Rabu, 14 Mei 2014

Domain Perilaku- part 5





 
 

18 komentar:

  1. 1.menurut saya tingkat kemampuan saya ada pada tingkat analisis karena sebagai mahasiswa pasti mampu untuk menganalisa suatu hal. untuk sintestik dan evaluasi masih dibutuhkan pengalaman dan pembiasaan.
    2.cara pengukuran sikap secara tidak langsung salah satunya dapat dilakukan dengan observasi
    contoh : misal disuatu desa tiap keluarga mempunyai tempat MCK yang baik dan tempat membung sampah yang baik, maka dapat disimpulkan bahwa sikap warga terhadap kesehatan dan kebersihan adalah positif.
    3.cara pengukuran prilaku secara langsung dengan cara observasi atau meninjau langsung.
    contoh: mengamati kegiatan siswa untuk hal merokok apakah banyak atau sedikit yang merokok disekitar lingkungan sekolah.
    cara ppengukuran prilaku secara tidak langsung dapat dilakukan dengan memberikan pertanyaan".
    contoh : memberikan pritest dan postes pada suatu penyuluhan atau seminar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke delvi.... hny sj contoh utk pengukuran perilaku secara langsung tertukar dgn perilaku tdk langsung

      Hapus
  2. Yolan sasana putra
    13410015
    Hadir buk

    BalasHapus
  3. 1. menurut saya, tingkat kemampuan saya ada pada tingkat analisis dimana saya sudah dapat memisahkan, membedakan, dan mengelompokan sesuatu pengetahuan. namun, masih dalam tahap pembelajaran dalam kehidupan keseharian.

    2. cara pengukuran sikap secara tidak langsung salah satu nya menurut saya dengan wawancara ke beberapa orang dari mewawancarai orang tersebut kita dapat mengamati perubahan sikap orang tersebut
    misalnya, pada suatu desa terkena wabah malaria, kemudia kita datang ke daerah itu dan melakukan wawancara dengan orang-orang tersebut, setelah kita mendapatkan data maka kita dapat mengetahui perubahan sikap yang terjadi di daerah itu, kemudian setelah kita tahu kita dapat menentukan langkah untuk menanggulanginya

    3. cara mengukur perilaku secara langsung yaitu dengan pengamatan (obsevasi) mengamati tindakan dari subyek tertentu
    misalnya, kita datang ke sebuah tempat yang orang-orangnya sedikit kasar (brutal) dan kita amati seseorang yang baru ber imigrasi ke daerah itu, pasti secara lambat laun warga imigran tersebut akan mengikuti sikap lingkungan sekitarnya
    Sedangkan secara tidak langsung menggunakan metode mengingat kembali (recall). Metode ini dilakukan melalui pertanyaan pertanyaan terhadap subyek tentang apa yang telah dilakukan
    misalnya seperti kemarin kita ke SD Negri 1 Karang Anyar setelah selesai penyuluhan kita memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk melihat apakah anak-anak SD tersebut mengerti materi penyuluhan kita. kemudian kita datang 3-4 minggu untuk melihat apakah anak-anak SD itu melakukan anjuran kita selama penyuluhan.

    BalasHapus
  4. 1.Menurut saya tingkat kemampuan saya ada pada tingkat sintesis dan evaluasi,karena kita tau sintesis dan evaluasi ini saling mengisi,sintesis menggabungkan data-data yang ada lalu kita evaluasi sehingga kita mendapatkan data-data yang baru jadi kita tidak terpaku dari data yang ada tetapi kita selalu berkembang dan termotifasi dengan hal-hal yang baru tanpa melupakan yang lama.
    2.cara pengukuran sikap secara tidak langsung pada kesadaran subjek akan sikap dan kesiapannya untuk dikomunikasikan secara lisan (verbal). Dengan teknik demikian, subjek juga tahu bahwa sikapnya sedang diukur, dan pengetahuan atas ini mungkin akan mempengaruhi jawabannya. Adakah responden menjawab sejujurnya?
    Sebab kemungkinan untuk menjawab tidak jujur dalam arti tidak seperti apa adanya adalah besar sekali.
    contoh Apabila kita ditanya tentang perasaan atau sikap kita tentang teman kita, kemungkinan besar akan menjawab yang positif meskipun tidak demikian halnya. Sebenarnya problem ini sudah dikurangi dengan konstruksi item yang secermat-cermatnya. Namun demikian tidak berarti bahwa problem tersebut sudah teratasi sepenuhnya.Di dalam teknik tidak langsung ini, subjek tidak tahu bahwa tingkah laku atau sikapnya sedang diteliti. Teknik tidak langsung khususnya berguna bila responden kelihatan enggan mengutarakan sikapnya secara jujur.
    3.cara pengukuran prilaku secara langsung dan tidak langsung
    Secara langsung, yakni dengan pengamatan (obsevasi), yaitu mengamati tindakan dari subyek dalam rangka memelihara kesehatannya.
    Sedangkan secara tidak langsung menggunakan metode
    mengingat kembali (recall). Metode ini dilakukan melalui pertanyaan pertanyaan
    terhadap subyek tentang apa yang telah dilakukan berhubungan dengan obyek tertentu.
    contoh perilaku secara langsung dan tidak langsung dapat dipengaruhi oleh perilaku tokoh masyarakat (toma), tokoh agama (toma), sikap dan perilaku pada petugas kesehatan. Termasuk juga disini undang-undang peraturan-peraturan
    baik dari pusat maupun dari pemerintah daerah yang terkait dengan kesehatan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. So brave answer for the first question... okayy

      Hapus
  5. 1.Menurut saya Memahami (Comprehension) Buk.. Memahami diartikan sebagai suatu kemampuan menjelaskan secara benar tentang objek yang diketahui dan dapat menginterpretasi materi tersebut secara benar. Orang yang telah paham terhadap objek atau materi harus dapat menjelaskan, menyebutkan contoh, menyimpulkan, meramalkan, dan sebagainya terhadap objek yang dipelajari. Misalnya dapat menjelaskan mengapa harus makan makanan yang bergizi.

    2.Contoh pengukuran sikap secara tidak langsung adalah misalnya saja di suatu desa masyarakatnya selalu mengubur barang2 bekas yg bisa menampung air supaya tidak dapat untuk berkembang biyaknya nyamuk dan selalu mencuci tangan sebelum makan agar terhindar dari bakteri

    3.Contohnya dengan cara observasi langsung ataupun dengan wawancara. Kemudian diambil kesimpulan dari data yg diperoleh
    Misal: jika di suatu desa tiap keluarga mempunyai tempat MCK sanitasi, dan tempat sampah yang baik, maka dapat disimpulkan bahwa sikap warga desa terhadap kesehatan dan kebersihan adalah positif. Dan begitu sebaliknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. You should increase your knowledge level young man.!
      Jwbn nomor 2&3 msh krg tepat n hmmmm krg connect sdkit...

      Hapus
  6. 1 menurut saya tingkat pengetahuan yang saya mampu adalah pada tahap pengaplikasian karena saya dapat mengaplikasikan teori teori yang saya dapatkan saat kuliah dan saya terapkandi kehidupan sehari hari mis : perilaku hidup sehat

    2 pengukuran sikap secara tida langsung adalah dengan melihat pola pikir yang terjadi setelah dilakukan penyuluhan
    contoh :
    ketika mahasiswa melakukan penyuluhan ke SD dan mahasiswa memberikan materi tentang cara memcuci tangan dengan baik kemudian siswa dapat menjawab pertanyaan yang diajukan mahasiswa tentang cara mencuci tangan dengan baik dan benar.

    3 contoh perilaku langsung adalah ketika saat penyuluhan mahasiswa memberikan pertanyaan dan meminta contoh kepada siswa SD tentang bagaimana cara membedakan dan membuang sampah organik dan anorganik.

    contoh pengukuran perilaku tidak langsung adalah saat siswa telah diberikan pengetahuan materi tentang cara membuang sampah kemudian siswa dapat berfikir dan mengaplikasikan di kehidupan sehari hari secara terus menerus

    BalasHapus
  7. 1.menurut saya tingkatan pengetahuan saya berada pada tingkatan memahami.karena disini hampir semua mampu memahami dan mempunyai kemampuan untuk memahami suatu objek atau pokok permasalahan.seperti contoh kasus sampah di pinggiran sungai ,kita dapat menjelaskan apa itu sampah ,jenis dan dampak yang timbul akibat sampah tersebut.sehingga kita dapat menyimpulkan bahwa sampah adalah suatu material sisa yang harus dibuang pada tempatnya ,bukan sebaliknya tercecer di bantaran pinggiran sungai.
    2.pengukuran sikap secara tidak langsung seperti guru yang memberikan gambar-gambar kepada muridnya,siswa diminta menceritakan apa-apa yang dilihat di gambar itu dengan tidak langsung guru mengukur sikap dan kemampuan siswanya tanpa siswanya tersebut sadar.dengan begitu pengukuran secara tidak langsung dilakukan.
    3.cara mengukur prilaku secara langsung dengan cara observasi kelapangan ,mengamati satu demi satu apa yang dilakukan selama proses berlangsung.seperti contoh observasi terhadap siswa di dalam proses belajar mengajar .
    cara mengukur secara tidak langsung seperti pemberikan angket atau lembaran kertas yang berisi pertanyaan-pertanyaan untuk mengukur suatu masalah dalam seminar atau kegiatan tertentu.

    BalasHapus
  8. Aulia wulansari
    13410001

    Menurut saya, saya berada pada tingkat MEMAHAMI karena saya mempunyai kemampuan untuk menjelaskan secara benar tentang suatu objek yg saya ketahui dan dapat menginterpretasikan materi tsb dg benar. Jika orang telah paham terhadap suatu objek/materi harus dapat menjelaskan, menyebutkan contoh, menyimpulkan dsb terhadap objek yang dipelajari. Contohnya : masalah sampah, kita harus tahu dan mampu menjelaskan mengapa kita tidak boleh membuang sampah sembarangan.

    2. Pengukuran sikap secara tidak langsung yaitu pengukuran menggunakan alat2 tes, baik yang proyektif maupun non proyektif. Contohnya : dengan tes rorschahch, TAT, dan dengan melalui analisis yang cukup rumit, peneliti dapat mengetahui bagaimana sikap seseorang terhadap keadaan sekitarnya.

    3. Pengukuran prilaku secara tidak angsung yaitu dengan wawancara terhadap kegiatan2 yg telah dilakukan beberapa jam hari atau bulan lalu. Contohnya : setelah mengikuti penyuluhan warga melakukan apa yg telah diberikan penyuluhan.
    Pengukuran prilaku secara tidak langsung yaitu dengan mengobservasi tindakan dan kegiatan responden. Contohnya:contohnya : penyuluhan phbs dengan secara langsung siswa lansung mempraktikan bagaimana mencuci tangan dengan benar.

    BalasHapus
  9. 1. menurut saya tingkat pengetahuan saya baru sampai pada tingkat analisis karena saya telah mampu menggambarkan, memisahkan, dan berkemampuan untuk menjabarkan suatu pengetahuan kedalam kehidupan sehari-hari, namun saya merasa masih perlu pembelajaran lagi guna mencapai ke tingkat dimana saya mampu untuk mengevaluasi pengetahuan.
    2. cara pengukuran sikap secara tidak langsung yaitu dengan menggunakan alat-alat tes. contohnya seorang pengukuran sikap/peneliti memberikan gambar kepada subjek, subjek diminta untuk menceritakan apa-apa yg dilihat dari gambar tsb. kemudian subjek diberi nilai yg memperlihatkan sikapnya terhadap orang/situasi dlm gambar tsb.
    3. cara pengukuran perilaku secara langsung yaitu dengan observasi tingkah laku contohnya memberikan kunjungan ke puskesmas untuk manyampaikan suatu pengetahuan/informasi yg bermanfaat. secara tidak langsung yaitu dengan mengingat kembali pengetahuan yg pernah diberikan contohnya memperhatikan lingkungan, lalu hari-hari setelahnya kita harus selalu menjaga kebersihan lingkungan.

    BalasHapus
  10. 1. menurut saya , pengetahuan saya telah sampai pada tahap sintesis karena saya telah mampu menyusun, merencanakan, dan menyesuaikan suatu teori yang telah ada

    2. cara pengukuran sikap secara tidak langsung yaitu dengan berbagai tes-tes mengenai pengetahuan kognitif seseorang untuk melihat sikap nya contohnya dengan melakukan tes TAT (THEMATIC APPERCEPTION TEST) yaitu tes yang di tujukan pada seseorang dengan menginstruksikan klien tersebut menceritakan tentang suatu gambar, dari situ kita dapat melihat sikap yang dimiliki seseorang tersebut.

    3. cara pengukuran perilaku secara langsung yaitu dengan mengamati langsung suatu objek tertentu. contohnya disuatu sekolah menengah pertama banyak siswa yang sudah mengenal rokok, kemudian kita datang kesekolah tersebut dan mengamati langsung apa saja yang menyebabkan perubahan perilaku tersebut.
    sedangkan cara pengukuran perilaku secara tidak langsung yaitu dengan menanyakan kembali pengetahuan yang telah diberikan sebelumnya. misalnya seorang guru mengajarkan kepada muritnya bagaimana menggosok gigi yang baik dan benar, kemudian beberapa hari kemudian siswa-siswa tersebut diminta untuk mengulang kembali apa yang telah di sampaikan sebelumnya, dari pertanyaan tersebut kita dapat mengetahui apakah sudah ada perubahan dari siswa tersebut atau belum.

    BalasHapus