?
    - Consumer (Konsumen)
    Konsumen atau pengguna bukan hanya merupakan sasaran pokok, tetapi juga sebagai pengukur apakah kegiatan yang dilaksanakan cocok, diminati dan berhasil.
    a. Product
    Produk merupakan elemen yang paling penting. sebab dengan inilah perusahaan berusaha untuk memenuhi "kebutuhan dan keinginan" dari konsumen. namun keputusan itu tidak berdiri sebab produk/jasa sangat erat hubungannya dengan target market yang dipilih.
    b. Price
    Setiap perusahaan selalu mengejar keuntungan guna kesinambungan produksi. Keuntungan yang diperoleh ditentukan pada penetapan harga yang ditawarkan. Harga suatu produk atau jasa ditentukan pula dari besarnya pengorbanan yang dilakukan untuk menghasilkan jasa tersebut dan laba atau keuntungan yang diharapkan.
    c. Place
    Setelah perusahaan berhasil menciptakan barang atau jasa yang dibutuhkan dan menetapkan harga yang layak, tahap berikutnya menentukan metode penyampaian produk/jasa ke pasar melalui rute-rute yang efektif hingga tiba pada tempat yang tepat, dengan harapan produk/jasa tersebut berada ditengah-tengah kebutuhan dan keinginan konsumen yang haus akan produk/jasa tersebut.
    d. Promotion
    Aspek ini berhubungan dengan berbagai usaha untuk memberikan informasi pada pasar tentang produk/jasa yang dijual, tempat dan saatnya. Ada beberapa cara menyebarkan informasi ini, antara lain periklanan (advertising), penjualan pribadi (Personal Selling), Promosi penjualan (Sales Promotion) dan Publisitas (Publicity)
    Itu merupakan satu kesatuan yang harus dipadukan dan dikerjakan saling berkesinambungan untuk mendapatkan hasil yang baik

    4. Efektifitas pemasaran sosial sangat bergantung pada?.......... dan mengapa hal tersebut sangat diperlukan?.............
    Efektivitas pemasaran sangat tergantung pada efektivitas komunikasi, karena pada dasarnya promosi adalah komunikasi. Komunikasi dilakukan untuk mempromosikan keunggulan dan membujuk konsumen atau kelompok sasaran untuk menggunakan produk yang ditawarkan. Produk yang menarik harus berjumlah cukup, dan harus disertai komunikasi yang berkesinambungan dan terarah untuk memberikan informasi, motivasi kepada konsumen.

    5. Perhatikan 10 faktor penentu dalam pemasaran sosial. Dari berbagai fenomena yang ada sekarang ini, belum banyak program yang memenuhi 10 faktor tersebut. Bagaimana kita bisa meningkatkannya supaya dapat memenuhi kesepuluh faktor tsb?
    yaitu dengan cara kita membentuk suatu tim untuk meningkatkan pemasaran dan membuat rencana kerja sesuai faktor faktor tersebut

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. 1.jelaskan mengapa pemasaran sosial lebih rumit?
    Salah satu bentuk operasionalisasi Pemasaran sosial adalah suatu proses untuk membuat rancangan, implementasi, dan pengawasan program yang ditujukan untuk meningkatkan penerimaan gagasan sosial atau perilaku pada suatu kelompok sasaran (Philip Kotler).
    Dalam pemasaran sosial produk yang dijual (dipasarkan) adalah produk sosial atau produk yang cecara sosial bermanfaat, yakni :’prilaku baru’. Produk sosial berbeda dengan produk komersial dalam arti :
    · produk sosial lebih rumit penggunaannya dibanding dengan produk komersial
    · produk sosial sering lebih kontraversial
    · keuntungan produk sosial tidak cepat dirasakan
    · saluran distribusi produk sosial lebih sukar digunakan dan di control
    · pasar produk sosial sukar dianalisis
    · ukuran keberhasilan “penjualan” atau adopsi produk sosial lebih berat dari produk komersial

    2. Jelaskan mengapa pemasaran sosial menjadikan konsumen sebagai sasaran (orientasi) bukan pada produk:
    dikarnakan . Konsumen menjadi titik tolak suatu proses yang mempunyai empat unsur;Consumer, Product, Price, Promotion, Place. Keempat unsur tersebut harus dikembangkan dan dikelola secara terpadu sebagai suatu kesatuan.
    Konsumen atau pengguna bukan hanya merupakan sasaran pokok, tetapi juga sebagai pengukur apakah kegiatan yang dilaksanakan cocok, diminati dan berhasil. Konsumen secara sistematis dimintai saran sepanjang proses pemasaran sosial, memberikan data untuk menentukan strategi pemasaran.
    Stategi sasaran adalah suatu proses mengelompokkan sasaran ke dalam sub-sub kelompok yang lebih homogen yang memiliki kesamaan kebutuhan atau kesamaan karakter.

    3.Apa itu unsur “1C4P” dalam marketing mix?
    yaitu unsur yang saling berkaitan antara peran konsumen dan sasaranya keempat unsur itu adalah (Consumer, Product, Price, Promotion, Place). Keempat unsur tersebut harus dikembangkan dan dikelola secara terpadu sebagai suatu kesatuan, yang disebut bauran pemasaran atau marketing mix.

    4. Efektifitas pemasaran sosial sangat bergantung pada?(.konsumen) dan mengapa hal tersebut sangat diperlukan?...dikarnakan konsumen merupakan Konsumen atau pengguna bukan hanya merupakan sasaran pokok, tetapi juga sebagai pengukur apakah kegiatan yang dilaksanakan cocok, diminati dan berhasil. Konsumen secara sistematis dimintai saran sepanjang proses pemasaran sosial, memberikan data untuk menentukan strategi pemasaran.

    5. Perhatikan 10 faktor penentu dalam pemasaran sosial. Dari berbagai fenomena yang ada sekarang ini, belum banyak program yang memenuhi 10 faktor tersebut. Bagaimana kita bisa meningkatkannya supaya dapat memenuhi kesepuluh faktor tsb?
    ke 10 faktor tersebuat adalah 1) Manajemen
    2) Konsumen
    3) Kelompok Sasaran
    4) Identitas
    5) Manfaat
    6) Biaya
    7) Ketersediaan
    8) Saluran Komunikasi
    9) Pemantauan dan Perbaikan
    10) Evaluasi
    yaitu dengan cara kita membentuk tim untuk meningkatkan pemasaran sehingga dapat kita tingkatkan dan juga kita turun lansung untuk mengerjakanya dan mengontrol sistem tersebut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jwbn anda no 5 mutlak sm persis dgn Subangun (Gara shinio). Jd kesimpulannya siapa mencontek siapa??

      Hapus
  10. 1. Jelaskan mengapa pemasaran sosial lebih rumit!
    di karenakan Kegiatan pemasar untuk menjalankan usaha (profit dan nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang dan jasa, mendistribusikan, mempromosikan melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan pemasaran

    2.Jelaskan mengapa pemasaran sosial menjadikan konsumen sebagai sasaran (orientasi) bukan pada produk,?
    Konsumen menjadi titik tolak suatu proses yang mempunyai empat unsur;Consumer, Product, Price, Promotion, Place. Keempat unsur tersebut harus dikembangkan dan dikelola secara terpadu sebagai suatu kesatuan
    Konsep produk. Menyatakan bahwa konsumen menyukai produk yang menawarkan kualitas, kinerja, fitur yang inovatif yang terbaik. Berdasarkan konsep ini, strategi pemasaran berfokus pada perbaikan produk yang berkelanjutan.

    3.Apa itu unsur “1C4P” dalam marketing mix?
    Marketing Mix
    strategi pemasaran untuk menciptakan permintaan melalui Loyalitas konsumen dipengaruhi oleh barang atau jasa yang dibutuhkan konsumen, harga barang atau jasa, upaya mendistribusikan barang atau jasa dari produsen kepada konsumen dan kegiatan memperkenalkan kepada konsumen (promosi ). Jelasnya bahwa kegiatan memasarkan suatu produk dipengaruhi oleh interaksi dari keempat hal tersebut diatas, dalam buku teks bahasa inggris hal tersebut dinyatakan dengan istilah marketing mix, marketing mix merupakan campuran (mix) yakni interaksi dari empat hal tersebut, yaitu produk (product), harga (price), promosi (promotion) dan distribusi (place). Masing-masing variabel tersebut berinteraksi satu sama lain guna menciptakan suatu permintaan terhadap barang atau jasa yang ditawarkan memberikan manfaat, diterima baik oleh konsumen yang pada ujungnya pelanggan akan menjadi loyal

    4.Efektifitas pemasaran sosial sangat bergantung pada?.......... dan mengapa hal tersebut sangat diperlukan?.............
    Efektifitas pemasaran sosial sangat bergantung pada? (Consumer, Product, Price, Promotion, Place) dan mengapa hal tersebut sangat diperlukan ? Karena Promosi dilakukan dengan tema pokok yang mengikat semua unsur pemasaran. Jadi, unsur promosi ini tidak lepas dari unsur produk, harga dan tempat, karena ketiga unsur tersebut harus dapat membangun citra produk yang tentu saja harus sejalan dengan citra diri konsumen. Promosi harus dapat merangsang telinga dan mata, dapat dipercaya dan dapat diterima dengan rasa dan akal. Selain itu, promosi tidak dapat dilaksanakan secara serentak, harus ada prioritas, misalnya tahap pertama bersifat memberi informasi, tahap kedua bersifat motivasi, dan tahap ketiga memperkuat atau kemungkinan lainnya

    5.Perhatikan 10 faktor penentu dalam pemasaran sosial. Dari berbagai fenomena yang ada sekarang ini, belum banyak program yang memenuhi 10 faktor tersebut.
    1. Manajemen
    2. Konsumen
    3. Kelompok Sasaran.
    4. Identitas
    5. Manfaat
    6. Biaya
    7. Ketersediaan
    8. Saluran Komunikasi
    9. Pemantauan dan Perbaikan
    10. Evaluasi
    dan cara meningkat kan agar memenuhi kesepuluh faktor tersebut
    Cara meningkatkan 10 faktor tersebut dengan adanya Team Work yang solid dan jobdesk yang jelas dalam sebuah tim.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jwbn anda no 3 mutlak sm dgn laili hidayati, agus suparwi. Hny copas atw bgmn?

      Hapus
    2. Jwbn anda no 5 mutlak sm dgn utami zubaidah, citra meilestari. Hsl contek, copas, atw bgmn?

      Hapus
  11. 1. Jelaskan mengapa pemasaran sosial lebih rumit!
    jawab:o Pemasaran sosial dapat diartikan sebagai perancangan, penerapan, dan pengendalian program yang ditujukan untuk meningkatkan penerimaan suatu gagasan atau praktik tertentu pada suatu kelompok sasaran. o Pemasaran sosial adalah penerapan konsep dan teknik pemasaran untuk mendapatkan manfaat sosial. o Penggunaan prinsip dan teknik pemasaran untuk masalah sosial, ide atau perilaku o Penggunaan produk sosial biasanya lebih rumit daripada produk komersial, misalnya menggunakan oralit tidak semudah minum coca-cola. obiasanya lebih rumit daripada produk komersial, misalnya menggunakan oralit tidak semudah minum coca-cola. o Produk sosial hasilnya tidak cepat dirasakan. o Saluran distribusi untuk produk-produk sosial lebih sulit dikontrol karena biasanya menyangkut banyak pihak. o Konsumen pada umumnya tidak mampu, atau rawan terhadap penyakit, dan berpendidikan rendah.

    2.Jelaskan mengapa pemasaran sosial menjadikan konsumen sebagai sasaran (orientasi) bukan pada produk!
    Karena konsumen merupakan titik tolak atau tolak ukur utama suatu proses yang mempunyai empat unsur; Consumer, Product, Price, Promotion, Place. Keempat unsur tersebut harus dikembangkan dan dikelola secara terpadu sebagai suatu kesatuan. Konsumen atau pengguna juga bukan hanya merupakan sasaran pokok, tetapi juga sebagai pengukur apakah kegiatan yang dilaksanakan cocok, diminati dan berhasil. Konsumen secara sistematis dimintai saran sepanjang proses pemasaran sosial, memberikan data untuk menentukan strategi pemasaran.
    Stategi sasaran adalah suatu proses mengelompokkan sasaran ke dalam sub-sub kelompok yang lebih homogen yang memiliki kesamaan kebutuhan atau kesamaan karakter.

    3. Apa itu unsur “1C4P” dalam marketing mix?

    1C4P yaitu unsur yang saling berkaitan antara peran konsumen dan sasaranya keempat unsur itu adalah (Consumer, Product, Price, Promotion, Place). Keempat unsur tersebut harus dikembangkan dan dikelola secara terpadu sebagai suatu kesatuan, yang disebut bauran pemasaran atau marketing mix.

    4. Efektifitas pemasaran sosial sangat bergantung pada?(.konsumen) dan mengapa hal tersebut sangat diperlukan?...dikarnakan konsumen merupakan Konsumen atau pengguna bukan hanya merupakan sasaran pokok, tetapi juga sebagai pengukur apakah kegiatan yang dilaksanakan cocok, diminati dan berhasil. Konsumen secara sistematis dimintai saran sepanjang proses pemasaran sosial, memberikan data untuk menentukan strategi pemasaran.

    5. Perhatikan 10 faktor penentu dalam pemasaran sosial. Dari berbagai fenomena yang ada sekarang ini, belum banyak program yang memenuhi 10 faktor tersebut. Bagaimana kita bisa meningkatkannya supaya dapat memenuhi kesepuluh faktor tsb?
    Cara meningkatkan 10 faktor tersebut dengan adanya Team Work yang solid dan jobdesk yang jelas dalam sebuah tim.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jwbn anda no 5 sm mutlak dgn Utami Zubaidah. Jd kesimpulannya siapa mencontek siapa??

      Hapus
  12. 1. Jelaskan mengapa pemasaran sosial lebih rumit!
    Karena biasanya ditujukan untuk meningkatkan penerimaan suatu gagasan atau praktik tertentu pada suatu kelompok sasaran sehingga tidak mudah bagi seseorang untuk cepat menerima gagasan tersebut, hasilnya tidak cepat dirasakan, s saluran distribusi untuk produk-produk sosial lebih sulit dikontrol karena biasanya menyangkut banyak pihak, konsumen pada umunya tidak mampu, atau rawan terhadap penyakit, berpendidikan rendah.
    2. Jelaskan mengapa pemasaran sosial menjadikan konsumen sebagai sasaran (orientasi) bukan pada produk! Karena Pemasaran sosial memiliki tujuan mengubah kebiasaan dari konsumen. Konsumen yang dimaksudkan adalah masyarakat secara umum, karena bentuk Produk tidak selalu berbentuk benda nyata yang dapat dilihat dan diraba seperti kapsul vitamin A, tablet besi, dan bahan lainnya. Produk dapat pula berupa pelayanan kesehatan seperti penimbangan balita, pemeriksaan kehamilan, imunisasi, atau juga dalam bentuk ide/gagasan seperti berhenti merokok, kesegaran jasmani, jantung sehat dan lainnya.
    3. Apa itu unsur “1C4P” dalam marketing mix? yaitu unsur yang saling berkaitan antara peran konsumen dan sasaranya. keempat unsur itu adalah (Consumer, Product, Price, Promotion, Place). Keempat unsur tersebut harus dikembangkan dan dikelola secara terpadu sebagai suatu kesatuan, yang disebut bauran pemasaran atau marketing mix.
    4. Efektifitas pemasaran sosial sangat bergantung pada? konsumen dan mengapa hal tersebut sangat diperlukan? dikarnakan konsumen merupakan Konsumen atau pengguna bukan hanya merupakan sasaran pokok, tetapi juga sebagai pengukur apakah kegiatan yang dilaksanakan cocok, diminati dan berhasil. Konsumen secara sistematis dimintai saran sepanjang proses pemasaran sosial, memberikan data untuk menentukan strategi pemasaran..............

    5. Perhatikan 10 faktor penentu dalam pemasaran sosial. Dari berbagai fenomena yang ada sekarang ini, belum banyak program yang memenuhi 10 faktor tersebut. Bagaimana kita bisa meningkatkannya supaya dapat memenuhi kesepuluh faktor tsb? yaitu dengan cara kita membentuk tim untuk meningkatkan pemesaran sehingga dapat kita tingkatkan dan juga kita turun lansung untuk mengerjakanya dan mengontrol sistem tersebut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jwbn anda no 5 mutlak sm dgn subangun kertanegara, khusnul chotimah . Hny copas atw bgmn?

      Hapus
  13. 1. Jelaskan mengapa pemasaran sosial lebih rumit!
    Hal ini dikarenakan pada pemasaran sosial menggunakan produk sosial dimana produk sosial yang digunakan biasanya lebih rumit daripada produk komersial, misalnya menggunakan oralit tidak semudah minum coca-cola, Dampak dari produk sosial pada pemasaran sosial hasil yang dirasakan tidak cepat, Saluran distribusi untuk produk-produk sosial lebih sulit dikontrol karena biasanya menyangkut banyak pihak.Konsumen pada umunya tidak mampu, atau rawan terhadap penyakit, berpendidikan rendah.

    2. Jelaskan mengapa pemasaran sosial menjadikan konsumen sebagai sasaran (orientasi) bukan pada produk!
    Hal ini dikarenakan Konsumen pada pemasaran sosial bukan hanya sebagai sasaran pokok akan tetapi konsumen dijadikan tolak ukur suatu pemasaran sosial apakah kegiatan yang dilaksanakan cocok, diminati dan berhasil sehingga nantinya memerlukan strategi yang tepat. Sedangkan produk merupakan suatu benda/ jasa (berupa pelayanan) yang diberikan kepada konsumen yang dapat berubah-rubah sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Kebutuhan dan keinginan tersebut dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor yang sebelumnya harus dilakukan pemantauan sehingga produk harus diubah sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Produk juga bukanlah tolak ukur apakah pemasaran sosial dikatakan berhasil atau tidak.

    3. Apa itu unsur “1C4P” dalam marketing mix?
    1C4P merupakan unsur dalam menentukan titik tolak dalam proses pemasaran yang dikembangkan dan dibaurkan menjadi satu kesatuan secara terpadu, Unsur-unsur tersebut yaitu (Consumer, Product, Price, Place, Promotion).

    4. Efektifitas pemasaran sosial sangat bergantung pada?.......... dan mengapa hal tersebut sangat diperlukan?.............
    Efektivitas pemasaran sangat tergantung pada efektivitas komunikasi, karena pada dasarnya promosi adalah komunikasi. Promosi dapat dilakukan melalui komunikasi massa (TV, radio, koran, dan media cetak) serta komunikasi interpersonal (antar pribadi).

    5. Perhatikan 10 faktor penentu dalam pemasaran sosial. Dari berbagai fenomena yang ada sekarang ini, belum banyak program yang memenuhi 10 faktor tersebut. Bagaimana kita bisa meningkatkannya supaya dapat memenuhi kesepuluh faktor tsb?
    Upaya yang dapat dilakukan dalam meningkatkan pemsaran sosial yaitu kita harus memperbaiki segala kekurangan yang ada, hal ini dilakukan setelah adanya evaluasi. Semua hasil evaluasi harus dilaksanakan yang apabila dalam suatu kegiatan pemasaran ada kekurangan maka harus dilakukan pengembangan dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.

    BalasHapus
  14. 1. Sebab Pada pemasaran sosial, Penggunaan produk sosial biasanya lebih sulit dugunakan daripada produk komersial, misalnya menggunakan obat zink tidak semudah minum sirup , Produk sosial hasilnya tidak cepat dirasakan, Saluran distribusi untuk produk-produk sosial sangat sulit untuk dikontrol karena biasanya menyangkut banyak pihak, dan Konsumen yang menggunakan pada umunya masyarakat yang kurang mampu , dan rentan terhadap penyakit infeksius contohnya TB, DIARE, ,dan biasanya berpendidikan rendah .

    2.disini karena konsumen merupakan titik tolak ukur utama suatu proses yang mempunyai empat unsur; Consumer, Product, Price, Promotion, Place. Keempat unsur tersebut harus dikembangkan dan dikelola secara terpadu sebagai suatu kesatuan. Konsumen atau pengguna juga bukan hanya merupakan sasaran pokok, tetapi juga sebagai pengukur apakah kegiatan yang dilaksanakan sudah baik , diminati dan berhasil. Konsumen secara sistematis dimintai saran sepanjang proses pemasaran sosial, memberikan data untuk menentukan target pemasaran.
    target sasaran adalah suatu proses mengelompokkan sasaran ke dalam sub kelompok yang memiliki kesamaan kebutuhan atau kesamaan karakter.

    3. 1C4P merupakan keempat unsur yang harus dikembangkan dan dikelola secara terpadu sebagai suatu kesatuan, yang disebut gabungan pemasaran atau marketing mix. Dan apabila dari 4 unsur tersebut hilang maka sulit terciptanya suatu pemasaran yang baik .

    4. Efektifitas pemasaran sosial sangat bergantung pada? Konsumen dan mengapa hal tersebut sangat diperlukan? di sini konsumen merupakan sasaran utama , dan juga sebagai pengukur apakah kegiatan yang dilaksanakan baik dan diminati . Konsumen secara sistematis dimintai saran sepanjang proses pemasaran sosial, memberikan data untuk menentukan strategi pemasaran.

    5.Dengan cara membentuk suatu organisasi yang memiliki tujuan yang sama dan mampu menjalankan serta menyeimbangkan 10 faktor penentu dengan baik,Selain itu, tahap manajemen (pengaturan) program juga sangat penting, agar program selalu terarah pada tujuan yang ingin dicapai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jwbn anda no 5, hmpir serupa dgn Nanik Listiawati. Copas kah?

      Hapus
    2. jawab no 5 bu ,, cara kita dengan melihat apa kekurangan yang ada ,untuk meningkatkan kita menkaji 10 faktor dengan cara membentuk kelompok dan secara besama - sama menentukan strategi pemasaran untuk dapat tercapainya keberhasilan, thx perhatianya

      Hapus
  15. 1. Jelaskan mengapa pemasaran sosial lebih rumit!
    Jawab :
    Penggunaan produk sosial biasanya lebih rumit daripada produk komersial, misalnya menggunakan oralit tidak semudah minum coca-cola.
    Produk sosial hasilnya tidak cepat dirasakan.
    Saluran distribusi untuk produk-produk sosial lebih sulit dikontrol karena biasanya menyangkut banyak pihak. Konsumen pada umumnya tidak mampu, atau rawan terhadap penyakit, dan berpendidikan rendah.

    2. Jelaskan mengapa pemasaran sosial menjadikan konsumen sebagai sasaran (orientasi) bukan pada produk!
    Jawab :
    Konsumen menjadi titik tolak suatu proses yang mempunyai empat unsur;Consumer, Product, Price, Promotion, Place. Keempat unsur tersebut harus dikembangkan dan dikelola secara terpadu sebagai suatu kesatuan.
    Konsumen atau pengguna bukan hanya merupakan sasaran pokok, tetapi juga sebagai pengukur apakah kegiatan yang dilaksanakan cocok, diminati dan berhasil. Konsumen secara sistematis dimintai saran sepanjang proses pemasaran sosial, memberikan data untuk menentukan strategi pemasaran. Stategi sasaran adalah suatu proses mengelompokkan sasaran ke dalam sub-sub kelompok yang lebih homogen yang memiliki kesamaan kebutuhan atau kesamaan karakter

    3. Apa itu unsur “1C4P” dalam marketing mix?
    Jawab :
    strategi pemasaran untuk menciptakan permintaan melalui Loyalitas konsumen dipengaruhi oleh barang atau jasa yang dibutuhkan konsumen, harga barang atau jasa, upaya mendistribusikan barang atau jasa dari produsen kepada konsumen dan kegiatan memperkenalkan kepada konsumen (promosi ). Jelasnya bahwa kegiatan memasarkan suatu produk dipengaruhi oleh interaksi dari keempat hal tersebut diatas, dalam buku teks bahasa inggris hal tersebut dinyatakan dengan istilah marketing mix, marketing mix merupakan campuran (mix) yakni interaksi dari empat hal tersebut, yaitu produk (product), harga (price), promosi (promotion) dan distribusi (place). Masing-masing variabel tersebut berinteraksi satu sama lain guna menciptakan suatu permintaan terhadap barang atau jasa yang ditawarkan memberikan manfaat, diterima baik oleh konsumen yang pada ujungnya pelanggan akan menjadi loyal

    4. Efektifitas pemasaran sosial sangat bergantung pada?.......... dan mengapa hal tersebut sangat diperlukan?.............
    Jawab :
    Efektifitas pemasaran sosial sangat bergantung pada .konsumen hal ini dikarenakan konsumen merupakan Konsumen atau pengguna bukan hanya merupakan sasaran pokok, tetapi juga sebagai pengukur apakah kegiatan yang dilaksanakan cocok, diminati dan berhasil. Konsumen secara sistematis dimintai saran sepanjang proses pemasaran sosial, memberikan data untuk menentukan strategi pemasaran.

    5. Perhatikan 10 faktor penentu dalam pemasaran sosial. Dari berbagai fenomena yang ada sekarang ini, belum banyak program yang memenuhi 10 faktor tersebut. Bagaimana kita bisa meningkatkannya supaya dapat memenuhi kesepuluh faktor tsb?
    menurut saya agar ke 10 faktor bisa ditingkatkan adakalanya melakukan langkah-langkah sebagai berikut

    - Menganalisis lingkungan pemasaran sosial
    Langkah pertama proses pengelolaan pemasaran social adalah menganalisis secara dini berkenaan dengan kampanye social yang khusus.

    - Meneliti populasi target adopter
    Perlu dimengerti target adopter berikut kebutuhan-kebutuhannya. Setiap kelompok memiliki karakteristik tertentu dalam menanggapi kampanye social.

    - Merancang tujuan dan strategi pemasaran sosial
    Tujuan pemasaran sosial haruslah spesifik, terukur (measurable) dan dapat dicapai. Seringkali tujuan tidak diungkapkan secara spesifik, dengan demikian akan sulit untuk diukur, misalnya "peningkatan kesejahteraan anak-anak" atau "peningkatan kualitas hidup".

    - Merencanakan program pemasaran sosial
    Setelah strategi dirancang, maka harus disiapkan rincian program social marketing-mix-nya. Elemen-elemen social marketing-mix dari media massa harus selektif dan dikembangkan dalam program yang taktis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jwbn anda no 3 mutlak sm dgn laili hidayati, agus suparwi, satria tulus budi. Hny copas atw bgmn?

      Hapus
  16. 1. Jelaskan mengapa pemasaran sosial lebih rumit!
    Karena pada pemasaran sosial dibuat rancangan, implementasi, dan pengawasan program yang ditujukan untuk meningkatkan penerimaan gagasan sosial atau perilaku pada suatu kelompok sasaran.
    Dalam pemasaran sosial produk yang dijual adalah produk sosial atau produk yang secara sosial bermanfaat, yaitu :’prilaku baru’. Berikut perbedaan antara pemasaran sosial dan pemasaran komersial yaitu sebagai berikut :
    - Keuntungan dalam konsep social marketing ditujukan pada individu, kelompok dan masyarakat sebagai satu kesatuan sedangkan pemasaran komersial keuntungan diutamakan diraih oleh korporasi atau pemegang kuasa (stake holder).
    - Produk yang dijual pada marketing sosial berupaya menjual perubahan perilaku sedangkan marketing komersial produk utamanya menjual barang dan jasa
    - Pada marketing komersial kompetitornya ialah organisasi lain yang menawarkan barang dan jasa yang sama sedang marketing sosial lebih kepada perilaku sebelumnya (yang ingin diubah) ataupun perilaku lain yang lebih disukai. Kemudian adanya perasaan "senang" dan keuntungan melakukan "perilaku" sebelumnya.
    - Perbedaan mendasar antara “pemasaran komersil” dan “pemasaran sosial”, menurut Andreason, adalah pada prinsip “4 P” yang dikenal sebagai marketing mix. Di dunia bisnis “4P”, adalah promotion (promosi), price (harga), product (produk) dan place (tempat). Dalam pemasaran sosial ada dua hal lain yang membuat berbeda, yaitu adanya partnership (kemitraan) dan policy (kebijakan).

    2. Jelaskan mengapa pemasaran sosial menjadikan konsumen sebagai sasaran (orientasi) bukan pada produk!
    Karena konsep pemasaran bertujuan memberikan kepuasan terhadap keinginan dan berorientasi kepada kebutuhan konsumen. Hal ini secara asasi berbeda dengan falsafah bisnis terdahulu yang berorientasi pada produk, dan penjualan.
    Konsumen menjadi titik tolak suatu proses yang mempunyai empat unsur;Consumer, Product, Price, Promotion, Place. Keempat unsur tersebut harus dikembangkan dan dikelola secara terpadu sebagai suatu kesatuan.
    Konsumen atau pengguna bukan hanya merupakan sasaran pokok, tetapi juga sebagai pengukur apakah kegiatan yang dilaksanakan cocok, diminati dan berhasil. Konsumen secara sistematis dimintai saran sepanjang proses pemasaran sosial, memberikan data untuk menentukan strategi pemasaran.

    3. Apa itu unsur “1C4P” dalam marketing mix?
    Consumer, Product, Price, Promotion, Place

    4. Efektifitas pemasaran sosial sangat bergantung pada?.......... dan mengapa hal tersebut sangat diperlukan?.............
    Efektifitas pemasaran sosial sangat bergantung pada konsumen. Hal tersebut sangat diperlukan karena konsumen merupakan Konsumen atau pengguna bukan hanya merupakan sasaran pokok, tetapi juga sebagai pengukur apakah kegiatan yang dilaksanakan cocok, diminati dan berhasil. Konsumen secara sistematis dimintai saran sepanjang proses pemasaran sosial, memberikan data untuk menentukan strategi pemasaran.

    5. Perhatikan 10 faktor penentu dalam pemasaran sosial. Dari berbagai fenomena yang ada sekarang ini, belum banyak program yang memenuhi 10 faktor tersebut. Bagaimana kita bisa meningkatkannya supaya dapat memenuhi kesepuluh faktor tsb?
    Faktor penentu dalam pemasaran sosial yaitu Manajemen, Konsumen, Kelompok Sasaran, Identitas, Manfaat, Biaya, Ketersediaan, Saluran Komunikasi, Pemantauan dan Perbaikan, dan Evaluasi. Untuk memenuhi kesepuluh faktor tersebut dapat dilakukan dengan cara kita membentuk team work untuk meningkatkan pemasaran dengan cara membagi tugas pada setiap bagian team.

    BalasHapus
  17. 1. Jelaskan mengapa pemasaran sosial lebih rumit!

    DIKARNAKAN PEMASARAN SOSIAL (SOCIAL MARKETING):
    Salah satu bentuk operasionalisasi komunikasi kesehatan yang dewasa ini mulai digunakan dalam program kesehatan adalah pemasaran sosial. (Social Marketing). Pemasaran sosial adalah suatu proses untuk membuat rancangan, implementasi, dan pengawasan program yang ditujukan untuk meningkatkan penerimaan gagasan sosial atau perilaku pada suatu kelompok sasaran (Philip Kotler).
    Dalam pemasaran sosial produk yang dijual (dipasarkan) adalah produk sosial atau produk yang cecara sosial bermanfaat, yakni :’prilaku baru’. Produk sosial berbeda dengan produk komersial dalam arti :
    · produk sosial lebih rumit penggunaannya dibanding dengan produk komersial
    · produk sosial sering lebih kontraversial
    · keuntungan produk sosial tidak cepat dirasakan
    · saluran distribusi produk sosial lebih sukar digunakan dan di control
    · pasar produk sosial sukar dianalisis
    · ukuran keberhasilan “penjualan” atau adopsi produk sosial lebih berat dari produk komersial

    2. Jelaskan mengapa pemasaran sosial menjadikan konsumen sebagai sasaran (orientasi) bukan pada produk!
    Hal ini dikarenakan Konsumen pada pemasaran sosial bukan hanya sebagai sasaran pokok akan tetapi konsumen dijadikan tolak ukur suatu pemasaran sosial apakah kegiatan yang dilaksanakan cocok, diminati dan berhasil sehingga nantinya memerlukan strategi yang tepat. Sedangkan produk merupakan suatu benda/ jasa (berupa pelayanan) yang diberikan kepada konsumen yang dapat berubah-rubah sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Kebutuhan dan keinginan tersebut dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor yang sebelumnya harus dilakukan pemantauan sehingga produk harus diubah sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Produk juga bukanlah tolak ukur apakah pemasaran sosial dikatakan berhasil atau tidak.

    3. Apa itu unsur “1C4P” dalam marketing mix? yaitu unsur yang saling berkaitan antara peran konsumen dan sasaranya. keempat unsur itu adalah (Consumer, Product, Price, Promotion, Place). Keempat unsur tersebut harus dikembangkan dan dikelola secara terpadu sebagai suatu kesatuan, yang disebut bauran pemasaran atau marketing mix.

    4.Efektifitas pemasaran sosial sangat bergantung pada?.......... dan mengapa hal tersebut sangat diperlukan?.............
    Efektifitas pemasaran sosial sangat bergantung pada? (Consumer, Product, Price, Promotion, Place) dan mengapa hal tersebut sangat diperlukan ? Karena Promosi dilakukan dengan tema pokok yang mengikat semua unsur pemasaran. Jadi, unsur promosi ini tidak lepas dari unsur produk, harga dan tempat, karena ketiga unsur tersebut harus dapat membangun citra produk yang tentu saja harus sejalan dengan citra diri konsumen. Promosi harus dapat merangsang telinga dan mata, dapat dipercaya dan dapat diterima dengan rasa dan akal. Selain itu, promosi tidak dapat dilaksanakan secara serentak, harus ada prioritas, misalnya tahap pertama bersifat memberi informasi, tahap kedua bersifat motivasi, dan tahap ketiga memperkuat atau kemungkinan lainnya

    5. Perhatikan 10 faktor penentu dalam pemasaran sosial. Dari berbagai fenomena yang ada sekarang ini, belum banyak program yang memenuhi 10 faktor tersebut. Bagaimana kita bisa meningkatkannya supaya dapat memenuhi kesepuluh faktor tsb?
    ke 10 faktor tersebuat adalah 1) Manajemen
    2) Konsumen
    3) Kelompok Sasaran
    4) Identitas
    5) Manfaat
    6) Biaya
    7) Ketersediaan
    8) Saluran Komunikasi
    9) Pemantauan dan Perbaikan
    10) Evaluasi
    yaitu dengan cara kita membentuk tim untuk meningkatkan pemasaran sehingga dapat kita tingkatkan dan juga kita turun lansung untuk mengerjakanya dan mengontrol sistem tersebut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cermati kmbali materi yg diberikan. Jwbn anda no 5 mutlak sm dgn Subangun, khusnul chotimah, cicik kristina. Hny copas atw bgmn jwbn tsb?

      Hapus
    2. maaf bu perbaikan no 5

      Pemasaran Sosial adalah suatu bentuk disiplin untuk mengembangkan kegiatan komunikasi kesehatan. Tujuannya adalah mendapat kata yang tepat dipakai untuk meyakinkan para ibu berbuat seperti yang dianjurkan, tokoh yang dipakai untuk menyampaikan pesan, saluran komunikasi ( langsung dan tidak langsung ), dan bagaimana memanfaatkan saluran komunikasi tersebut sebaik – baiknya.

      Ada beberapa faktor yang menetukan keberhasilan pemasaran sosial, yaitu;
      1. Manajemen
      Sangat diperlukan dalam pemasaran sosial

      2. Konsumen
      Adalah setiap orang pemakai barang dan/atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan. Dan orientasi sepenuhnya pada konsumen
      3. Kelompok Sasaran.
      Semua program komunikasi yang berhasil menunjukan bahwa pesan – pesan ditujukan langsung kepada kelompok sasaran teretentu

      4. Identitas
      Produk atau pelayanan yang dipromosikan harus memilih identitas yang jelas dan tegas

      5. Manfaat
      Produk atau pelayanan yang dipromosikan sebagai sesuatu yang memberikan manfaat atau keuntungan yang jelas dan nyata

      6. Biaya
      Pemasaran yang baik harus mempertimbangkan agar produk pelayanan yang dipasarkan bisa dijangkau konsumen.

      7. Ketersediaan
      sudah tentu tidak satu promosi punk akan berhasil bila produk atau pelayanan yang dipromosikan tidak bisa diperbolehkan.

      8. Saluran Komunikasi
      Manajer pemasaran harus berusaha agar pesan disampaikan kepada kelompok sasaran melalui komunikasi yang dapat dipercaya.


      9. Pemantauan dan Perbaikan
      Sistem pemantauan merupakan bagian dari pendekatan pemasaran sosial. Dan pemantauan dilakukan untuk mengetahui apakah semua unsur komunikasi sudah dilaksanakan sesuai dengan rencana dan perbaikan kiranya diperlukan.

      10. Evaluasi
      Komponen evaluasi diperlukan bagi semua kegiatan agar dampak dan hasil yang dicapai bisa diketahui. Dan penilitian evaluasi dilaksanakan untuk memperoleh hasil kuantitatif.

      Hapus
  18. 1. Jelaskan mengapa pemasaran sosial lebih rumit!
    Karena pada umumnya masyarakat kita lebih menerima pemasaran barang barang komersil (product). Sedangkan pemasaran sosial tidak bersifat komersil dan hanya menerapan konsep dan teknik pemasaran untuk mendapatkan manfaat sosial ( masyarakat ) selain itu juga manfaat pemasaran sosial ini tidak dapat langsung dirasakan pengaruhnya oleh masyarakat. Sehingga pemasaram sosial lebih rumit untuk diterapkan dibandingkan dengan pemasaran komersil.

    2. Jelaskan mengapa pemasaran sosial menjadikan konsumen sebagai sasaran (orientasi) bukan pada produk!
    Orientasi dari pemasaran adalah konsumen. Konsumen menjadi titik tolak suatu proses pemasaran sosial dimana tujuan dari kegiatan ini yaitu mengubah kebiasaan dari konsumen. Konsumen yang dimaksudkan adalah masyarakat secara umum. Konsumen juga diharapkan dapat menjadi pengukur apakah kegiatan yang dilaksanakan cocok, diminati dan berhasil. Konsumen secara sistematis dimintai saran sepanjang proses pemasaran sosial, memberikan data untuk menentukan strategi pemasaran.

    3. Apa itu unsur “1C4P” dalam marketing mix?
    Consumer, Product, Price, Promotion dan Place adalah suatu kesatuan proses yang terpadu dari sistem pemasaran sosial yang harus dikembangkan dan dikelola dengan baik agar dapat membangun citra produk yang dipasarkan. Masing-masing variabel tersebut berinteraksi satu sama lain guna menciptakan suatu permintaan terhadap barang atau jasa yang ditawarkan memberikan manfaat dan dapat diterima baik oleh konsumen.

    4. Efektifitas pemasaran sosial sangat bergantung pada? Promosi
    Mengapa hal tersebut sangat diperlukan? karena Promosi berarti mengkomunikasikan keunggulan dan membujuk konsumen atau kelompok sasaran untuk menggunakan produk yang ditawarkan. Produk yang menarik belumlah cukup, harus disertai komunikasi yang berkesinambungan dan terarah untuk memberikan informasi, motivasi, dan edukasi kepada konsumen. Efektivitas pemasaran sangat tergantung pada efektivitas komunikasi, karena pada dasarnya promosi adalah komunikasi. Promosi dapat dilakukan melalui komunikasi massa (TV, radio, koran, dan media cetak) serta komunikasi interpersonal (antar pribadi).

    Promosi dilakukan dengan tema pokok yang mengikat semua unsur pemasaran. Jadi, unsur promosi ini tidak lepas dari unsur produk, harga dan tempat, karena ketiga unsur tersebut harus dapat membangun citra produk yang tentu saja harus sejalan dengan citra diri konsumen. Promosi harus dapat merangsang telinga dan mata, dapat dipercaya dan dapat diterima dengan rasa dan akal. Selain itu, promosi tidak dapat dilaksanakan secara serentak, harus ada prioritas, misalnya tahap pertama bersifat memberi informasi, tahap kedua bersifat motivasi, dan tahap ketiga memperkuat atau kemungkinan lainnya.


    5. Perhatikan 10 faktor penentu dalam pemasaran sosial. Dari berbagai fenomena yang ada sekarang ini, belum banyak program yang memenuhi 10 faktor tersebut. Bagaimana kita bisa meningkatkannya supaya dapat memenuhi kesepuluh faktor tsb?
    Menurut saya, 10 faktor tersebut tidak terpenuhi dikarenakan langkah langkah dalam mengembangkan kegiatan pemasaran sosial tidak dijalankan. Jadi untuk bisa meningkatkan 10 faktor pemasaran sosial kita harus benar benar menjalankan tahapan kegiatan pemasaran sosial tersebut sehingga tujuan dari pemasaran sosial dapat berhasil.

    BalasHapus
  19. 1. Jelaskan mengapa pemasaran sosial lebih rumit!
    Pemasaran sosial cenderung lebih rumit karena pada pemasaran sosial bukan merupakam pemasaran-pemasaran umumnya, sebagai contoh pada pemasaran oralit, pada pemasaran oralit, kita sebagai pelaku pemasaran oralit harus menerangkan terlebih dahulu apa itu oralit, bagaimana kegunaan, cara pemakaian, dosis pemakaian dan sebagainya, yang semuanya itu tidak umum dilakukan oleh sasaran pemasaran sosial tersebut, sehingga perlu pendekatan-pendekatan yang lebih rumit dalam pemasaran sosial. Selain itu, tingkat pengetahuan konsumen tentang produk-produk sosial itu sangat menentukan prilaku konsumen terhadap produk yang ditawarkan

    2. Jelaskan mengapa pemasaran sosial menjadikan konsumen sebagai sasaran (orientasi) bukan pada produk!
    Konsumen sebagai sasaran (orientasi) dalam pemasaran sosial dikarenakan pada pemasaran sosial, penerapan konsep dan tehnik pemasaran untuk mendapatkan manfaat sosial, sebagai contoh pada pemasaran oralit, sasaran utamanya berorientasi pada konsumen, dalam hal ini masyarakat yang terkena penyakit diare, bukan pada berapa banyaknya produk oralit yang terjual. Dari sasaran konsumen tersebut diharapkan manfaat sosial yang tercapai adalah membaiknya kondisi konsumen yang terkena diare, dan menambah pengetahuan bagi masyarakat akan kegunaan oralit, sehingga akan terbentuk salah satu prilaku hidup sehat tersebut.

    3. Apa itu unsur “1C4P” dalam marketing mix?
    Unsur 1C4P dalam marketing mix adalah Consumer, Product, Price, Promotion, Place
    Consumer adalah pengguna yang bukan hanya merupakan sasaran pokok, tetapi juga sebagai pengukur apakah kegiatan yang dilaksanakan cocok, diminati dan berhasil atau tidak.
    Produk adalah bentuk, dapat berupa barang nyata maupun tidak nyata (tersirat, bersifat jasa ) yang ditawarkan dalam bauran pemasaran yang dikembangkan berdasarkan kebutuhan dan keinginan konsumen dan telah melalui Riset pasar secara berkelanjutan, sejak dari tahap perencanaan, pengembangan produk, penerapan sampai dengan evaluasi.
    Price (harga), harga bukan hanya yang meliputi uang yang harus dibayarkan, tetapi juga hal-hal lain seperti waktu yang dikorbankan, gerakan fisik yang diperlukan, gaya hidup yang harus berubah, atau ketentraman.
    Place (Tempat)ialah lokasi dimana produk dapat diperoleh oleh konsumen. Dan yang terakhir adalah.
    Promotion (Promosi) ialah mengkomunikasikan keunggulan serta mengupayakan konsumen atau kelompok sasaran untuk menggunakan produk yang ditawarkan.
    Dalam sistem pemasaran unsur-unsur diatas dikembangkan dan dikelola secara terpadu sebagai suatu kesatuan, yang disebut bauran pemasaran atau marketing mix.

    BalasHapus
  20. 4. Efektifitas pemasaran sosial sangat bergantung pada efektivitas komunikasi (promosi )
    Mengapa ??? Dikarenakan pada tahap komunikasi (promosi) produk yang ditawarkan, disinilah kita sebagai pelaku pemasaran sosial memberi informasi, motivasi, dan memperkuat tentang pentingnya produk yang ditawarkan terutama dari kemanfaatan sosialnya. Pada promosi juga dilakukan dengan tema pokok yang mengikat semua unsur pemasaran, tidak lepas dari unsur produk, harga dan tempat, yang diharapkan dapat membangun citra produk yang sejalan dengan citra diri konsumen yang dapat merangsang telinga dan mata, dapat dipercaya dan dapat diterima dengan rasa dan akal.

    5. Perhatikan 10 faktor penentu dalam pemasaran sosial. Dari berbagai fenomena yang ada sekarang ini, belum banyak program yang memenuhi 10 faktor tersebut. Bagaimana kita bisa meningkatkannya supaya dapat memenuhi kesepuluh faktor tsb?
    Yang dapat kita lakukan dari faktor manajemen, konsumen dan kelompok sasaran adalah dengan melakukan kerjasama dalam menentukan strategi dalam pemasaran sosial, sebagai contoh pada pemasaran program KB, yang kita lakukan adalah bersama-sama dengan tim menentukan fokus wilayah, strategi pendekatan yang digunakan dan sasaran yang akan dicapai. Dari faktor identitas, manfaat, ketersediaan, saluran komunikasi dan biaya ialah dengan melakukan pemasaran sosial lebih menekankan pada manfaat sosialnya, sebagai contoh pada pemasaran program KB, lebih ditekankan kepada manfaat bagi ibu itu sendiri, keselamatan bayi serta keuntungan program 2 anak cukup baik dari sisi ekonomi keluarga nantinya, hingga kualitas keluarga yang kedepannya. Sedangkan dari faktor pemantauan perbaikan dan evaluasi ialah dengan melakukan evaluasi (pemantauan) berkala dan berjenjang, sebagai contoh pada pemasaran sosial program 3M dan penebaran bubuk abate pada wilayah endemik DBD pada musim penghujan, dapat dilakukan pemantauan secara berkesinambungan dibarengi dengan penyuluhan terkait, sehingga dapat menekan angka kesakitan DBD di wilayah tersebut.

    BalasHapus
  21. 1. Jelaskan mengapa pemasaran sosial lebih rumit!.
    pemasaran sosial lebih rumit karena :
    a. pemasaran Sosial berupa suatu kepercayaan (belief), sikap (attitude), atau nilai (value).
    b. Produk di pemasaran sosial lebih sulit diamati keluarannya (output) karena sering memberikan pemahaman di dalam kesadaran manusia.
    c. Produk sosial lebih kompleks dibandingan produk komersial oleh karena produk komersial dapat fokus pada satu manfaat. Produk sosial mempunyai manfaat lebih banyak, tetapi tidak nampak jelas dan harus tetap dijelaskan efek negatifnya pada masyarakat.
    d. Produk sosial sering kontradiksi dengan nilai atau norma yang ada di masyarakat.
    e. Produk sosial, terutama yang merubah perilaku, sering terdengar negatif dan tidak nyaman dilakukan.

    2.Jelaskan mengapa pemasaran sosial menjadikan konsumen sebagai sasaran (orientasi) bukan pada produk!
    karena pemasaran sosial merupakan aplikasi dari teknik pemasaran bisnis ke dalam analisis, perencanaan, eksekusi, dan evaluasi program-program untuk menjual gagasan dalam rangka mengubah sebuah kebiasaan masyarakat yang meliputi kepercayaan (belief), sikap (attitude), atau nilai (value).

    3. Apa itu unsur “1C4P” dalam marketing mix?
    Marketing Mix adalah suatu strategi marketing yang menekankan bagaimana cara menjual produk seefektif mungkin. Berdasarkan data - data yang diperoleh dan dikumpulkan, baik melalui proses komputerisasi maupun data yang dikoleksi berdasarkan langganan, agar proses penjualan berjalan lancar.
    UNSUR marketing mix:
    1. cosumer (konsumen)
    adalah sasaran pokok dan sebagai pengukur apakah kegiatan yang dilaksanakan cocok, diminati dan berhasil.
    2.Product
    Produk adalah barang atau jasa yang dapat diperjualbelikan.
    3.price (harga)
    Harga adalah sejumlah uang yang dibebankan atas suatu produk atau jasa, atau jumlah dari nilai yang ditukar konsumen atas manfaat - manfaat karena memiliki atau menggunakan produk atau jasa tersebut.
    4.place(tempat)
    Tempat adalah proses yang membuat sebuah produk dapat terdistribusi dan terjangkau oleh pelanggan dengan baik.
    5. Promotion
    Promosi dalam marketing mix meliputi komunikasi pemasaran yang lengkap terpadu yang pada gilirannya meliputi iklan serta promosi penjualan

    4. Efektifitas pemasaran sosial sangat bergantung pada?.......... dan mengapa hal tersebut sangat diperlukan?.............
    bergantung pada konsumen karena konsumen sebagai sasaran pokok dan sebagai alat ukur untuk menentukan strategi pemasaran.

    5. Perhatikan 10 faktor penentu dalam pemasaran sosial. Dari berbagai fenomena yang ada sekarang ini, belum banyak program yang memenuhi 10 faktor tersebut. Bagaimana kita bisa meningkatkannya supaya dapat memenuhi kesepuluh faktor tsb?
    dengan melakukan riset pada pasar (ketersedaan bahan, harga, sasaran konsumen, biaya, saluran komunikasi)untuk menetukan strategi pemasaran. dari hasil riset kita bisa menentukan strategi pemasaran (sasaran konsumen, biaya, saluran komuniksi, biaya, menetukan identitas produk, manfaat produk ) kemudian melakukan uji coba pada pasar, memantau dan mengevaluasi produk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tambahan
      untuk mencapai keberhasilan dari apa yang sudah dilakukan diperlukan kerjasama antar tim , yaitu antar pemegang program dan lintas sektor dan didukung oleh dinas terkait agar keberhasilan program dapat tercapai.

      Hapus
  22. 1. Jelaskan mengapa pemasaran sosial lebih rumit!
    Karena pemasaran social bertujuan untuk menganjurkan orang untuk mengubah perilakunya agar perilaku orang tersebut sesuai dengan yang kita harapkan dengan penerapan konsep dan teknik pemasaran untuk mendapatkan manfaat social, yang didalamnya banyak tantangan yang harus kita hadapi, dari tingkat pendidikan, social, adt istiadat sehingga seseorang atau sekelompok orang tersebut tahu, mau dan mampu merubah perilakunya sesuai dengan yang kita harapkan

    2. Jelaskan mengapa pemasaran sosial menjadikan konsumen sebagai sasaran (orientasi) bukan pada produk!
    Karena dalam pemaaran social tujuan utamanya adalah perubahan perilaku orang masyarakat kearah yang lebih baik atau perilaku yang kita harapkan, dalam pemasaran social, produk tidak selalu dalam bentuk nyata, tetapi lebih kea rah pelayanan kesehatan, imunisasi, ajakan masyarakat untuk hidup sehat, sehingga dalam pemasaran social konsumenlah yang menjadi target sasaran dan juga sebagai tolok ukur keberhasilan dalam pemasaran soial, karena dari awal sampai akhir pemasaran sosial tujuan utamanya adalah perubahan perilaku konsumen/masyarakat
    3. Apa itu unsur “1C4P” dalam marketing mix?
    “1C4P” adalah Consumer, Product, Price, Promotion, Place, Promotion yang merupakan unsur – unsur dalam pemasaran sosial yang harus dikembangkan dan dikelola secara terpadu sebagai suatu kesatuan sehingga tujuan dari pemasaran sosial akan berhasil yaitu mengubah perilaku seseorang atau kelompok sesuai dengan kehendak kita

    4. Efektifitas pemasaran sosial sangat bergantung pada?.......... dan mengapa hal tersebut sangat diperlukan?.............
    Efektifitas pemasaran sosial sangat bergantung pada Promosi, karena promosi inilah yang secara langsung apakah yang kita ingini, pembawaan diri kita bisa diterima orang/masyarakat sehingga promosi harus dilakukan dengan tema pokok yang mengikat semua unsur pemasaran. Sehingga promosi ini tidak lepas dari unsur produk, harga dan tempat, karena ketiga unsur tersebut harus dapat membangun citra produk yang tentu saja harus sejalan dengan citra diri konsumen, karena meskipun produk bagus, harga dan tempat sesuai, tapi tanpa promosi yang bagus dan mengena, suatu tujuan dari pemasaran sosial tidak akan berhasil, karena masyarakat atau orang akan melihat terlebih dahulu siapa yang promosi/pelaku promosinya.

    5. Perhatikan 10 faktor penentu dalam pemasaran sosial. Dari berbagai fenomena yang ada sekarang ini, belum banyak program yang memenuhi 10 faktor tersebut. Bagaimana kita bisa meningkatkannya supaya dapat memenuhi kesepuluh faktor tsb?
    Sebelum melaksanakan atau memberikan program yang baru kepada masyarakat, hendaklah kita menganalisa dengan baik apakah program tersebut dari managemennya, kita gali dengan dalam siapa konsumennya, sehingga kita bias mengelompokkan sasaran sesuai dengan tujuan kita, manfaat utamanya bagi masyarakat dan pemerintah, ketersediaan sarana dan prasarana dalam mendukung program tersebut, setelah program berjalan harus kita pantau dan kalau ada kekurangan yang Nampak harus kita segera perbaiki, dan evaluasi yang berkelanjutan

    BalasHapus
  23. FINA FISABILILLAH

    1. Jelaskan mengapa pemasaran sosial lebih rumit!
    Karena biasanya ditujukan untuk meningkatkan penerimaan suatu gagasan atau praktik tertentu pada suatu kelompok sasaran sehingga tidak mudah bagi seseorang untuk cepat menerima gagasan tersebut, hasilnya tidak cepat dirasakan, s saluran distribusi untuk produk-produk sosial lebih sulit dikontrol karena biasanya menyangkut banyak pihak, konsumen pada umunya tidak mampu, atau rawan terhadap penyakit, berpendidikan rendah.

    2. Jelaskan mengapa pemasaran sosial menjadikan konsumen sebagai sasaran (orientasi) bukan pada produk!
    Konsumen atau pengguna bukan hanya merupakan sasaran pokok, tetapi juga sebagai pengukur apakah kegiatan yang dilaksanakan cocok, diminati dan berhasil. Konsumen secara sistematis dimintai saran sepanjang proses pemasaran sosial, memberikan data untuk menentukan strategi pemasaran.

    3. Apa itu unsur “1C4P” dalam marketing mix?
    Marketing Mix adalah suatu strategi marketing yang menekankan bagaimana cara menjual produk seefektif mungkin. Berdasarkan data - data yang diperoleh dan dikumpulkan, baik melalui proses komputerisasi maupun data yang dikoleksi berdasarkan langganan, agar proses penjualan berjalan lancar.
    UNSUR marketing mix:
    1. cosumer (konsumen)
    adalah sasaran pokok dan sebagai pengukur apakah kegiatan yang dilaksanakan cocok, diminati dan berhasil.
    2.Product
    Produk adalah barang atau jasa yang dapat diperjualbelikan.
    3.price (harga)
    Harga adalah sejumlah uang yang dibebankan atas suatu produk atau jasa, atau jumlah dari nilai yang ditukar konsumen atas manfaat - manfaat karena memiliki atau menggunakan produk atau jasa tersebut.
    4.place(tempat)
    Tempat adalah proses yang membuat sebuah produk dapat terdistribusi dan terjangkau oleh pelanggan dengan baik.
    5. Promotion
    Promosi dalam marketing mix meliputi komunikasi pemasaran yang lengkap terpadu yang pada gilirannya meliputi iklan serta promosi penjualan

    4. Efektifitas pemasaran sosial sangat bergantung pada? Promosi
    Mengapa hal tersebut sangat diperlukan? karena Promosi berarti mengkomunikasikan keunggulan dan membujuk konsumen atau kelompok sasaran untuk menggunakan produk yang ditawarkan. Produk yang menarik belumlah cukup, harus disertai komunikasi yang berkesinambungan dan terarah untuk memberikan informasi, motivasi, dan edukasi kepada konsumen. Efektivitas pemasaran sangat tergantung pada efektivitas komunikasi, karena pada dasarnya promosi adalah komunikasi. Promosi dapat dilakukan melalui komunikasi massa (TV, radio, koran, dan media cetak) serta komunikasi interpersonal (antar pribadi).

    5. Perhatikan 10 faktor penentu dalam pemasaran sosial. Dari berbagai fenomena yang ada sekarang ini, belum banyak program yang memenuhi 10 faktor tersebut. Bagaimana kita bisa meningkatkannya supaya dapat memenuhi kesepuluh faktor tsb?
    yaitu dengan cara kita membentuk suatu tim untuk meningkatkan pemasaran dan membuat rencana kerja sesuai faktor faktor tersebut

    BalasHapus
  24. 1. Jelaskan mengapa pemasaran sosial lebih rumit!
    Pemasaran sosial adalah Suatu desain/rancangan,pelaksanaan dan kontrol dari suatu program-program yang bertujuan untuk meningkatkan penerimaan dari suatu ide –ide sosial /akibat-akibat sosial dari suatu target grup/sasaran(kotler).
    Yang mana tujuan dari pemasaran ini yaitu membuat agar penjual maksimal dan mengetahui serta memahami konsumen dengan baik sehingga produk(barang,pelayanan/jasa dan ide)cocok dengan selera dan kebutuhan konsumen yang pada akhirnya akan laku dengan sendirinya
    Pemasaran sosial lebih rumit karena
    a.lebih sering mendapat tekanan oleh sasaran
    b.banyak konsumen yang menentang terhadap penawaran
    2. Jelaskan mengapa pemasaran sosial menjadikan konsumen sebagai sasaran (orientasi) bukan pada produk:
    Karena Konsumen menjadi titik tolak suatu proses yang mempunyai 4 unsur; consumer,Product:barang/ide, Price :harga,Promotion:promosi,Place:tempat,Keempat unsur tersebut harus dikembangkan dan dikelola secara terpadu sebagai suatu kesatuan.
    Konsumen atau pengguna bukan hanya merupakan sasaran pokok, tetapi juga sebagai pengukur apakah kegiatan yang dilaksanakan cocok, diminati dan berhasil. Konsumen secara sistematis dimintai saran sepanjang proses pemasaran sosial, memberikan data untuk menentukan strategi pemasaran.
    Stategi sasaran adalah suatu proses mengelompokkan sasaran ke dalam sub-sub kelompok yang lebih homogen yang memiliki kesamaan kebutuhan atau kesamaan karakter.

    3.Apa itu unsur “1C4P” dalam marketing mix?
    yaitu unsur yang saling berkaitan antara peran konsumen dan sasaranya keempat unsur itu adalah (Consumer, Product, Price, Promotion, Place). Keempat unsur tersebut harus dikembangkan dan dikelola secara terpadu sebagai suatu kesatuan, yang disebut bauran pemasaran atau marketing mix.

    4. Efektifitas pemasaran sosial sangat bergantung pada?(.konsumen) dan mengapa hal tersebut sangat diperlukan?...dikarnakan konsumen merupakan pengguna bukan hanya merupakan sasaran pokok, tetapi juga sebagai pengukur apakah kegiatan yang dilaksanakan cocok, diminati dan berhasil. Konsumen secara sistematis dimintai saran sepanjang proses pemasaran sosial, memberikan data untuk menentukan strategi pemasaran.

    5. Perhatikan 10 faktor penentu dalam pemasaran sosial. Dari berbagai fenomena yang ada sekarang ini, belum banyak program yang memenuhi 10 faktor tersebut. Bagaimana kita bisa meningkatkannya supaya dapat memenuhi kesepuluh faktor tsb?
    yaitu dengan cara kita membentuk tim untuk meningkatkan pemasaran sehingga dapat kita tingkatkan dan juga kita turun lansung untuk mengerjakanya dan mengontrol sistem tersebut



    BalasHapus
    Balasan
    1. Jwbn anda no 5 mutlak sm dgn subangun, khusnul, cicik.!

      Hapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  26. EKO LISTIONO/ 13410035P/ FKM KONVERSI

    1. Jelaskan mengapa pemasaran sosial lebih rumit!
    Jawab:
    Membuat sebuah produk di pemasaran sosial lebih sulit dibandingkan dengan komersial, oleh karena:
    a. Inflexibility. Pemasar komersial lebih mudah mendesain ulang produknya dibandingkan pemasar sosial. Mereka bisa dengan mudah merubah warna, bentuk, desain, atau fitur yang lain. Pemasar sosial lebih sulit dalam merubah produknya.
    b. Intangibility. Produk di pemasaran komersial bentuknya lebih jelas dan mudah diamati. Produk di pemasaran sosial lebih sulit diamati keluarannya (output) karena sering memberikan pemahaman di dalam kesadaran manusia.
    c. Complexity. Produk sosial lebih kompleks dibandingan produk komersial oleh karena produk komersial dapat fokus pada satu manfaat. Produk sosial mempunyai manfaat lebih banyak, tetapi tidak nampak jelas dan harus tetap dijelaskan efek negatifnya pada masyarakat.
    d. Controversial. Produk sosial sering kontradiksi dengan nilai atau norma yang ada di masyarakat.
    e. Weak personal benefit. Pada produk sosial, manfaat yang didapatkan seringkali untuk masyarakat, dan jarang untuk pribadi.
    f. Negative frame. Produk sosial, terutama yang merubah perilaku, sering terdengar negatif dan tidak nyaman dilakukan.

    2. Jelaskan mengapa pemasaran sosial menjadikan konsumen sebagai sasaran (orientasi) bukan pada produk!
    Jawab:
    Pemasaran sosial memiliki tujuan mengubah kebiasaan dari konsumen. Konsumen yang dimaksudkan adalah masyarakat secara umum. Pemasaran social mencoba untuk mengubah kebiasaan yang tidak positif menjadi positif. Oleh karena itu keberhasilan dari sebuah pemasaran sosial terlihat apabila telah berubahnya pola kebiasaan dari masyarakat yang tidak positif menjadi positif. Menurut Andreasen (2002) pemasaran sosial menghadapi hambatan yang sangat besar yakni tidak diketahuinya lingkungan dan model untuk memberikan perubahan sosial. Oleh karena itu dalam pemasaran sosial banyak faktor yang akan mempengaruhi perubahan perilakunya. Dalam memasarkan ide dan kebiasaan, konsumen mendapatkan pengetahuan dimana hal tersebut nantinya akan mengubah kebiasaan yang tidak positif dari konsumen. Pemasar membangun pengetahuan dalam diri konsumen sehingga konsumen tergerak untuk berubah untuk tidak memiliki kebiasaan yang tidak positif.


    3. Apa itu unsur “1C4P” dalam marketing mix?
    Jawab:
    Dalam komunikasi pemasaran ada beberapa elemen yang dipadukan yang terwujud dalam bauran komunikasi pemasaran terpadu, yang salah satunya adalah bauran pemasaran (marketing mix).
    Dalam marketing mix, ada unsur-unsur atau elemen yang menjadi dasar pertimbangan pengambilan keputusan dalam pembuatan strategi komunikasi pemasaran, yaitu 4P : Promotion (promosi), price (harga), product (produk) dan place (tempat).

    4. Efektifitas pemasaran sosial sangat bergantung pada? dan mengapa hal tersebut sangat diperlukan?.............
    Jawab:
    Efektivitas pemasaran sangat tergantung pada efektivitas komunikasi, karena pada dasarnya promosi adalah komunikasi. Promosi dilakukan dengan tema pokok yang mengikat semua unsur pemasaran. Jadi, unsur promosi ini tidak lepas dari unsur produk, harga dan tempat, karena ketiga unsur tersebut harus dapat membangun citra produk yang tentu saja harus sejalan dengan citra diri konsumen.Oleh karena itu, konsep social marketing membutuhkan strategi kompleks dengan melakukan berbagai penelitian lebih dahulu demi terciptanya perubahan perilaku masyarakat.

    5. Perhatikan 10 faktor penentu dalam pemasaran sosial. Dari berbagai fenomena yang ada sekarang ini, belum banyak program yang memenuhi 10 faktor tersebut. Bagaimana kita bisa meningkatkannya supaya dapat memenuhi kesepuluh faktor tsb?
    Jawab:
    Dengan membuat program kerja dari rencana pemasaran, menganalisa masing masing faktor dan melakukan identifikasi masalah serta cara mengatasi setiap kendala yang mungkin timbul dari kesepuluh faktor tersebut. Setelah program kerja dibuat, kemudian dilaksanakan dan diadakan evaluasi untuk memantau kendala dari setiap faktor yang mempengaruhi pemasaran.

    BalasHapus
  27. 1. Jelaskan mengapa pemasaran sosial lebih rumit!
    Di karnakan Penggunaan produk sosial biasanya lebih rumit daripada produk komersial, misalnya menggunakan oralit tidak semudah minum coca-cola. o Produk sosial hasilnya tidak cepat dirasakan. o Saluran distribusi untuk produk-produk sosial lebih sulit dikontrol karena biasanya menyangkut banyak pihak. o Konsumen pada umumnya tidak mampu, atau rawan terhadap penyakit, dan berpendidikan rendah.
    2. Jelaskan mengapa pemasaran sosial menjadikan konsumen sebagai sasaran (orientasi) bukan pada produk!
    Fokus dari pemasaran adalah kepuasan pelanggan (customer satisfaction) dan kepuasan itu bisa tercapai bila kebutuhan (needs), keinginan (wants), dan permintaan (demands) dari pelanggan terpenuhi. Bila perusahaan mampu memberikan produk atau jasa yang benar-benar dibutuhkan, diinginkan dan diminta oleh pasar dan kemudian tetap berusaha membangun hubungan yang baik dengan pasar dan menjaga pasar tetap kembali memilih produknya, maka perusahaan tersebut sejatinya telah berhasil menuntaskan fungsi pemasaran

    3. Apa itu unsur “1C4P” dalam marketing mix?
    .
    a. Consumer (Konsumen)
    Konsumen atau pengguna bukan hanya merupakan sasaran pokok, tetapi juga sebagai pengukur apakah kegiatan yang dilaksanakan cocok, diminati dan berhasil. Konsumen secara sistematis dimintai saran sepanjang proses pemasaran sosial, memberikan data untuk menentukan strategi pemasaran.

    b. Product (Produk)
    Dalam memasarkan produk adalah segalanya (berwujud atau tidak berwujud) yang ditawarkan ke pasar untuk pembelian, penggunaan atau konsumsi dan yang dapat memenuhi kebutuhan atau keinginan konsumen. Produk dapat disebut materi benda atau barang, jasa, orang, tempat, organisasi atau ide. Keputusan mengenai hal ini mencakup perumusan dan presentasi produk,

    c. Price (Harga)
    Hal ini terutama jumlah pertukaran moneter terkait dengan transaksi (meskipun dibayar dalam waktu atau usaha). Namun meliputi: pembayaran (tunai, cek, kartu kredit, dll.), Kredit (langsung, dengan kertas, jangka waktu, dll.), Diskon pembayaran awal, volume, biaya tambahan, dll Hal ini sebelumnya dilakukan oleh riset pasar sebelumnya, yang akan menentukan harga yang akan ditetapkan untuk memasuki pasar. Perhatikan bahwa harga adalah satu-satunya elemen bauran pemasaran yang memberikan pendapatan, karena komponen lain akan menghasilkan biaya. Selain itu, Anda harus tahu bahwa harga berkaitan erat dengan nuansa kualitas produk (serta eksklusivitasnya).

    c. Place (Tempat)
    Tempat atau Distribusi: Dalam hal ini didefinisikan sebagai tempat untuk memasarkan produk atau jasa yang ditawarkan (elemen penting bagi produk dapat diakses oleh konsumen). Pertimbangkan manajemen yang efektif dari saluran distribusi, harus dilakukan untuk produk mencapai tempat yang tepat pada waktu yang tepat dan dalam kondisi yang tepat.

    e. Promotion (Promosi)
    kegiatan ini seperti berkomunikasi, menginformasikan dan membujuk pelanggan dan stakeholder lainnya mengenai perusahaan, produk, dan menawarkan produk, untuk pencapaian tujuan organisasi (perusahaan = komunikasi aktif, bagaimana perusahaan dirasakan komunikasi = pasif). Bauran promosi terdiri dari promosi penjualan, tenaga penjualan atau Personal Selling, Periklanan, Hubungan Masyarakat dan Komunikasi Interaktif (Pemasaran langsung oleh milis, email, katalog, website, telemarketing, dll).


    4. Efektifitas pemasaran sosial sangat bergantung pada?.......... dan mengapa hal tersebut sangat diperlukan?.............
    Efektifitas pemasaran social sangat bergantung pada efektifitas komunikasi Karena penerapan konsep dan teknik pemasaran untuk mendapatkan manfaat sosial

    4. Perhatikan 10 faktor penentu dalam pemasaran sosial. Dari berbagai fenomena yang ada sekarang ini, belum banyak program yang memenuhi 10 faktor tersebut. Bagaimana kita bisa meningkatkannya supaya dapat memenuhi kesepuluh faktor tsb?
    Yaitu dengan cara meningkatkan kinerja pemasaran soaialnya dengan mengontrol 10 faktor tersebut dengan system yang baik

    BalasHapus
  28. ARI WINARTO
    1. Mengapa pemasaran sosial lebih rumit?...
    pemasaran sosial adalah penerapan konsep dan teknik pemasaran untuk mendapatkan manfaat sosial akan tetapi hasil dari pemasaran sosial hasilnya tidak cepat dirasakan bila dibandingkan pemasaran komersial sehingga membuat pemasaran sosial menjadi lebih rumit bila dibandingkan pemasaran komersial. contohnya menggunakan oralit tidak semudah minum coca-cola walaupun sebenarnya nilai manfaat pemasaran sosial baik bagi kesehatan hanya pemahaman masyarakat yang harus ditingkatkan.

    2. pemasaran sosial menjadikan konsumen sebagai sasaran (orientasi) bukan pada produk karena pemasaran sosial lebih berfokus pada kepentingan sosial bukan kepentingan perusahaan yang berorientasi pada keuntungan sebagaimana pemasaran komersial yang menjadikan produk sebagai sasaran(orientasi).

    3. unsur “1C4P” dalam marketing mix meliputi Consumer, Product, Price, Promotion, Place. dan konsumen menjadi titik tolak suatu proses sehingga setiap unsur-unsur tersebut saling berhubungan dan mempengaruhi keberhasilan sebuah produk yang dihasilkan dan di pasarkan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

    4. Efektifitas pemasaran sosial sangat bergantung pada sumber daya manusia atau dalam hal ini adalah orang-arang yang ahli dibidangnya contohnya bidang kesehatan dan mengapa hal tersebut sangat diperlukan agar mampu memberikan penjelasan kepada masyarakat dengan lebih baik dan dapat diterima sehingga hasil dari pemasaran sosial yang diharapkan dapat terwujud.

    5. 10 faktor penentu dalam pemasaran sosial yang meliputi manajemen, konsumen, kelompok sasaran, identitas, manfaat, biaya, ketersediaan, saluran komunikasi, pemantauan dan perbaikan , evaluasi. Dari berbagai fenomena yang ada sekarang ini, belum banyak program yang memenuhi 10 faktor tersebut. Bagaimana kita bisa meningkatkannya supaya dapat memenuhi kesepuluh faktor tsb?
    ke-10 faktor tersebut bisa dipenuhi dengan cara melibatkan peran serta konsemen dalam hal hal ini masyarakat dalam setiap kegiatan juga tentunya didukung dengan manajemen pengelolaan yang baik yang sungguh-sungguh untuk mewujudkan keberhasilan pemasaran sosial.

    BalasHapus
  29. RIA YUNITA, (13410057P) FKM. KONVERSI...


    1.Jelaskan mengapa pemasaran sosial lebih rumit !
    Karena Pemasaran sosial hampir selalu dimulai dengan promosi tentang sikap atau kepercayaan yang berkaitan khususnya kesehatan, selain menyampaikan tentang produk atau pelayanan baru, pemasaran sosial juga memberikan petunjuk tentang cara penggunaan yang efektif, serta harus meningkatkan motivasi konsumen, merangsang kegiatan perusahaan dalam pengukuran keberhasilan program.

    2.Jelaskan mengapa pemasaran sosial menjadikan konsumen sebagai sasaran bukan pada produk!
    Orientasi dari pemasaran sosial adalah konsumen, Karena konsumen merupakan suatu titik tolak dalam menentukan keberhasilan program yang ingin dicapai, disamping itu juga konsumen sebagai acuan dalam melihat perubahan perilaku terhadap produk atau pelayanan yang telah dipromosikan.

    3.Apa itu unsur “1C4P” dalam marketing mix?
    “1C4P”, merupakan inti dari system pemasaran suatu perusahaan, selain itu merupakan penentu dalam menganalisa secara keseluruhan.

    4.Efektifitas pemasaran sosial sangat bergantung pada ? dan mengapa hal tsb sangat diperlukan?
    Efektifitas Pemasaran sosial bergantung pada “Komunikasi”, karena dalam melakukan pemasaran pada dasar nya adalah dengan komunikasi, sehingga sasaran yang ditujukan (konsumen) lebih cepat mengerti, dan memahami produk yang dipasarkan, dengan demikian produk yang dipasarkan dapat menarik minat konsumen dan bisa menentukan keberhasilan dari suatu perusahaan tersebut.

    5.10 faktor penentu dalam pemasaran sosial. Dari berbagai fenomena yang ada sekarang ini, belum banyak program yang memenuhi 10 faktor tersebut. Bagaimana kita bisa meningkatkannya supaya dapat memenuhi k 10 faktor tsb?
    Untuk memenuhi ke 10 faktor tersebut adalah dengan cara menyamakan tujuan atau visi dan misi dari suatu perusahaan tersebut, memperjelas tugas dari tiap-tiap perorangan, adanya komunikasi yang baik, tanggung jawab terhadap pekerjaannya, serta memantau dari hasil pemasaran sosial dalam pencapaian suatu program yang dicapai.

    BalasHapus
  30. 1. Jelaskan mengapa pemasaran sosial lebih rumit!
    Pemasaran sosial merupakan strategi untuk menjual gagasan dalam rangka mengubah sebuah masyarakat, terutama dalam manajemen yang mencakup analisis, perencanaan, implementasi, dan pengawasan. Dan juga proses sosial, dimana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan, dan mereka inginkan dengan menciptakan dan mempertahankan produk dan nilai dengan individu dan kelompok lainnya.
    Pemasaran sosial menggunakan teknis analisis yang sama; riset pasar, pengembangan produk, penentuan harga, keterjangkauan, dan promosi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemasaran sosial adalah penerapan konsep dan teknik pemasaran untuk mendapatkan manfaat sosial.
    a. Penggunaan produk sosial biasanya lebih rumit daripada produk komersial, misalnya menggunakan oralit tidak semudah minum coca-cola
    b. Produk sosial hasilnya tidak cepat dirasakan
    c. Saluran distribusi untuk produk-produk sosial lebih sulit dikontrol karena biasanya menyangkut banyak pihak.
    d. Konsumen pada umunya tidak mampu, atau rawan terhadap penyakit, berpendidikan rendah.

    2. Jelaskan mengapa pemasaran sosial menjadikan konsumen sebagai sasaran (orientasi) bukan pada produk!
    Konsumen atau pengguna bukan hanya merupakan sasaran pokok, tetapi juga sebagai pengukur apakah kegiatan yang dilaksanakan cocok, diminati dan berhasil. Konsumen secara sistematis dimintai saran sepanjang proses pemasaran sosial, memberikan data untuk menentukan strategi pemasaran.
    3. 1C4P adalah Keempat unsur tersebut harus dikembangkan dan dikelola secara terpadu sebagai suatu kesatuan, yang disebut bauran pemasaran atau marketing mix. Dan apabila dari 4 unsur tersebut hilang maka sulit terciptanya suatu pemasaran yang optimal.

    4. Efektifitas pemasaran sosial sangat bergantung pada? Konsumen dan mengapa hal tersebut sangat diperlukan? Karena konsumen merupakan sasaran pokok, tetapi juga sebagai pengukur apakah kegiatan yang dilaksanakan cocok, diminati dan berhasil. Konsumen secara sistematis dimintai saran sepanjang proses pemasaran sosial, memberikan data untuk menentukan strategi pemasaran.
    5.Perhatikan 10 faktor penentu dalam pemasaran sosial. Dari berbagai fenomena yang ada sekarang ini, belum banyak program yang memenuhi 10 faktor tersebut.
    1. Manajemen
    2. Konsumen
    3. Kelompok Sasaran.
    4. Identitas
    5. Manfaat
    6. Biaya
    7. Ketersediaan
    8. Saluran Komunikasi
    9. Pemantauan dan Perbaikan
    10. Evaluasi
    dan cara meningkat kan agar memenuhi kesepuluh faktor tersebut
    Cara meningkatkan 10 faktor tersebut dengan adanya Team Work yang solid dan jobdesk yang jelas dalam sebuah tim.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jwbn anda no 5 menyerupai jwbn utami, citra.

      Hapus
  31. 1. Jelaskan mengapa pemasaran sosial lebih rumit!
    Pemasaran sosial (bahasa Inggris: marketing social) merupakan aplikasi strategi pemasaran komersil untuk menjual gagasan dalam rangka mengubah sebuah masyarakat, terutama dalam manejemen yang mencakup analisis, perencanaan, implementasi, dan pengawasan.
    Kebutuhan pertama dalam keberhasilan pemasaran sosial salah satunya adalah menciptakan suatu produk sosial baru untuk mempertemukan suatu kebutuhan yang tidak terpuaskan atau untuk merancang produk yang lebih baik yang dapat diterima.
    Konsep pemasaran sosial, penentuan kebutuhan, keinginan dan kepentingan dari pasar sasaran dan untuk memberikan kepuasan yang diinginkan lebih efektif dan lebih efisien daripada pesaing dengan cara mempertahankan dan meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat. Konsep ini meminta kepada para pemasar untuk menyeimbangkan ketiga pertimbangan dalam menentukan kebijakan pemasaran mereka, yaitu keuntungan perusahaan, pemuasan keinginan konsumen dan kepentingan umum.

    2. Jelaskan mengapa pemasaran sosial menjadikan konsumen sebagai sasaran (orientasi) bukan pada produk!
    strategi pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang dibutuhkan dan diinginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain. Pengertian tersebut menunjukkan bahwa strategi pemasaran mengandung aspek sosial baik secara individu maupun berkelompok untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya, akibat adanya keinginan dan kebutuhan tersebut maka terciptalah suatu interaksi yang disebut transaksi pertukaran barang dan jasa. Tujuannya adalah bagaimana memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen baik terhadap individu maupun kelompok.

    3. Apa itu unsur “1C4P” dalam marketing mix?
    strategi pemasaran untuk menciptakan permintaan melalui Loyalitas konsumen dipengaruhi oleh barang atau jasa yang dibutuhkan konsumen, harga barang atau jasa, upaya mendistribusikan barang atau jasa dari produsen kepada konsumen dan kegiatan memperkenalkan kepada konsumen (promosi ). Jelasnya bahwa kegiatan memasarkan suatu produk dipengaruhi oleh interaksi dari keempat hal tersebut diatas, dalam buku teks bahasa inggris hal tersebut dinyatakan dengan istilah marketing mix, marketing mix merupakan campuran (mix) yakni interaksi dari empat hal tersebut, yaitu produk (product), harga (price), promosi (promotion) dan distribusi (place). Masing-masing variabel tersebut berinteraksi satu sama lain guna menciptakan suatu permintaan terhadap barang atau jasa yang ditawarkan memberikan manfaat, diterima baik oleh konsumen yang pada ujungnya pelanggan akan menjadi loyal

    4. Efektifitas pemasaran sosial sangat bergantung pada? (Consumer, Product, Price, Promotion, Place) dan mengapa hal tersebut sangat diperlukan ?
    pemasaran merupakan semua kegiatan yang bertujuan untuk memperlancar arus barang dan jasa dari produsen ke pelanggan dengan efektif untuk menciptakan permintaan yang paling efektif.pemasaran produk adalah suatu proses sosial yang merupakan sistem dari keseluruhan aktivitas usaha yang berorientasi pada pasar konsumen. Manajemen pemasaran merupakan suatu proses yang dinamis, integrasi dan hasil interaksi dari banyak kegiatan seperti transaksi barang, jasa dan lainnya yang dimulai dengan pengembangan ide suatu produk terhadap kegiatan jual-beli

    5. Perhatikan 10 faktor penentu dalam pemasaran sosial. Dari berbagai fenomena yang ada sekarang ini, belum banyak program yang memenuhi 10 faktor tersebut. Bagaimana kita bisa meningkatkannya supaya dapat memenuhi kesepuluh faktor tsb?
    FAKTOR PENENTU DALAM PEMASARAN SOSIAL
    kita bisa meningkatkannya supaya dapat memenuhi kesepuluh dengan melaksanakan sepuluh factor tersebt sebagai berikut Ada beberapa faktor yang menetukan keberhasilan pemasaran sosial, yaitu;
    1. Manajemen
    2. Konsumen
    3. Kelompok Sasaran.
    4. Identitas
    5. Manfaat
    6. Biaya
    7. Ketersediaan
    8. Saluran Komunikasi
    9. Pemantauan dan Perbaikan
    10. Evaluasi

    BalasHapus
  32. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  33. 1. Mengapa pemasaran sosial lebih rumit?
    jawab : karena pemasaran sosial memerlukan penerapan konsep dan teknik sosial dalam pemasaran suatu produk agar produk yang di pasarkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. pemasaran sosial ini memerlukan pemasaran yang efektif, dikatakan efektif yaitu dalam pemasarannya dapat meyakinkan atau merubah pola pikir mayarakat agar prilaku dalam hidup mereka berubah ke arah yang positif khususnya untuk kesehatan jasmani. contohnya dalam mengkonsumsi oralit tidak semudah mengkonsumsi coca-cola.

    2. Mengapa pemasaran sosial menjadikan konsumen sebagai sasaran (orientasi) bukan pada produk!
    jawab : karena produk selalu berbentuk benda nyata yang dapat dilihat dan di raba, produk juga bisa dalam bentuk pelayanan dan ide/gagasan. Pemasaran sosial dilakukan agar masyarakat dapat memakai suatu produk yang di hasilkan. Apabila dalam pemasaran sosial maksut dan tujuan tidak tersampaikan dengan jelas kepada konsumen, maka konsumen tidak akan menggunakan suatu produk, karena masyarakat menganggap produk tersebut tidak berpengaruh/menguntungkan dalam kehidupannya dan suatu produk tercipta karena permintaan/kebutuhan dari masyarakat. dengan begitu kebutuhan masyarakatlah yang mentukan suatu produk yang di pasarkan dalam kehidupan masyarakat.

    3. Apa itu unsur “1C4P” dalam marketing mix?
    jawab : yaitu strategi dalam pemasaran agar dapat berhasil dalam pencapaian pemakaian suatu produk dalam masyarakat. unsur tersebut saling berhubungan dalam menentukan suatu produk yang akan di pasarkan dalam masyarakat. karena unsur tersebut memiliki proses interaksi satu sama lain guna menciptakan suatu permintaan terhadap barang atau jasa yang ditawarkan guna memberi manfaat dan diterima baik oleh konsumen, apabila masyarakat merasa bermanfaat dalam memakai suatu produk, maka masyarakat akan terus memakai produk tersebut.

    4. Efektifitas pemasaran sosial sangat bergantung pada?.... dan mengapa hal tersebut sangat diperlukan?....
    jawab : Efektifitas pemasaran sosial sangat bergantung pada saat berkomunikasi kepada audience/masyarakat dalam memperkenalkan suatu produk. karena komunikasi merupakan faktor utama dalam menentukan keberhasilan suatu produk. di dalam pemasaran memerlukan komunikasi yang membuat masyarakat tertarik dengan ke unggulan dan manfaat yang di dapat dalam pemakaian produk. dengan membuat para audience/masyarakat tertarik dengan suatu produk maka berhasilah pemasaran. karena tingkat ke berhasilan suatu produk di lihat dari seberapa banyak masyarakat yang menggunakannya.

    5. Perhatikan 10 faktor penentu dalam pemasaran sosial. Dari berbagai fenomena yang ada sekarang ini, belum banyak program yang memenuhi 10 faktor tersebut. Bagaimana kita bisa meningkatkannya supaya dapat memenuhi kesepuluh faktor tsb?
    jawab : dengan mengoreksi unsur apa yang kurang membuat peningkatan dalam faktor penentu pemasaran sosial. unsur tersebut dapat di kaji dengan salah satu cara kita mensurvey langsung ke lapangan. setelah melakukan survey lansung kita dapat mengubah salah satu unsur yang dapat meningkatkan pemasaran.

    BalasHapus
  34. 1. Jelaskan mengapa pemasaran sosial lebih rumit!
    Karena pemasaran social menggunakan penerapan konsep dan teknik pemasaran untuk mendapatkan manfaat sosial. Penggunaan prinsip dan teknik pemasaran untuk masalah sosial, ide atau perilak

    2. ) Jelaskan mengapa pemasaran sosial menjadikan konsumen sebagai sasaran (orientasi) bukan pada produk!
    Karena pemasaran menggunakan 3 Tiga Prinsip
    1. Nilai Pelanggan dan Persamaan Nilai
    2. Keunggulan Kompetitif atau Diferensial
    3. Fokus Pentingnya Pemasaran Global Pemasaran global adalah proses memfokuskan sumber daya dan sasaran dari sebuah perusahaan terhadap peluang pemasaran global.
    3.) Apa itu unsur “1C4P” dalam marketing mix?
    1C4P adalah Keempat unsur tersebut harus dikembangkan dan dikelola secara terpadu sebagai suatu kesatuan, yang disebut bauran pemasaran atau marketing mix. Dan apabila dari 4 unsur tersebut hilang maka sulit terciptanya suatu pemasaran yang optimal.
    4.) . Efektifitas pemasaran sosial sangat bergantung pada?.......... dan mengapa hal tersebut sangat diperlukan?
    tergantung dari jenis perusahaan dan industrinya, Pemasaran yang dilakukan memakai fasilitas sosial media dibilang hampir sama dengan tehnik pemasaran klasik, yang membedakannya hanya lokasi penyampaian informasinya saja.
    Karena bs Menciptakan komunitas dan memantau perkembangan produk dari tanggapan dan keluhan konsumen melalui sosial media memberikan dukungan terhadap upaya perusahaan dalam memperkuat sentiment pasar dan aktifitas yang dilakukan konsumen terhadap produknya.
    5.) Perhatikan 10 faktor penentu dalam pemasaran sosial. Dari berbagai fenomena yang ada sekarang ini, belum banyak program yang memenuhi 10 faktor tersebut. Bagaimana kita bisa meningkatkannya supaya dapat memenuhi kesepuluh faktor tsb?
    yaitu dengan cara kita membentuk suatu tim untuk meningkatkan pemasaran dan membuat rencana kerja sesuai faktor faktor tersebut.

    BalasHapus
  35. 1. Jelaskan mengapa pemasaran sosial lebih rumit!
    Karena pemasaran social menggunakan penerapan konsep dan teknik pemasaran untuk mendapatkan manfaat sosial. Penggunaan prinsip dan teknik pemasaran untuk masalah sosial, ide atau perilak

    2. ) Jelaskan mengapa pemasaran sosial menjadikan konsumen sebagai sasaran (orientasi) bukan pada produk!
    Karena pemasaran menggunakan 3 Tiga Prinsip
    1. Nilai Pelanggan dan Persamaan Nilai
    2. Keunggulan Kompetitif atau Diferensial
    3. Fokus Pentingnya Pemasaran Global Pemasaran global adalah proses memfokuskan sumber daya dan sasaran dari sebuah perusahaan terhadap peluang pemasaran global.
    3.) Apa itu unsur “1C4P” dalam marketing mix?
    1C4P adalah Keempat unsur tersebut harus dikembangkan dan dikelola secara terpadu sebagai suatu kesatuan, yang disebut bauran pemasaran atau marketing mix. Dan apabila dari 4 unsur tersebut hilang maka sulit terciptanya suatu pemasaran yang optimal.
    4.) . Efektifitas pemasaran sosial sangat bergantung pada?.......... dan mengapa hal tersebut sangat diperlukan?
    tergantung dari jenis perusahaan dan industrinya, Pemasaran yang dilakukan memakai fasilitas sosial media dibilang hampir sama dengan tehnik pemasaran klasik, yang membedakannya hanya lokasi penyampaian informasinya saja.
    Karena bs Menciptakan komunitas dan memantau perkembangan produk dari tanggapan dan keluhan konsumen melalui sosial media memberikan dukungan terhadap upaya perusahaan dalam memperkuat sentiment pasar dan aktifitas yang dilakukan konsumen terhadap produknya.
    5.) Perhatikan 10 faktor penentu dalam pemasaran sosial. Dari berbagai fenomena yang ada sekarang ini, belum banyak program yang memenuhi 10 faktor tersebut. Bagaimana kita bisa meningkatkannya supaya dapat memenuhi kesepuluh faktor tsb?
    yaitu dengan cara kita membentuk suatu tim untuk meningkatkan pemasaran dan membuat rencana kerja sesuai faktor faktor tersebut.

    BalasHapus
  36. 1. Jelaskan mengapa pemasaran sosial lebih rumit!
    Karena pada umumnya masyarakat kita lebih menerima pemasaran barang barang komersil (product). Sedangkan pemasaran sosial tidak bersifat komersil dan hanya menerapan konsep dan teknik pemasaran untuk mendapatkan manfaat sosial ( masyarakat ) selain itu juga manfaat pemasaran sosial ini tidak dapat langsung dirasakan pengaruhnya oleh masyarakat. Sehingga pemasaram sosial lebih rumit untuk diterapkan dibandingkan dengan pemasaran komersil.

    2. Jelaskan mengapa pemasaran sosial menjadikan konsumen sebagai sasaran (orientasi) bukan pada produk!
    Orientasi dari pemasaran adalah konsumen. Konsumen menjadi titik tolak suatu proses pemasaran sosial dimana tujuan dari kegiatan ini yaitu mengubah kebiasaan dari konsumen. Konsumen yang dimaksudkan adalah masyarakat secara umum. Konsumen juga diharapkan dapat menjadi pengukur apakah kegiatan yang dilaksanakan cocok, diminati dan berhasil. Konsumen secara sistematis dimintai saran sepanjang proses pemasaran sosial, memberikan data untuk menentukan strategi pemasaran.

    3. Apa itu unsur “1C4P” dalam marketing mix?
    Consumer, Product, Price, Promotion dan Place adalah suatu kesatuan proses yang terpadu dari sistem pemasaran sosial yang harus dikembangkan dan dikelola dengan baik agar dapat membangun citra produk yang dipasarkan. Masing-masing variabel tersebut berinteraksi satu sama lain guna menciptakan suatu permintaan terhadap barang atau jasa yang ditawarkan memberikan manfaat dan dapat diterima baik oleh konsumen.
    4.) . Efektifitas pemasaran sosial sangat bergantung pada?.......... dan mengapa hal tersebut sangat diperlukan?
    tergantung dari jenis perusahaan dan industrinya, Pemasaran yang dilakukan memakai fasilitas sosial media dibilang hampir sama dengan tehnik pemasaran klasik, yang membedakannya hanya lokasi penyampaian informasinya saja.
    Karena bs Menciptakan komunitas dan memantau perkembangan produk dari tanggapan dan keluhan konsumen melalui sosial media memberikan dukungan terhadap upaya perusahaan dalam memperkuat sentiment pasar dan aktifitas yang dilakukan konsumen terhadap produknya.
    5.) Perhatikan 10 faktor penentu dalam pemasaran sosial. Dari berbagai fenomena yang ada sekarang ini, belum banyak program yang memenuhi 10 faktor tersebut. Bagaimana kita bisa meningkatkannya supaya dapat memenuhi kesepuluh faktor tsb?
    yaitu dengan cara kita membentuk suatu tim untuk meningkatkan pemasaran dan membuat rencana kerja sesuai faktor faktor tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jwbn anda no 4+5 sm mutlak dgn helga oktora.!

      Hapus
  37. 1. Jelaskan mengapa pemasaran sosial lebih rumit! Karena :
    • Dalam pemasaran social hasilnya tidak cepat dirasakan
    • Distribusi untuk pemasaran soial lebih sulit dikontrol karena menyangkut banyak pihak
    • Konsumen pada umumnya tidak mampu atau rawan penyakit dan perpendidikan rendah
    2. Jelaskan mengapa pemasaran sosial menjadikan konsumen sebagai sasaran (orientasi) bukan pada produk!
    Karena dalam pemaaran social tujuan utamanya adalah perubahan perilaku orang masyarakat kearah yang lebih baik atau perilaku yang kita harapkan, dalam pemasaran social, produk tidak selalu dalam bentuk nyata, tetapi lebih kea rah pelayanan kesehatan, imunisasi, ajakan masyarakat untuk hidup sehat, sehingga dalam pemasaran social konsumenlah yang menjadi target sasaran dan juga sebagai tolok ukur keberhasilan dalam pemasaran soial, karena dari awal sampai akhir pemasaran sosial tujuan utamanya adalah perubahan perilaku konsumen/masyarakat
    3. Apa itu unsur “1C4P” dalam marketing mix?
    Unsur 1C4P dalam marketing mix adalah Consumer, Product, Price, Promotion, Place
    Pengambilan keputusan di bidang pemasaran selalu berkaitan dengan varibel-variabel marketing mix.
    • Pengenalan faktor pasar dalam marketing mix
    Tekanan utama dari marketing mix adalah pasar karena pada akhirnya produk yang ditawarkan oleh perusahaan diarahkan kesana.
    • Hubungan antara keputusan tentang harga, promosi dan distribusi dengan variabel-variabel tentang produk
    Produk tersebut membawa pengaruh penting terhadap keputusan-keputusan mengenai harga, promosi dan distribusi, karena terikat pada harga produksi, peralatan dan proses pembuatannya, juga dalam hal promosi yang tergantung pada manfaat dan segi penawarannya.
    • Pengaruh usaha Perusahaan dan saingan terhadap volume penjualan
    Semakin besar usaha-usaha yang dikeluarkan dalam marketing mix untuk penawaran yang ada, akan semakin besar pula penjualannya. Bagaimanapun, persentase yang lebih besar dari penjualan total perusahaan akan bertambah dengan adanya usaha marketing mix yang lebih besar.
    • Efektivitas Marketing Mix Perusahan dalam hubungannya dengan volume penjualan
    Seberapa jauh efektivitas pengeluaran yang dilakukan oleh perusahaan terhadap volume penjualannya.
    • Marketing Mix untuk beberapa jenis produk (dan Jasa)
    Marketing mix yang diterapkan pada setiap jenis produk adalah berbeda. Volume penjualan dan laba dapat dimaksimumkan jika marketing mixnya sesuai dengan penawaran perusahaan
    4. Efektifitas pemasaran sosial sangat bergantung pada?.......... dan mengapa hal tersebut sangat diperlukan?.............
    dikarnakan konsumen merupakan Konsumen atau pengguna bukan hanya merupakan sasaran pokok, tetapi juga sebagai pengukur apakah kegiatan yang dilaksanakan cocok, diminati dan berhasil. Konsumen secara sistematis dimintai saran sepanjang proses pemasaran sosial, memberikan data untuk menentukan strategi pemasaran.
    5. Perhatikan 10 faktor penentu dalam pemasaran sosial. Dari berbagai fenomena yang ada sekarang ini, belum banyak program yang memenuhi 10 faktor tersebut. Bagaimana kita bisa meningkatkannya supaya dapat memenuhi kesepuluh faktor tsb?
    Dengan memuaskan kebutuhan dalam pemasaran sosial adalah kebutuhan fisiologis, kebutuhan rasa aman, kebutuhan sosial,kebutuhan penghargaan, dan kebutuhan pengaktualisasian diri.
    Mula-mula seseorang mencoba untuk memuaskan kebutuhan yang paling penting. Kalau sudah terpuaskan, kebutuhan itutidak lagi menjadi motivator dan kemudian orang tersebut akan
    mencoba memuaskan kebutuhan paling penting berikutnya.Misalnya orang yang kelaparan (kebutuhan fisiologis) tidak akan tertarik dengan apa yang terjadi dalam dunia seni (kebutuhan
    mengaktualisasikan diri), tidak juga pada bagaimana orang lain memandang dirinya atau penghargaan orang lain (kebutuhan sosial atau penghargaan), bahkan tidak tertarik juga pada
    apakah mereka menghirup udara bersih (kebutuhan rasaaman).

    BalasHapus
  38. M Halfani Solikhin:

    1. Jelaskan mengapa pemasaran sosial lebih rumit!
    - Karena pemasaran sosial diharuskan merubah perilaku
    - Cakupan sasaran luas
    2. Jelaskan mengapa pemasaran sosial menjadikan konsumen sebagai sasaran (orientasi) bukan pada produk!
    - Karena konsumen disini merupakan penentu apakah suatu pemasaran yang akan dilakukan itu cocok, diminati dan bahkan penentu keberhasilan dari pemasaran, konsumen disini juga secara sistematis mengikuti jalannya proses pemasaran dengan adanya saran-saran dan informasi data sepanjang proses pemasaran.
    3. Apa itu unsur “1C4P” dalam marketing mix?
    - 1C yaitu Consumen dan 4P Yaitu Product, Price, Place dan Promotion.
    4. Efektifitas pemasaran sosial sangat bergantung pada?..dan mengapa hal tersebut sangat diperlukan?
    - bergantung pada 14 langkah dalam mengembangkan kegiatan pemasaran sosial.
    - Karena dari 14 langkah tersebut di masing-masing langkah mempunyai tujuan tersendiri yang akhirnya menjadi satu kumpulan hasil dalam mencapai kegiatan pemasaran yang sempurna dan berhasil. Sebagai contoh: Riset formatif adalah riset untuk menggali perilaku yang akhirnya menemukan cara untuk merubah perilaku. Begitu juga dengan langkah2 yang lain dan kemudian dari hasil langkah-langkah tersebut disusunlah menjadi suatu rangkaian kegiatan pemasaran sosial yang sempurna dan berhasil dilaksanakan.
    5. Perhatikan 10 faktor penentu dalam pemasaran sosial. Dari berbagai fenomena yang ada sekarang ini, belum banyak program yang memenuhi 10 faktor tersebut. Bagaimana kita bisa meningkatkannya supaya dapat memenuhi kesepuluh faktor tsb?
    - mungkin yang menjadi dasar disini yang harus dilakukan adalah perencanaan yang matang diawal, dari perencanaan yang matang dari manajemen hingga evaluasi semua komponen tersebut haruslah ada sehingga pemasaran sosial dapat dilakukan dengan sempurna dan mencapai hasil yang maksimal. Bias saja pemasaran sosial itu dilakukan tanpa komponen tersebut utuh ada, namun dari sisi hasil akan sangat tidak maksimal bahkan menjadi pemasaran sosial yang mengambang dan tidak akan mampu bertahan lama.

    BalasHapus
  39. 1. Pemasaran social lebih rumit disebabkan karena:
    pandangan masyarakat yang lebih suka pada produk-produk fisik yang berhubungan langsung dengan aktifias kegiatan manusia yang merupakan dasar kebutuhan jasmani dalam kebutuhan hidup sehari-hari, dibandingkan dengan produk social yang berhubungan dengan aktifitas persepsi dan pola pikir manusia, yang kadang masih sulit diterima oleh masyarakat umum karena informasi ataupun suatu program yang kadang bertentangan dengan pola kehudupan dan kebudaayaan masyarakat, seperti program keluarga berencana (kb) yang berpandangan bahwa dua anak lebih baik, namun kebanyakan masyarakat masih banyak pula yang berpandangan jika semakin banyak anak maka akan semakin banyak rejeki pula, begitu pula dengan program lain seperti halnya penggunan kondom yang sekarang masih banyak menimbulkan pro kontra dikalangan masyarakat.

    Dalam pendapatan keuntungan produk social cenderung tidak jelas dan baru dapat dirasakan dalam jangka waktu yang panjang, sebab produk sosial cenderung lebih mengutamakan program dana bantuan yang sifatnya berasal dari sektor pemerintahan yang lebih berorientasi pada pelaksanaan program tertentu yang sifatnya lebih banyak memperkenalkan secara gratis, namun timbal balik keuntunganya akan didapatkan setelah masyarakat mengerti dan tertarik untuk menerepkanya dalam pola kehidupanya

    2. pemasaran sosial menjadikan konsumen sebagai sasaran karena dalam pemasaran social perubahan kea rah yang lebih baik menjadi tujuan utamanya, perubhan yang terjadi pada konsumen tsb menjadi penentu berhasil tidaknya suatu produk pemasaran sosial

    3. 1C4P” dalam marketing mix adalah kumpulan dari variabel-variabel pemasaran yang dapat dikendalikan yang digunakan oleh suatu badan usaha untuk mencapai tujuan pemasaran dalam pasar sasaran yaitu produk (product), harga (price), promosi (promotion) dan distribusi (place). Masing-masing variabel tersebut berinteraksi satu sama lain guna menciptakan suatu permintaan terhadap barang atau jasa yang ditawarkan memberikan manfaat dan diterima baik oleh konsumen

    4. Efektivitas pemasaran social sangat tergantung pada efektivitas komunikasi, karena pada dasarnya pemasaran social bertujuan mengajak pada arah perubahan masyarakat, prosesnya dilakukan dengan promosi dan promosi adalah komunikasi.

    5. cara meningkatkan faktor penentu dalam pemasaran social
    1. Kerjasama dalam meningkatkan upaya pemasaran
    2. Pembentukan criteria dalam sub factor penentu pemasaran sebagai tolak ukur
    3. Menampung alternative pengganti yang dapat meningkatkan upaya pemasaran
    4. Pemantauan langsung untuk mengenali kekurangan dan kelebihan upaya pemasaran yang dilakukan

    BalasHapus
  40. 1. Pemasaran social lebih rumit disebabkan karena:
    pandangan masyarakat yang lebih suka pada produk-produk fisik yang berhubungan langsung dengan aktifias kegiatan manusia yang merupakan dasar kebutuhan jasmani dalam kebutuhan hidup sehari-hari, dibandingkan dengan produk social yang berhubungan dengan aktifitas persepsi dan pola pikir manusia, yang kadang masih sulit diterima oleh masyarakat umum karena informasi ataupun suatu program yang kadang bertentangan dengan pola kehudupan dan kebudaayaan masyarakat, seperti program keluarga berencana (kb) yang berpandangan bahwa dua anak lebih baik, namun kebanyakan masyarakat masih banyak pula yang berpandangan jika semakin banyak anak maka akan semakin banyak rejeki pula, begitu pula dengan program lain seperti halnya penggunan kondom yang sekarang masih banyak menimbulkan pro kontra dikalangan masyarakat.

    Dalam pendapatan keuntungan produk social cenderung tidak jelas dan baru dapat dirasakan dalam jangka waktu yang panjang, sebab produk sosial cenderung lebih mengutamakan program dana bantuan yang sifatnya berasal dari sektor pemerintahan yang lebih berorientasi pada pelaksanaan program tertentu yang sifatnya lebih banyak memperkenalkan secara gratis, namun timbal balik keuntunganya akan didapatkan setelah masyarakat mengerti dan tertarik untuk menerepkanya dalam pola kehidupanya

    2. pemasaran sosial menjadikan konsumen sebagai sasaran karena dalam pemasaran social perubahan kea rah yang lebih baik menjadi tujuan utamanya, perubhan yang terjadi pada konsumen tsb menjadi penentu berhasil tidaknya suatu produk pemasaran sosial

    3. 1C4P” dalam marketing mix adalah kumpulan dari variabel-variabel pemasaran yang dapat dikendalikan yang digunakan oleh suatu badan usaha untuk mencapai tujuan pemasaran dalam pasar sasaran yaitu produk (product), harga (price), promosi (promotion) dan distribusi (place). Masing-masing variabel tersebut berinteraksi satu sama lain guna menciptakan suatu permintaan terhadap barang atau jasa yang ditawarkan memberikan manfaat dan diterima baik oleh konsumen

    4. Efektivitas pemasaran social sangat tergantung pada efektivitas komunikasi, karena pada dasarnya pemasaran social bertujuan mengajak pada arah perubahan masyarakat, prosesnya dilakukan dengan promosi dan promosi adalah komunikasi.

    5. cara meningkatkan faktor penentu dalam pemasaran social
    1. Kerjasama dalam meningkatkan upaya pemasaran
    2. Pembentukan criteria dalam sub factor penentu pemasaran sebagai tolak ukur
    3. Menampung alternative pengganti yang dapat meningkatkan upaya pemasaran
    4. Pemantauan langsung untuk mengenali kekurangan dan kelebihan upaya pemasaran yang dilakukan

    BalasHapus
  41. Amin Basri, menjawab..
    1. Mengapa pemasaran sosial lebih rumit ??
    => Karena pemasaran sosial lebih mengutamakan utk meningkatkan penerimaan suatu gagasan atau praktek tertentu pada suatu kelompok masyarakat. Pemasaran sosial ini berbeda dgn pemasaran komersial, sehingga lebih rumit pelaksaannya dan pencapaian hasilnya, karena penggunaan produk sosialnya lebih rumit (seperti penggunaan oralit tdk semudah meminum Fanta), produk sosial hasilny tdk cepat dirasakan, saluran distribusi produk lbh sulit dikontrol, konsumen umumnya tdk mampu, atau rawan terhadap penyakit, berpendidikan rendah.

    2. Jelaskan mengapa pemasaran sosial menjadikan konsumen sebagai sasaran (orientasi) bukan pada produk!
    => konsumen disini yaitu masyarakat lebih diutamakan utk menjadi sasaran(orientasi) karena konsumen disini diharapkan utk menjadi lbh baik dari sebelumnya (pada saat blm dilakukan promosi sosial). bukan produk hasil yg diinginkan, melainkan Produk harus dibuat atau dikembangkan berdasarkan kebutuhan dan keinginan konsumen. Untuk itu diperlukan riset pasar, yang dimaksud dengan pasar adalah khalayak konsumen. Kebutuhan dan keinginan konsumen selalu berkembang sesuai dengan keadaan serta faktor-faktor yang mempengaruhinya.

    3. 1C4P merupakan titik tolak dari konsumen yang dijadikan dalam 1 bauran pemasaran (marketing mix) utk dikembangkan dan dikelola secara terpadu, yaitu konsumen sebagai orientasi dari pemasaran. Titik tolak suatu proses itu adalah Consumer, Product, Price, Promotion, Place.

    4. Efektifitas pemasaran sosial tergantung dari alat, cara pemasaran yg dilakukan serta media yang digunakan, seperti teknis analisis; riset pasar, pengembangan produk, penentuan harga, keterjangkauan, dan promosi. yg utamanya dilakukan oleh SDM yg berkualitas dibidang promosi.

    5. untuk bisa meningkatkan dan memenuhi kesepuluh faktor tersebut adalah dengan meningkatkan SDM yg berkualitas dibidangnya, serta menumbuhkan rasa kebersamaan dalam tim, saling dukung dan tanggung jawab atas masing masing personal dalam melakukan pemasaran sosial.

    BalasHapus
  42. 1.Jelaskan mengapa pemasaran sosial lebih rumit !
    Jawab :
    Pemasaran sosial, adalah strategi “ menjual gagasan “ untuk menggugah pemikiran, sikap, perilaku masyarakat atau kelompok – kelompok tertentu, terhadap isu atau gagasan yang ditawarkan
    Karena pemasaran sosial memiliki proses yang rumit antara lain :
    1. Menganalisis lingkungan pemasaran sosial

    Langkah pertama proses pengelolaan pemasaran social adalah menganalisis secara dini berkenaan dengan kampanye social yang khusus.

    2. Meneliti populasi target adopter

    Perlu dimengerti target adopter berikut kebutuhan-kebutuhannya. Setiap kelompok memiliki karakteristik tertentu dalam menanggapi kampanye social.

    3. Merancang tujuan dan strategi pemasaran sosial


    Tujuan pemasaran sosial haruslah spesifik, terukur (measurable) dan dapat dicapai. Seringkali tujuan tidak diungkapkan secara spesifik, dengan demikian akan sulit untuk diukur, misalnya "peningkatan kesejahteraan anak-anak" atau "peningkatan kualitas hidup".

    4. Merencanakan program pemasaran sosial

    Setelah strategi dirancang, maka harus disiapkan rincian program social marketing-mix-nya. Elemen-elemen social marketing-mix dari media massa harus selektif dan dikembangkan dalam program yang taktis. Maka pertimbangkan hal berikut ini :

    Pemilihan yang hati-hati terhadap biro iklan
    Perancangan dan penampilan iklan
    Seleksi media dan waktu yang tepat

    Penentuan harga adalah alat pemasaran lainnya yang diperlukan dalam program taktis. Hal ini juga dikaitkan pada biaya yang harus dibebankan kepada target adopter untuk beraksi sekarang juga. Pelbagai variasi program taktis akan berbeda satu sama lainnya sesuai produk sosialnya.

    2. Jelaskan mengapa pemasaran sosial menjadikan konsumen sebagai sasaran bukan pada produk!
    Karena yang diharapkan dari pemasaran sosial ini adalah yang dijual adalah perubahan perilaku, bertujuan mengubah perilaku individu atau komunitas, yang di promosikan adalah perilaku dan mengapa perilaku itu dilakukan

    3. Apa itu unsur “1C4P” dalam marketing mix?
    Consumer, Product, Price, Promotion, Place

    4. Efektifitas pemasaran sosial sangat bergantung pada?.......... dan mengapa hal tersebut sangat diperlukan?.....
    PROMOSI
    Promosi sebagai sebuah aktivitas pemasaran yang terencana yang merupakan komunikasi yang bersifat persuasif. Kebanyakan orang mengetahui bahwa upaya-upaya promosi hampir selalu bersifat persuasif, tetapi agaknya orang lupa pada fakta bahwa promosi merupakan suatu bentuk penting komunikasi. Dalam melakukan promosi yang diperlukan adalah komunikasi. Komunikasi yang dipakai dalam suatu promosi sangat menentukan berhasil tidaknya informasi dari pihak perusahaan dapat dimengerti oleh konsumen yang menjadi sasaran komunikasi, dalam arti dengan komunikasi yang tepat konsumen dapat tertarik dengan barang/produk yang ditawarkan.

    5.Bagaimana kita bisa meningkatkannya supaya dapat memenuhi kesepuluh faktor tsb?
    Caranya kita membentuk suatu tim untuk meningkatkan pemasaran dan membuat rencana kerja kesepuluh faktor tersebut, menganalisa masing masing faktor dan melakukan identifikasi masalah serta cara mengatasi setiap kemungkinan masalah yang akan timbul. Setelah program kerja dibuat, kemudian dilaksanakan dan diadakan evaluasi untuk memantau kendala dari setiap faktor yang mempengaruhi pemasaran dan mengetahui perkembangannya.

    BalasHapus
  43. HABIB NASUTION
    NPM 13410040P

    1. Jelaskan mengapa pemasaran sosial lebih rumit!
    Ada beberapa aspek yang menyebabkan mengapa pemasaran sosoal lebih rumit dari pemasaran komersial:
    a. Dari segi produk. Pada pemasaran sosial produk yang digunakan adalah produk yang ditujukan agar ada perubahan dari sikap yang harus lebih baik. Misal untuk meningkatkan derajat kesehatan melalui pemberian himbaun untuk meninggalkan merokok. Dalam hal ini pasti sangat sulit karena meninggalkan rokok akan bukan hal mudah bagi para pecandu rokok. Dibandingkan dengan menjual rokok tentunya akan sangat lebih mudah meski memiliki dampak kesehatan yang tidak baik.
    b. produk sosial sering lebih kontraversial dan terkesan melawan kebiasaan masyarakat yang selama ini telah berlangsung. Misal masyarakat terbiasa melahirkan dengan dukun karena dipandang dukun tersebut adalah orang yang suci meskipun tidak mengetahui pengetahuan medis. Ketika hendak dikenalkan dengan tenaga medis maka pasti akan ditolak.
    c. keuntungan produk sosial tidak cepat dirasakan
    d. saluran distribusi produk sosial lebih sukar digunakan dan di control

    2. Jelaskan mengapa pemasaran sosial menjadikan konsumen sebagai sasaran (orientasi) bukan pada produk!
    Konsumen atau pengguna bukan hanya merupakan sasaran pokok, tetapi juga sebagai pengukur apakah kegiatan yang dilaksanakan cocok, diminati dan berhasil. Konsumen secara sistematis dimintai saran sepanjang proses pemasaran sosial, memberikan data untuk menentukan strategi pemasaran. Selain itu tujuan utama pemasaran sosial adalah terjadinya perubahan prilaku pada konsumen, bukan pada lakunya suatu produk.

    3. Apa itu unsur “1C4P” dalam marketing mix?
    a. Consumer (Konsumen)
    Terbagi menjadi sasaran primer, sasaran sekunder (petugas kesehatan, tokoh masyarakat, anggota keluarga, dan lainnya), dan sasaran Tersier (para pengambil keputusan, penyandang dana, dan orang-orang yang berpengaruh untuk program yang sedang dilaksanakan)
    b. Product (Produk)
    Dapat berupa benda nyata yang dapat dilihat dan diraba seperti kapsul vitamin A, tablet besi, dan bahan lainnya dan dapat pula berupa pelayanan kesehatan seperti penimbangan balita, pemeriksaan kehamilan, imunisasi, atau juga dalam bentuk ide/gagasan seperti berhenti merokok, kesegaran jasmani, jantung sehat dan lainnya.
    c. Price (Harga)
    Yang dimaksud dengan harga bukan hanya yang meliputi uang yang harus dibayarkan, tetapi juga hal-hal lain seperti waktu yang dikorbankan, gerakan fisik yang diperlukan, gaya hidup yang harus berubah, atau ketentraman
    d. Place (Tempat)
    Yang dimaksud tempat ialah lokasi dimana produk dapat diperoleh
    e. Promotion (Promosi)
    Promosi berarti mengkomunikasikan keunggulan dan membujuk konsumen atau kelompok sasaran untuk menggunakan produk yang ditawarkan

    4. Efektifitas pemasaran sosial sangat bergantung pada?.......... dan mengapa hal tersebut sangat diperlukan?.............
    Efektivitas pemasaran sangat tergantung pada efektivitas komunikasi, karena pada dasarnya promosi adalah komunikasi. Komunikasi yang baik akan menghasilkan hubungan yang baik. Dari hubungan yang baik ini produk-produk pasar akan lebih mudah dimasukkan kepada konsumen.

    5. Perhatikan 10 faktor penentu dalam pemasaran sosial. Dari berbagai fenomena yang ada sekarang ini, belum banyak program yang memenuhi 10 faktor tersebut. Bagaimana kita bisa meningkatkannya supaya dapat memenuhi kesepuluh faktor tsb?
    Dari 10 faktor tersebut terlihat bahwa keberhasilan pemasaran sosial sangat ditentukan oleh kerjasama yang baik oleh semua pihak terutama antara pelaksana program dengan pemangku kebijakan dan penyedia dana. Kedua pihak tersebut harus mempunyai komitmen untuk serius dalam melaksanakan pemasaran sosial. Pelaksana program melaksanakan program tersebut dengan sebaik-baiknya sementara para pemangku kebijakan membuat kebijakan yang bersinergi dengan tujuan program pemasaran sosial.

    BalasHapus
  44. 1. Mengapa pemasaran sosial lebih rumit?...
    pemasaran sosial adalah penerapan konsep dan teknik pemasaran untuk mendapatkan manfaat sosial akan tetapi hasil dari pemasaran sosial hasilnya tidak cepat dirasakan bila dibandingkan pemasaran komersial sehingga membuat pemasaran sosial menjadi lebih rumit bila dibandingkan pemasaran komersial. contohnya menggunakan oralit tidak semudah minum coca-cola walaupun sebenarnya nilai manfaat pemasaran sosial baik bagi kesehatan hanya pemahaman masyarakat yang harus ditingkatkan.

    2. pemasaran sosial menjadikan konsumen sebagai sasaran (orientasi) bukan pada produk karena pemasaran sosial lebih berfokus pada kepentingan sosial bukan kepentingan perusahaan yang berorientasi pada keuntungan sebagaimana pemasaran komersial yang menjadikan produk sebagai sasaran(orientasi).

    3. unsur “1C4P” dalam marketing mix meliputi Consumer, Product, Price, Promotion, Place. dan konsumen menjadi titik tolak suatu proses sehingga setiap unsur-unsur tersebut saling berhubungan dan mempengaruhi keberhasilan sebuah produk yang dihasilkan dan di pasarkan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

    4. Efektifitas pemasaran sosial sangat bergantung pada sumber daya manusia atau dalam hal ini adalah orang-arang yang ahli dibidangnya contohnya bidang kesehatan dan mengapa hal tersebut sangat diperlukan agar mampu memberikan penjelasan kepada masyarakat dengan lebih baik dan dapat diterima sehingga hasil dari pemasaran sosial yang diharapkan dapat terwujud.
    5.) Perhatikan 10 faktor penentu dalam pemasaran sosial. Dari berbagai fenomena yang ada sekarang ini, belum banyak program yang memenuhi 10 faktor tersebut. Bagaimana kita bisa meningkatkannya supaya dapat memenuhi kesepuluh faktor tsb?
    yaitu dengan cara kita membentuk suatu tim untuk meningkatkan pemasaran dan membuat rencana kerja sesuai faktor faktor tersebut

    BalasHapus
  45. 1. Mengapa pemasaran sosial lebih rumit? karena pada pemasaran sosial tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan penerimaan suatu gagasan atau praktik tertentu pada suatu kelompok sasaran sehingga ada perubahan perilaku dan peningkatan pengetahuan bagi kelompok sasaran tersebut. meskipun begitu Pemasaran sosial jg menggunakan teknis analisis yang sama seperti pemasaran lain pada umumnya seperti : riset pasar, pengembangan produk, penentuan harga, keterjangkauan, dan promosi.selain itu Penggunaan produk sosial biasanya lebih rumit daripada produk komersial, misalnya menggunakan oralit tidak semudah minum coca-cola. Produk sosial hasilnya tidak cepat dirasakan. Saluran distribusi untuk produk-produk sosial lebih sulit dikontrol karena biasanya menyangkut banyak pihak. Konsumen pada umumnya tidak mampu, atau rawan terhadap penyakit, dan berpendidikan rendah.

    2. Jelaskan mengapa pemasaran sosial menjadikan konsumen sebagai sasaran (orientasi) bukan pada produk!
    Karena Konsumen atau pengguna bukan hanya merupakan sasaran pokok, tetapi juga sebagai pengukur apakah kegiatan yang dilaksanakan cocok,dan diminati oleh sasaran. Konsumen secara sistematis dimintai saran sepanjang proses pemasaran sosial, memberikan data untuk menentukan strategi pemasaran.sehingga dapatpula memberikan jawaban apakah tujuan dari pemasaran tersebut dapat di nilai berhasil atau tidak sebagai contoh apakah perilaku sasaran sudah berubah sesuai dengan yang diharapkan.

    3. Apa itu unsur “1C4P” dalam marketing mix?
    Unsur 1C4P yang terdiri dari Consumer,Produk,Price,Place,dan Promotion merupakan unsur2 penting dalam strategi pemasaran dan bisa dikatakan tidak dapat dipisahkan,karena dapat berguna untuk merumuskan dalam membuat strategi memasarkan produk.sehingga dapat mempengaruhi tanggapan konsumen dan membangun citra produk yang sejalan dengan citra diri konsumen agar tercapainya tujuan pemasaran yang telah di tetapkan sebelumnya.

    4. Efektifitas pemasaran sosial sangat bergantung pada? dan mengapa hal tersebut sangat diperlukan?
    Efektivitas pemasaran sangat tergantung pada bagaimana cara promosi produk tersebut.karena promosi mencakup semua kegiatan perusahaan untuk memperkenalkan produk dan bertujuan agar konsumen tertarik untuk membelinya. Apabila perlu dilakukan dengan cara membujuk konsumen agar segera melakukan transaksi pembelian produk. Untuk mengetahui perilaku konsumen dalam melakukan pembelian perusahan perlu mengetahui bahwa, seringkali konsumen melakukan pembelian dipengaruhi baik oleh emosinya maupun oleh akal sehatnya.


    5. Perhatikan 10 faktor penentu dalam pemasaran sosial. Dari berbagai fenomena yang ada sekarang ini, belum banyak program yang memenuhi 10 faktor tersebut. Bagaimana kita bisa meningkatkannya supaya dapat memenuhi kesepuluh faktor tsb?
    dengan cara membentuk tim marketing yang mempunyai kemampuan untuk memasarkan serta mempromosikan produk kepada konsumen.

    BalasHapus
  46. 1. Mengapa pemasaran sosial lebih rumit?
    Pemasaran sosial lebih rumit dikarenakan produk yang dipasaran semata-mata bukan hanya untuk kepentingan komersial,tp lebih ditekankan pada kebutuhan sosial dimana penggunanya adalah kalangan yang tidak mampu,berpendidikan rendah dan rentan terhadap penyakit sehingga produk yang dihasilkan lebih rumit dan hasilnya tidak dapat cepat dirasakan. Selain itu kontrol terhadap produk sosial lebih sulit karena menyangkut banyak pihak sehingga riset pasarpun menjadi lebih sulit karena dukungan dari pihak-pihak yang terkait banyak keterbatasan.

    2. Mengapa pemasaran sosial menjadikan konsumen sebagai sasaran (orientasi) bukan pada produk?
    Karena pemasaran sosial bertujuan untuk pemenuhan kebutuhan bagi kalangan yang tidak mampu,pendidikan rendah, dan rentan terhadap penyakit.

    3. Apa itu unsur “1C4P” dalam marketing mix?
    Unsur 1C4P dalam marketing mix yaitu konsumen menjadi titik tolak suatu proses yang harus dikembangkan dan dikelola secara terpadu sebagai suatu kesatuan, yang disebut bauran pemasaran. Ada 4 unsur dalam marketing mix,yaitu:
    a. Konsumen
    Konsumen bukan hanya merupakan sasaran pokok, tetapi juga sebagai pengukur kegiatan yang dilaksanakan cocok, diminati dan berhasil atau tidak.
    b. Produk
    Produk tidak selalu berbentuk benda nyata yang dapat dilihat dan diraba,tetapi dapat pula berupa pelayanan kesehatan atau juga dalam bentuk ide/gagasan. Produk inilah yang kemudian dipasarkan sehingga berlangsung proses pertukaran dengan kelompok sasaran. Produk harus dibuat atau dikembangkan berdasarkan kebutuhan dan keinginan konsumen.
    c. Harga
    Harga dalam hal ini bukan hanya meliputi uang yang harus dibayarkan, tetapi juga hal-hal lain seperti waktu yang dikorbankan, gerakan fisik, gaya hidup, atau ketentraman.
    d. Tempat
    Tempat ialah lokasi dimana produk dapat diperoleh.
    e. Promosi
    Promosi berarti mengkomunikasikan keunggulan dan membujuk konsumen atau kelompok sasaran untuk menggunakan produk yang ditawarkan dan dilakukan dengan tema pokok yang mengikat semua unsur pemasaran. Selain itu, promosi tidak dapat dilaksanakan secara serentak, harus ada prioritas, misalnya tahap pertama bersifat memberi informasi, tahap kedua bersifat motivasi, dan tahap ketiga memperkuat atau kemungkinan lainnya.

    4. Efektifitas pemasaran sosial sangat bergantung pada?... dan mengapa hal tersebut sangat diperlukan?
    Efektifitas pemasaran sosial sangat bergantung pada konsumen.
    Karena konsumen sebagai riset pasar, pengembangan produk, penentuan harga, keterjangkauan, dan promosi

    5. Perhatikan 10 faktor penentu dalam pemasaran sosial. Dari berbagai fenomena yang ada sekarang ini, belum banyak program yang memenuhi 10 faktor tersebut. Bagaimana kita bisa meningkatkannya supaya dapat memenuhi kesepuluh faktor tsb?
    Cara meningkatkan untuk dapat memenuhi 10 faktor penentu dalam pasar komersial yaitu melaksanakan 14 langkah dalam mengembangkan kegiatan pemasaran sosial tersebut, yaitu:
    1) Riset Formatif
    2) Penyusunan Strategi
    3) Menguji Coba Strategi
    4) Menulis Arahan Kreatif dan Media
    5) Menentukan Konsultan Kreatif dan Konsultan Media
    6) Menyusun Peran dan Bahan Serta Rencana Media
    7) Menguji Bahan dan Pesan
    8) Memperbaiki Bahan
    9) Penyempurnaan Program
    10) Memproduksi Bahan
    11) Pengumpulan Data Dasar dan Evaluasi
    12) Orientasi dan Pelatihan
    13) Melaksanakan Kegiatan
    14) Memantau dan Memperbaiki

    BalasHapus
  47. 1. Jelaskan mengapa pemasaran sosial lebih rumit!
    Karena Produk-produk yang secara sosial bermanfaat (seperti kondom, pil kontrasepsi, tablet Fe dan oralit) dan sering disubsidi, proses penjualan ternyata sangat rumit. Karena harus meningkatkan motivasi konsumen, merangsang kegiatan perusahaan, agen dan pengecer, meningkatkan potensi kemandirian program dimasa yang akan datang, dan kesemuanya merupakan ukuran keberhasilan program. Teknik- teknik pemasaran menjadi penting untuk “menjual” perilaku baru. Para konsumen harus melakukan pertukaran yang rumit antara perilaku baru serta memerlukan waktu dan daya untuk mendapatkan hasil yang hanya dapat dibuktikan dalam jangka waktu yang panjang dan mungkin membuahkan akibat yang tidak menyenangkan dalam waktu pendek.
    2. Jelaskan mengapa pemasaran sosial menjadikan konsumen sebagai sasaran (orientasi) bukan pada produk Pusat :
    kegiatan pada pemasaran sosial adalah konsumen atau masyarakat, atau pemasaran sosial berorientasi pada konsumen, bukan pada perusahaan seperti pada pemasaran komersial. Hal ini berarti bahwa tingkat keberhasilan kegiatan pemasaran sosial ditentukan berdasarkan ukuran konsumen atau masyarakat.
    produk yang dijual pada marketing sosial berupaya menjual perubahan perilaku sedangkan marketing komersial produk utamanya menjual barang dan jasa

    3. Apa itu unsur “1C4P” dalam marketing mix?
    1C4P yaitu unsur yang saling berkaitan antara peran konsumen dan sasaranya keempat unsur itu adalah (Consumer, Product, Price, Promotion, Place). Konsumen sebagai tolak ukur mempunyai empat unsur yaitu produk, harga, tempat dan promosi. Ke empat unsur tersebut harus dikembangkan dan dikelola secara terpadu sebagai kesatuan dalam rangka memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Keterpaduan unsur – unsur tersebut dikenal sebagai bauran unsur atau marketing mix
    Contoh, Kasus Pemasaran Sosial dalam Kesehatan Masyarakat mengenai PHBS (Perilaku Hidup bersih dan Sehat )

    4. Efektifitas pemasaran sosial sangat bergantung pada? (Consumer, Product, Price, Promotion, Place) dan mengapa hal tersebut sangat diperlukan ? Karena Promosi dilakukan dengan tema pokok yang mengikat semua unsur pemasaran. Jadi, unsur promosi ini tidak lepas dari unsur produk, harga dan tempat, karena ketiga unsur tersebut harus dapat membangun citra produk yang tentu saja harus sejalan dengan citra diri konsumen. Promosi harus dapat merangsang telinga dan mata, dapat dipercaya dan dapat diterima dengan rasa dan akal. Selain itu, promosi tidak dapat dilaksanakan secara serentak, harus ada prioritas, misalnya tahap pertama bersifat memberi informasi, tahap kedua bersifat motivasi, dan tahap ketiga memperkuat atau kemungkinan lainnya.

    5. Perhatikan 10 faktor penentu dalam pemasaran sosial. Cara agar kita bisa meningkatkan program supaya dapat memenuhi kesepuluh faktor tersebut adalah dengan dimulai dari tahap perencanaan yang sesuai dengan tujuan yang akan dicapai. Dengan mengacu pada pencapaian tujuan suatu program kesepuluh faktor tersebut akan dapat

    BalasHapus
  48. 1. Mengapa pemasaran sosial lebih rumit?
    Jawab@ Karena pemasaran sosial diharuskan merubah perilaku dan Cakupan sasaran luas
    Distribusi untuk pemasaran soial lebih sulit dikontrol karena menyangkut banyak pihak
    dan membuat sebuah produk di pemasaran sosial lebih sulit dibandingkan dengan komersial

    2. Jelaskan mengapa pemasaran sosial menjadikan konsumen sebagai sasaran (orientasi) bukan pada produk?
    Jawab@ Karena konsumen disini merupakan penentu apakah suatu pemasaran yang akan dilakukan cocok, diminati dan bahkan penentu keberhasilan dari pemasaran, konsumen disini juga secara sistematis mengikuti jalannya proses pemasaran dengan adanya saran-saran dan informasi data sepanjang proses pemasaran

    3. Apa itu unsur “1C4P” dalam marketing mix?
    jawab @Consumer, Product, Price, Promotion dan Place adalah suatu kesatuan proses yang terpadu dari sistem pemasaran sosial yang harus dikembangkan dan dikelola dengan baik agar dapat membangun citra produk yang dipasarkan. Masing-masing variabel tersebut berinteraksi satu sama lain guna menciptakan suatu permintaan terhadap barang atau jasa yang ditawarkan memberikan manfaat dan dapat diterima baik oleh konsumen.

    4. Efektifitas pemasaran sosial sangat bergantung pada?.......... dan mengapa hal tersebut sangat diperlukan?.............
    jawab @ Efektifitas pemasaran sosial sangat bergantung pada saat berkomunikasi kepada masyarakat dalam memperkenalkan suatu produk. karena komunikasi merupakan faktor utama dalam menentukan keberhasilan suatu produk. di dalam pemasaran memerlukan komunikasi yang membuat masyarakat tertarik dengan ke unggulan dan manfaat yang di dapat dalam pemakaian produk. dengan membuat para audience/masyarakat tertarik dengan suatu produk maka berhasilah pemasaran. karena tingkat ke berhasilan suatu produk di lihat dari seberapa banyak masyarakat yang menggunakannya.

    5. Perhatikan 10 faktor penentu dalam pemasaran sosial. Dari berbagai fenomena yang ada sekarang ini, belum banyak program yang memenuhi 10 faktor tersebut. Bagaimana kita bisa meningkatkannya supaya dapat memenuhi kesepuluh faktor tsb? belum banyak program yang memenuhi 10 faktor tersebut. Bagaimana kita bisa meningkatkannya supaya dapat memenuhi kesepuluh faktor tsb?
    Jaawab @ dengan cara melibatkan peran serta konsumen dalam hal hal ini masyarakat dalam setiap kegiatan juga tentunya didukung dengan manajemen pengelolaan yang baik yang sungguh-sungguh untuk mewujudkan keberhasilan pemasaran sosial. dan meningkatkan kinerja pemasaran soaialnya dengan mengontrol 10 faktor tersebut dengan system yang baik

    BalasHapus
  49. fista rahma widiyanti
    1. Jelaskan mengapa pemasaran sosial lebih rumit!
    Penggunaan produk sosial biasanya lebih rumit daripada produk komersial, misalnya menggunakan oralit tidak semudah minum coca-cola.
    Produk sosial hasilnya tidak cepat dirasakan.
    Saluran distribusi untuk produk-produk sosial lebih sulit dikontrol karena biasanya menyangkut banyak pihak. Konsumen pada umumnya tidak mampu, atau rawan terhadap penyakit, dan berpendidikan rendah.
    2. Jelaskan mengapa pemasaran sosial menjadikan konsumen sebagai sasaran (orientasi) bukan pada produk! Karena Pemasaran sosial memiliki tujuan mengubah kebiasaan dari konsumen. Konsumen yang dimaksudkan adalah masyarakat secara umum, karena bentuk Produk tidak selalu berbentuk benda nyata yang dapat dilihat dan diraba seperti kapsul vitamin A, tablet besi, dan bahan lainnya. Produk dapat pula berupa pelayanan kesehatan seperti penimbangan balita, pemeriksaan kehamilan, imunisasi, atau juga dalam bentuk ide/gagasan seperti berhenti merokok, kesegaran jasmani, jantung sehat dan lainnya.
    3. Apa itu unsur “1C4P” dalam marketing mix? yaitu unsur yang saling berkaitan antara peran konsumen dan sasaranya keempat unsur itu adalah (Consumer, Product, Price, Promotion, Place). Keempat unsur tersebut harus dikembangkan dan dikelola secara terpadu sebagai suatu kesatuan, yang disebut bauran pemasaran atau marketing mix.
    4. Efektifitas pemasaran sosial sangat bergantung pada? konsumen dan mengapa hal tersebut sangat diperlukan? dikarnakan konsumen merupakan Konsumen atau pengguna bukan hanya merupakan sasaran pokok, tetapi juga sebagai pengukur apakah kegiatan yang dilaksanakan cocok, diminati dan berhasil. Konsumen secara sistematis dimintai saran sepanjang proses pemasaran sosial, memberikan data untuk menentukan strategi pemasaran..............

    5. Perhatikan 10 faktor penentu dalam pemasaran sosial. Dari berbagai fenomena yang ada sekarang ini, belum banyak program yang memenuhi 10 faktor tersebut. Bagaimana kita bisa meningkatkannya supaya dapat memenuhi kesepuluh faktor tsb? yaitu dengan cara kita membentuk tim untuk meningkatkan pemesaran sehingga dapat kita tingkatkan dan juga kita turun lansung untuk mengerjakanya dan mengontrol sistem tersebut



    BalasHapus
  50. helga oktora / 13410041P

    1. Jelaskan mengapa pemasaran sosial lebih rumit!
    Ada beberapa aspek yang menyebabkan mengapa pemasaran sosoal lebih rumit dari pemasaran komersial:
    a. Dari segi produk. Pada pemasaran sosial produk yang digunakan adalah produk yang ditujukan agar ada perubahan dari sikap yang harus lebih baik. Misal untuk meningkatkan derajat kesehatan melalui pemberian himbaun untuk meninggalkan merokok. Dalam hal ini pasti sangat sulit karena meninggalkan rokok akan bukan hal mudah bagi para pecandu rokok. Dibandingkan dengan menjual rokok tentunya akan sangat lebih mudah meski memiliki dampak kesehatan yang tidak baik.
    b. produk sosial sering lebih kontraversial dan terkesan melawan kebiasaan masyarakat yang selama ini telah berlangsung. Misal masyarakat terbiasa melahirkan dengan dukun karena dipandang dukun tersebut adalah orang yang suci meskipun tidak mengetahui pengetahuan medis. Ketika hendak dikenalkan dengan tenaga medis maka pasti akan ditolak.
    c. keuntungan produk sosial tidak cepat dirasakan
    d. saluran distribusi produk sosial lebih sukar digunakan dan di control

    2. Pemasaran sosial menjadikan konsumen sebagai sasaran (orientasi) bukan pada produk karena pemasaran sosial lebih berfokus pada kepentingan sosial bukan kepentingan perusahaan yang berorientasi pada keuntungan sebagaimana pemasaran komersial yang menjadikan produk sebagai sasaran(orientasi).

    3. Unsur “1C4P” dalam marketing mix meliputi Consumer, Product, Price, Promotion, Place. dan konsumen menjadi titik tolak suatu proses sehingga setiap unsur-unsur tersebut saling berhubungan dan mempengaruhi keberhasilan sebuah produk yang dihasilkan dan di pasarkan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

    4. Efektifitas pemasaran sosial sangat bergantung pada?.......... dan mengapa hal tersebut sangat diperlukan?.............
    Efektivitas pemasaran sangat tergantung pada efektivitas komunikasi, karena pada dasarnya promosi adalah komunikasi. Komunikasi yang baik akan menghasilkan hubungan yang baik. Dari hubungan yang baik ini produk-produk pasar akan lebih mudah dimasukkan kepada konsumen.


    5. Perhatikan 10 faktor penentu dalam pemasaran sosial. Dari berbagai fenomena yang ada sekarang ini, belum banyak program yang memenuhi 10 faktor tersebut. Bagaimana kita bisa meningkatkannya supaya dapat memenuhi kesepuluh faktor tsb?
    Dari 10 faktor tersebut terlihat bahwa keberhasilan pemasaran sosial sangat ditentukan oleh kerjasama yang baik oleh semua pihak terutama antara pelaksana program dengan pemangku kebijakan dan penyedia dana. Kedua pihak tersebut harus mempunyai komitmen untuk serius dalam melaksanakan pemasaran sosial. Pelaksana program melaksanakan program tersebut dengan sebaik-baiknya sementara para pemangku kebijakan membuat kebijakan yang bersinergi dengan tujuan program pemasaran sosial.

    BalasHapus
  51. 1. Jelaskan mengapa pemasaran sosial lebih rumit!
    Menurut saya alasan konsep pemasaran sosial lebih rumit dari konsep lain karena pada konsep pemasaran sosial ini dilakukan dengan cara memasarkan gagasan atau ide yang menitikberatkan pada kebutuhan, keinginan dan kepentingan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan dengan cara yang lebih efektif dan efisien daripada para pesaing dengan tetap melestarikan atau meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat serta bertujuan untuk mengubah pandangan dan perilaku masyarakat melalui perubahan sosial. sedangkan dalam kehidupan sehari-hari suatu pandangan sosial itulah yang sangat sulit untuk kita ubah sehingga memerlukan konsep yang lebih cermat lagi dalam konsep ini,maka untuk lebih mudah mengubah suatu pandangan sosial tersebut konsep ini perlu memerhatikan, diantaranya :
    * Dalam memasarkan suatu produk harus lebih cenderung produk yang memiliki kegunaan atau kelebihan dalam jangka panjang
    * Dalam konsep ini mesti melihat dari segi kebutuhan sosial yang relatif lebih banyak dari suatu masyarakat.
    * perlu menyesuaikan dengan kondisi keuangan pada masa itu
    * serta harga yang ditawarkan lebih menyesuaikan dengan keadaan sosial di suatu daerah itu sendiri.
    Maka dari segi itulah, konsep pemasaran sosial ini lebih rumit untuk dilakukan dalam proses penerapannya.

    2.. Jelaskan mengapa pemasaran sosial menjadikan konsumen sebagai sasaran (orientasi) bukan pada produk!
    Karena kepuasan pelanggan atau konsumen merupakan tujuan serta kunci utama dari strategi konsep pemasaran sosial ini.

    3. Apa itu unsur “1C4P” dalam marketing mix?
    Unsur 1C4P adalah 4 strategi atau hal hal yang saling mempengaruhi satu sama lain dan sulit jika dipisahkan dalam praktik sehari-hari dalam proses pemasaran karena dapat berpengaruh pada tujuan utama atau mengurangi suatu konsep pemasaran dalam mencapai target sasarannya.

    4. Efektifitas pemasaran sosial sangat bergantung pada?
    Menurut saya yang paling penting adalah Promosi, karena keunggulan suatu produk yang menarik belumlah cukup untuk mengubah suatu pandangan sosial tanpa komunikasi yang baik dalam memberikan informasi, motivasi kepada konsumen. Efektivitas pemasaran sangat tergantung pada efektivitas komunikasi, karena pada dasarnya promosi adalah komunikasi.

    5. Perhatikan 10 faktor penentu dalam pemasaran sosial. Dari berbagai fenomena yang ada sekarang ini, belum banyak program yang memenuhi 10 faktor tersebut. Bagaimana kita bisa meningkatkannya supaya dapat memenuhi kesepuluh faktor tsb?
    Agar kegiatan dalam pemasaran sosial dapat mencapai sasaran, harus dibuat perencanaan dari awal yang mempertimbangkan faktor-faktor yang terkait dengan jenis atau bentuk pemasaran yang akan dilakukan. dari segi kebutuhan sosialnya serta biaya yang relatif semua kalangan dapat menjangkaunya serta yang terpenting dengan tetap harus ditunjang dengan promosi yang baik untuk mencapai target dalam pemasaran tersebut.

    BalasHapus
  52. 1. Pemasaran sosial lebih rumit karena harus meningkatkan motivasi konsumen, merangsang kegiatan perusahaan, agen dan pengecer, meningkatkan potensi kemandirian program dimasa yang akan datang, dan kesemuanya merupakan ukuran keberhasilan program. Teknik- teknik pemasaran menjadi penting untuk menjual perilaku baru. Para konsumen harus melakukan pertukaran yang rumit antara perilaku baru serta memerlukan waktu dan daya untuk mendapatkan hasil yang hanya dapat dibuktikan dalam jangka waktu yang panjang dan mungkin membuahkan akibat yang tidak menyenangkan dalam waktu pendek.

    2. Pemasaran sosial menjadikan konsumen sebagai sasaran (orientasi) bukan pada produk karena pemasaran sosial menekankan pada perubahan perilaku khalayak sasaran secara sukarela untuk meningkatkan kesejahteraan pribadi maupun masyarakat secara umum.

    3. Unsur 1C4P dalam marketing mix, yaitu: Untuk mencapai tujuan pemasaran, maka ke empat unsur tersebut saling mendukung satu dengan yang lain atau dengan kata lain manajemen harus berusaha agar variable-variabel Marketing Mix itu dapat terpadu untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan perusahaan. Jadi tidak hanya satu komponen saja yang diprioritaskan, tetapi apabila perusahaan ingin memenuhi kebutuhan secara memuaskan maka harus didukung oleh keempat unsur tersebut.

    4. Efektifitas pemasaran sosial sangat bergantung pada efektifitas komunikas, karena pada dasarnya promosi adalah komunikasi.

    5. Cara meningkatkan supaya dapat memenuhi kesepuluh faktor tersebut, yaitu dengan cara mengevaluasi kembali dari kesepuluh faktor tersebut mana yang masih belum maksimal dilakukan.Jika telah diketahui faktor mana yang belum maksimal maka perlu dicari penyebab dan solusinya. Misalnya faktor manajemen apabila kelemahannya adalah SDM nya maka dilakukan pembinaan terhadap SDM yang sudah ada.

    BalasHapus

  53. 1.Jelaskan mengapa pemasaran sosial lebih rumit ?
    Pemasaran Sosial merupakan suatu penerapan konsep dan teknik pemasaran untuk mendapatkan manfaat sosial yang penggunaan prinsip dan teknik pemasarannya untuk masalah sosial, ide atau perilaku. Namun pada penggunaan produk sosial biasanya lebih rumit dibandingkan dengan produk komersial, misalnya menggunakan oralit tidak semudah minum coca-cola walaupun sebenarnya nilai manfaat pemasaran sosial baik bagi kesehatan hanya saja pemahaman masyarakat yang masih kurang dan harus ditingkatkan.Selain itu juga produk sosial hasilnya tidak cepat dirasakan dan saluran distribusi produk sosial lebih sukar digunakan dan di control, serta ukuran keberhasilan “penjualan” atau adopsi produk sosial lebih berat dari produk komersial.

    2.Jelaskan mengapa pemasaran sosial menjadikan konsumen sebagai sasaran (orientasi) bukan pada produk ?
    Karena pada pemasaran sosial konsumen menjadi titik tolak suatu proses yang mempunyai empat unsur yaitu :Consumer, Product, Price, Promotion, Place. Konsumen atau pengguna bukan hanya merupakan sasaran pokok, tetapi juga sebagai pengukur apakah kegiatan yang dilaksanakan cocok, diminati dan berhasil.Selain itu juga pemasaran sosial lebih berfokus pada kepentingan sosial bukan kepentingan perusahaan yang berorientasi pada keuntungan sebagaimana pemasaran komersial yang menjadikan suatu produk sebagai sasaran.

    3.Apa itu unsur “1C4P” dalam marketing mix?
    Marketing Mix merupakan suatu strategi marketing yang menekankan pada bagaimana cara menjual sebuah produk seefektif mungkin agar proses penjualan berjalan lancar.
    Unsur Marketing Mix:
    1. Cosumer (konsumen)
    adalah sasaran pokok dan sebagai pengukur apakah kegiatan yang dilaksanakan cocok, diminati dan berhasil.
    2.Product
    Produk adalah barang atau jasa yang dapat diperjual belikan.
    3.Price (harga)
    Harga adalah sejumlah uang yang dibebankan atas suatu produk atau jasa, atau jumlah dari nilai yang ditukar konsumen atas manfaat - manfaat karena memiliki atau menggunakan produk atau jasa tersebut.
    4.Place(tempat)
    Tempat adalah proses yang membuat sebuah produk dapat terdistribusi dan terjangkau oleh pelanggan dengan baik.
    5. Promotion
    Promosi dalam marketing mix meliputi komunikasi pemasaran yang lengkap terpadu yang pada gilirannya meliputi iklan serta promosi penjualan.

    4. Efektifitas pemasaran sosial sangat bergantung pada?(.konsumen) dan mengapa hal tersebut sangat diperlukan?
    Efektifitas pemasaran sosial bergantung pada konsumen, karena konsumen bukan hanya sebagai sasaran pokok tetapi juga sebagai alat ukur untuk menentukan strategi pemasaran.

    5. Perhatikan 10 faktor penentu dalam pemasaran sosial. Dari berbagai fenomena yang ada sekarang ini, belum banyak program yang memenuhi 10 faktor tersebut. Bagaimana kita bisa meningkatkannya supaya dapat memenuhi kesepuluh faktor tsb?
    Yang dapat kita lakukan dari faktor manajemen, konsumen dan kelompok sasaran adalah dengan melakukan kerjasama antar tim dalam menentukan strategi dalam pemasaran sosial dan dengan melakukan penelitian untuk menetukan strategi pemasaran. Dari hasil penelitian tersebut kita bisa menentukan strategi pemasaran (sasaran konsumen, biaya, saluran komuniksi, biaya, menetukan identitas produk, manfaat produk ) kemudian melakukan uji coba, memantau dan mengevaluasi produk.







    BalasHapus
  54. 1. Karena pemasaran sosial adalah penerapan konsep dan teknik pemasaran untuk mendapatkan manfaat social dan juga karena :
    a. Penggunaan produk sosial biasanya lebih rumit daripada produk komersial, misalnya menggunakan oralit tidak semudah minum coca-cola
    b. Produk sosial hasilnya tidak cepat dirasakan
    c. Saluran distribusi untuk produk-produk sosial lebih sulit dikontrol karena biasanya menyangkut banyak pihak.
    d. Konsumen pada umunya tidak mampu, atau rawan terhadap penyakit, berpendidikan rendah

    2. Karena Konsumen atau pengguna bukan hanya merupakan sasaran pokok, tetapi juga sebagai pengukur apakah kegiatan yang dilaksanakan cocok, diminati dan berhasil. Konsumen secara sistematis dimintai saran sepanjang proses pemasaran sosial, memberikan data untuk menentukan strategi pemasaran.
    Stategi sasaran adalah suatu proses mengelompokkan sasaran ke dalam sub-sub kelompok yang lebih homogen yang memiliki kesamaan kebutuhan atau kesamaan karakter. Pembagian sub-kelompok dapat dilakukan sebagai berikut:
    1) Sasaran primer: sasaran pokok yang diharapkan dapat berubah perilakunya, ke perilaku yang diharapkan
    2) Sasaran sekunder: sasaran antara yang mempunyai pengaruh terhadap s.asaran primer (misal; petugas kesehatan, tokoh masyarakat, anggota keluarga, dan lainnya)
    3) Sasaran tersier: sasaran penunjang yang turut menentukan keberhasilan program, seperti para pengambil keputusan, penyandang dana, dan orang-orang yang berpengaruh untuk itu.

    3. Yaitu Consumer, Product, Price, Promotion, Place.
    4. Efektivitas pemasaran sangat tergantung pada efektivitas komunikasi, karena pada dasarnya promosi adalah komunikasi. Promosi dapat dilakukan melalui komunikasi massa (TV, radio, koran, dan media cetak) serta komunikasi interpersonal (antar pribadi). Promosi dilakukan dengan tema pokok yang mengikat semua unsur pemasaran. Jadi, unsur promosi ini tidak lepas dari unsur produk, harga dan tempat, karena ketiga unsur tersebut harus dapat membangun citra produk yang tentu saja harus sejalan dengan citra diri konsumen. Promosi harus dapat merangsang telinga dan mata, dapat dipercaya dan dapat diterima dengan rasa dan akal. Selain itu, promosi tidak dapat dilaksanakan secara serentak, harus ada prioritas, misalnya tahap pertama bersifat memberi informasi, tahap kedua bersifat motivasi, dan tahap ketiga memperkuat atau kemungkinan lainnya.
    5. Memberikan perencanaan yang baik, memberikan pelatihan sehingga tercipta SDM yang baik, melakukan koordinasi disetiap lini, melakukan Monitoring dan Evaluasi, memberikan reward and punishment.

    BalasHapus
  55. 1. Jelaskan mengapa pemasaran sosial lebih rumit.?
    karena Dalam proses pemasaran, produk social pemasaranya lebih rumit dibandingkan dengan produk komersial, permasalahahan tersebut disebabkan karena pandangan masyarakat yang lebih suka pada produk-produk fisik yang berhubungan langsung dengan aktifias kegiatan manusia yang merupakan dasar kebutuhan jasmani dalam kebutuhan hidup sehari-hari, dibandingkan dengan produk social yang berhubungan dengan aktifitas persepsi dan pola pikir manusia, yang kadang masih sulit diterima oleh masyarakat umum karena informasi ataupun suatu program yang kadang bertentangan dengan pola kehudupan dan kebudaayaan masyarakat, seperti program keluarga berencana (kb) yang berpandangan bahwa dua anak lebih baik, namun kebanyakan masyarakat masih banyak pula yang berpandangan jika semakin banyak anak maka akan semakin banyak rejeki pula, begitu pula dengan program lain.

    2. ) Jelaskan mengapa pemasaran sosial menjadikan konsumen sebagai sasaran (orientasi) bukan pada produk.?
    karena pemasaran sosial lebih berfokus pada kepentingan sosial bukan kepentingan perusahaan, dan Manajemen pemasaran ingin merancang strategi yang akan membangun hubungan yang menguntungkan dengan konsumen sasaran, Biasanya tujuan atau orientasi dari Pemasaran ini akan lebih pada ingin melayani kebutuhan atau keinginan pelanggan (customer)nya daripada sekedar memproduksi barang atau jasa kemudian menjualnya.

    3.) Apa itu unsur “1C4P” dalam marketing mix?
    unsur "1CAP" adalh sebuah tingkatan yang menggabungkan unsur2 atau elemen penting pemasaran benda atau jasa, seperti keunggulan produk, penetapan harga, pengemasan produk, periklanan, persediaan barang, distribusi dan anggaran pemasaran, dalam usaha memasarkan sebuah produk atau jasa.

    4.) . Efektifitas pemasaran sosial sangat bergantung pada?.......... dan mengapa hal tersebut sangat diperlukan?
    tergantung pada pengetahuan akan kebutuhan dan keinginan target pasar dan memberikan kepuasan yang diinginkan dengan lebih baik dari pada pesaing. dan mengapa hal tersebut sangat diperlukan? karena Dengan konsep ini, fokus dan nilai pelanggan adalah jalan menuju penjualan dan keuntungan. Filosofinya yaitu “membuat dan menjual” yang berpusat pada produk. Konsep pemasaran adalah filosofi “merasakan dan merespon” yang berpusat pada pelanggan. Konsep ini memandang pemasaran bukan sebagai kegiatan berburu tetapi sebagai kegiatan berkebun. Pekerjaan yang dilakukan bukanlah menemukan pelanggan yang tepat buat produk anda tapi menemukan produk yang tepat bagi pelanggan.

    5.) Perhatikan 10 faktor penentu dalam pemasaran sosial. Dari berbagai fenomena yang ada sekarang ini, belum banyak program yang memenuhi 10 faktor tersebut. Bagaimana kita bisa meningkatkannya supaya dapat memenuhi kesepuluh faktor tsb?
    Cara meningkatkan 10 faktor tersebut dengan cara 1. Bekerja lebih cerdas, 2. Menjangkau pasar global, 3.Berpikir di luar kotak, 4. Memanfaatkan teknologi, 5. Usahakan selalu dekat dengan pelanggan, 6. Menjaga klien yang sudah ada dan mendapatkan klien yang baru, dengan cara2 tersebut setidaknya bisa memenuhi 10faktor yg ada.

    BalasHapus
  56. 1. Jelaskan mengapa pemasaran sosial lebih rumit!
    Jawab :
    Dalam proses pemasaran, produk social pemasaranya lebih rumit dibandingkan dengan produk komersial, permasalahahan tersebut disebabkan karena pandangan masyarakat yang lebih suka pada produk-produk fisik yang berhubungan langsung dengan aktifias kegiatan manusia yang merupakan dasar kebutuhan jasmani dalam kebutuhan hidup sehari-hari, dibandingkan dengan produk social yang berhubungan dengan aktifitas persepsi dan pola pikir manusia, yang kadang masih sulit diterima oleh masyarakat umum karena informasi ataupun suatu program yang kadang bertentangan dengan pola kehudupan dan kebudaayaan masyarakat, seperti program keluarga berencana (kb) yang berpandangan bahwa dua anak lebih baik, namun kebanyakan masyarakat masih banyak pula yang berpandangan jika semakin banyak anak maka akan semakin banyak rejeki pula, begitu pula dengan program lain seperti halnya penggunan kondom yang sekarang masih banyak menimbulkan pro kontra dikalangan masyarakat.

    2. Jelaskan mengapa pemasaran sosial menjadikan konsumen sebagai sasaran (orientasi) bukan pada produk!
    Jawab :
    Konsumen menjadi titik tolak suatu proses yang mempunyai empat unsur;Consumer, Product, Price, Promotion, Place. Keempat unsur tersebut harus dikembangkan dan dikelola secara terpadu sebagai suatu kesatuan.
    Konsumen atau pengguna bukan hanya merupakan sasaran pokok, tetapi juga sebagai pengukur apakah kegiatan yang dilaksanakan cocok, diminati dan berhasil. Konsumen secara sistematis dimintai saran sepanjang proses pemasaran sosial, memberikan data untuk menentukan strategi pemasaran. Stategi sasaran adalah suatu proses mengelompokkan sasaran ke dalam sub-sub kelompok yang lebih homogen yang memiliki kesamaan kebutuhan atau kesamaan karakter

    3. Apa itu unsur “1C4P” dalam marketing mix?
    Jawab
    Marketing Mix adalah suatu strategi marketing yang menekankan bagaimana cara menjual produk seefektif mungkin. Berdasarkan data - data yang diperoleh dan dikumpulkan, baik melalui proses komputerisasi maupun data yang dikoleksi berdasarkan langganan, agar proses penjualan berjalan lancar.
    UNSUR marketing mix:
    1. cosumer (konsumen)
    adalah sasaran pokok dan sebagai pengukur apakah kegiatan yang dilaksanakan cocok, diminati dan berhasil.
    2.Product
    Produk adalah barang atau jasa yang dapat diperjualbelikan.
    3.price (harga)
    Harga adalah sejumlah uang yang dibebankan atas suatu produk atau jasa, atau jumlah dari nilai yang ditukar konsumen atas manfaat - manfaat karena memiliki atau menggunakan produk atau jasa tersebut.
    4.place(tempat)
    Tempat adalah proses yang membuat sebuah produk dapat terdistribusi dan terjangkau oleh pelanggan dengan baik.
    5. Promotion
    Promosi dalam marketing mix meliputi komunikasi pemasaran yang lengkap terpadu yang pada gilirannya meliputi iklan serta promosi penjualan

    4. Efektifitas pemasaran sosial sangat bergantung pada? dan mengapa hal tersebut sangat diperlukan?.............
    Jawab:
    Pada dasarnya efektivitas pemasaran sangat tergantung pada efektivitas komunikasi yang bisa disebut juga dgn Promosi.
    Promosi dilakukan dengan tema pokok yang mengikat semua unsur pemasaran. Jadi, unsur promosi ini tidak lepas dari unsur produk, harga dan tempat, karena ketiga unsur tersebut harus dapat membangun citra produk yang tentu saja harus sejalan dengan citra diri konsumen.

    5. Perhatikan 10 faktor penentu dalam pemasaran sosial. Dari berbagai fenomena yang ada sekarang ini, belum banyak program yang memenuhi 10 faktor tersebut. Bagaimana kita bisa meningkatkannya supaya dapat memenuhi kesepuluh faktor tsb?
    Jawab:
    Menurut saya dalam upaya memnuhi ke 10 faktor tersebut, maka hal pertama yang harus kita lakukan adalah dengan perencanaan yang matang, memperjelas dan mempertegas target yang akan dicapai, dan memperhatikan setiap detail yang akan dilaksanakan.

    BalasHapus
  57. NM. Trankko Negara, menjawab:

    1. Jelaskan mengapa pemasaran sosial lebih rumit!
    Pemasaran sosial dinilai sulit karena hasil dari pemsaran sosial tidak dapat dirasakan dalam waktu yang singkat, pemasaran soial untuk digunakan untuk mengubah masyarakat dengan mengenalkan dan mempromosikan ide dan gagasan mutakhir pada masyarakat. kegiatan ini dilakukan dengan tahapan yang dimulai dari analisis, perencanaan, implementasi, sampai dengan pengawasan. sehingga papa yang kita harapkan dan diinginkan masyarakat merupakan hal yang diinginkan bersama.
    Pemasaran sosial menggunakan teknik pemasaran dalam aplikasinya sehingga bisa diambil kesimpulan bahwa teknik ini diharapkan bisa mengubah prilaku sosial masyarakat yang menjadi objek pemasaran soial ini.

    2. Jelaskan mengapa pemasaran sosial menjadikan konsumen sebagai sasaran (orientasi) bukan pada produk!
    Konsumen disini juga diletakkan sebagai acuan penilaian apakah strategi yang digunakan telah sesuai dengan keinginan masyarakat tersebut atau tidak, masyarakat dilibatkan dalam proses perencanaannya sehingga apa yang di harapkan bersama dapat tercapai.

    3. Apa itu unsur “1C4P” dalam marketing mix?
    Consumer (Konsumen)
    Konsumen atau pengguna bukan hanya merupakan sasaran pokok, tetapi juga sebagai pengukur apakah kegiatan yang dilaksanakan cocok, diminati dan berhasil.
    a. Product
    Produk merupakan elemen yang paling penting, produk atau jasa sangat erat hubungannya dengan target market yang dipilih untuk menentukan apakah produk ini sesuai dengan yang diharapkan atau tidak
    b. Price
    hraga atau price dinilai bukan hanya dari nilai suatu produc saja tetapi diliha juga dari kesulitan memperolehnya, tenaga yang dikeluarkan dan waktu yang digunakan, sehingga tidak terjadi kerugian dalam penerapan harga.
    c. Place
    perusahaan menciptakan produk dan memberikan kelayakan harga, setelah itu yang dilakukan adalah menempatkan barang tersebut pada lingkungan yanag memang menginginkanya atu bisa dikatakan produk itu berada ditengah-tengah masyarakat yang menginginkannya
    d. Promotion
    hal ini berkaitan dengan informasi tentang produk ataupun jasa yang hendak dipasarkan. Ada beberapa cara untuk menyebarkan informasi ini, antara lain periklanan , promosi penjualan, dan Publisitas (Publicity). kegiatan ini dilakukan dengan cara yang berkelanjutan sehingga akan diperoleh hasil yang memuaskan.

    4. Efektifitas pemasaran sosial sangat bergantung pada?.......... dan mengapa hal tersebut sangat diperlukan?.............
    Efektivitas pemasaran sangat tergantung pada efektivitas komunikasi, karena teknik penyampaian atau kominikasi yang mudah dipahami dan tertata rapih merupakan jembatan untuk tercapainya pemsaran sosial. teknik mempengaruni atau membuat orang tertarik untuk melakukanya merupakan nilai utama dalam pemasaran soial sehingga ini yang menjadikannya sangat penting.

    5.10 faktor penentu dalam pemasaran sosial. Dari berbagai fenomena yang ada sekarang ini, belum banyak program yang memenuhi 10 faktor tersebut. Bagaimana kita bisa meningkatkannya supaya dapat memenuhi kesepuluh faktor tsb? bisa dilakukan dengan cara nyampaian strategi-strategi dalam suatu wadah kelompok yang memang dibentuk khusus untuk mencapai dan memenuhi kesepuluh faktor tersebut.

    BalasHapus
  58. perbaikan jawaban nomor 5.
    awalnya membuat rencana yang matang kalau sudah menemukan rencana -rencana yang sudah mantap dan matang lalu kita melaksanakannya/implementasi pelaksanaan ini kita harus sering memantau keadaan setelah itu kita meng evaluasi hasil-kegiatan yang telah dilaksanakan setelah kita evaluasi kita telaah lagi hasilnya,kalau hasil belum baik juga kita membuat sebuah tim menyusun rencana-rencana yang lebih bagus lagi dan mengumpulkan ide-ide dari tim sehingga akan membuahkan hasil yang memuaskan

    BalasHapus
  59. Perbaikan jawaban no 3:
    Marketing mix atau 4P merupakan suatu set peralatan pemasaran yang digunakan oleh suatu perusahaan untuk mencapai obyek pemasaran yang ditetapkan dalam pasar sasaran. Marketing mix meliputi produk, harga, promosi dan distribusi. Dalam bauran produk, perusahaan hendaknya memilih jenis produk yang akan diproduksi dan menciptakan suatu produk yang dapat diterima oleh masyarakat. Keputusan mengenai produk meliputi bentuk fisik, pemberian merek, bungkusan/kemasan, warna, mutu, ciri dan keistimewaan yang dimiliki.

    Perbaikan untuk no 5 :
    Kumpulan lembaga-lembaga yang melakukan tugas pemasaran, barang, jasa, ide, orang dan faktor-faktor lingkungan yang saling memberikan pengaruh, dan membentuk serta mempengaruhi hubungan perusahaan dengan pasarnya. yang harus dilakukan Mempersiapkan rencana/strategi umum bagi perusahaan, Melaksanakan rencana tersebut, Mengadakan evaluasi, menganalisa dan mengawasi rencana tersebut dalam pelaksanaannya. (untuk mengukur hasil dan penyimpangannya serta untuk mengendalikan aktivitas). sehingga tercapainnya 10 faktor tersebut.

    Maaf bu perbaikannya baru hari ini.

    BalasHapus
  60. 1. Jelaskan mengapa pemasaran sosial lebih rumit!
    di karenakan Kegiatan pemasar untuk menjalankan usaha (profit dan nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang dan jasa, mendistribusikan, mempromosikan melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan pemasaran.untuk menganjurkan orang untuk mengubah perilakunya agar perilaku orang tersebut sesuai dengan yang kita harapkan dengan penerapan konsep dan teknik pemasaran untuk mendapatkan manfaat social, yang didalamnya banyak tantangan yang harus kita hadapi, dari tingkat pendidikan, social, adt istiadat sehingga seseorang atau sekelompok orang tersebut tahu, mau dan mampu merubah perilakunya sesuai dengan yang kita harapkan

    2. Jelaskan mengapa pemasaran sosial menjadikan konsumen sebagai sasaran (orientasi) bukan pada produk,,
    di karenakan dalam pemasaran yakni harus mecapai dan hasil yang memuaskan dan apa bila tujuan tersebuat belum mencapai hasil yang kita ingin kan berarti pemasaran yang kita jalan kan belum sesuai dengan tiori yg kita dapatkan,
    dan semuanya harus di evaluasi kembali
    dan Konsumen menjadi titik tolak suatu proses yang mempunyai empat unsur;Consumer, Product, Price, Promotion, Place. Keempat unsur tersebut harus dikembangkan dan dikelola secara terpadu sebagai suatu kesatuan
    Konsep produk. Menyatakan bahwa konsumen menyukai produk yang menawarkan kualitas, kinerja, fitur yang inovatif yang terbaik. Berdasarkan konsep ini, strategi pemasaran berfokus pada perbaikan produk yang berkelanjutan.

    BalasHapus
  61. 3.Apa itu unsur “1C4P” dalam marketing mix
    Konsep marketing mix merupakan salah satu konsep dalam pemasaran modern pada saat sekarang ini, dalam merketing mix terdapat beberapa unsur yang ada di antaranya:
    1 Product (Produk)
    2 Price (Harga)
    3 Place (distribusi/tempat
    1 Product (produk)
    Produk adalah sesuatu yang dapat ditawarkan pada suatu pasar guna mendapatkan perhatian untuk dimiliki, digunakan, dikonsumsi yang dapat memuaskan kebutuhan.
    Suatu produk dapat berupa suatu benda, jasa dan keinginan lain-lain untuk melukiskan sesuatu yang dapat memenuhi keinginan. Untuk itu setiap pengusaha harus mengetahui perkembangan kebutuhan konsumen melalui penelitian pasar agar dapat mengetahui dan dapat menyesuaikan diri dalam menciptakan produk.
    2 Price (harga)
    Harga merupakan alat untuk mengukur nilai suatu barang, harga bagi produsen merupakan penentu bagi permintaan pasar dan mempengaruhi posisi pesaing perusahaan dalam merebut konsumen.
    Harga merupakan indicator dari pada barang, dalam menetapkan harga perlu hati-hati dalam memperhatikan potensi pasar. Oleh sebab itu, menentukan harga perlu diperhatikan agar harga yang ditetapkan dapat dijangkau oleh konsumen disamping itu dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan.
    3 Plavce (distribusi/tempat)
    Produk yang telah dihasilkan oleh suatu perusahaan akan lebih berguna bagi kensumen/pembeli apabila produk tersebut tersedia pada tempat dan saat dimana saja dibutuhkan.
    Dalam pencapain tujuan utama dari pemasaran yakni menyalurkan barang-barang atau jasa.Secara efisien dari produsen ke konsumen, maka diperlukan adanya kegiatan penyaluran (distribusi) sebagai mata rantai yang harus dilalui oleh barang-barang dari produsen ke konsumen pada waktu dan jumlah yang tepat ,Dan semua nya bertujuan yang sama yaitu mencari hasil yg memuaskan dan tercapainya pemasaran tersebut.

    4. Efektifitas pemasaran sosial sangat bergantung pada?.......... dan mengapa hal tersebut sangat diperlukan?.............
    Pemasaran sosial dilakukan dengan tema pokok yang mengikat semua unsur pemasaran. Jadi, unsur pemasaran ini tidak lepas dari unsur produk, harga dan tempat, karena ketiga unsur tersebut harus dapat membangun citra produk yang tentu saja harus sejalan dengan citra diri konsumen. Pemasaran harus dapat merangsang telinga dan mata, dapat dipercaya dan dapat diterima dengan rasa dan akal. Selain itu, pemasaran tidak dapat dilaksanakan secara serentak, harus ada prioritas, misalnya tahap pertama bersifat memberi informasi, tahap kedua bersifat motivasi, dan tahap ketiga memperkuat atau kemungkinan lainnya.

    5. 10 faktor penentu dalam pemasaran sosial. Dari berbagai fenomena yang ada sekarang ini, belum banyak program yang memenuhi 10 faktor tersebut. Bagaimana kita bisa meningkatkannya supaya dapat memenuhi kesepuluh faktor tsb
    10 faktor pemasaran sosial adalah,
    1.Manajemen
    2. Konsumen
    3. Kelompok Sasaran.
    4. Identitas
    5. Manfaat
    6. Biaya
    7. Ketersediaan
    8. Saluran Komunikasi
    9. Pemantauan dan Perbaikan
    10. Evaluasi
    dan cara meningkat kan agar memenuhi kesepuluh faktor tersebut
    adalah,
    1)Memperbaharui halaman yakni apa yang kita promosikan atau kita pasarkan haru semanarik mungkin dan tulisannya singkat padat dan jelas
    2)Menggunakan fasilitas yang dapat di mengerti oleh konsumen dan jlas
    3)Mnggunakan bahasa yg dapat di mngerti oleh konsumen
    4)Menyenangkan pelanggan yg kita tuju dalam pemasaran
    5)kepemimpinan yang kuat merupakan sebuah prioritas untuk bisnis Anda di tahun mendatang, dengan kata lain eksistensi di media sosial sangat penting.




    BalasHapus