Jumat, 23 Mei 2014

angkatan kerja part 2









9 komentar:

  1. 1. a. pengangguran terselubung adalah pengangguran yang terjadi apabila para pekerja telah menggunakan waktu kerjanya secara penuh dalam suatu pekerjaan, tetapi dapat ditarik ke sektor lain tanpa mengurangi outputnya.

    b. pengangguran terbuka adalah pengangguran yang timbul karena kurangnya kesempatan kerja atau tidak adanya lapangan pekerjaan.
    c. setengah menganggur adalah tenaga kerja yang tidak bekerja secara optimal karena tidak ada lapangan pekerjaan, biasanya tenaga kerja setengah menganggur ini merupakan tenaga kerja yang bekerja kurang dari 35 jam selama seminggu.

    2. economically inactive population
    karna saya belum dapat menghasilkan suatu produk dan hanya mengkonsumsi barang dan jasa

    3.menurut saya, saya masuk dalam angkatan kerja mancari kerja / menganggur (unemployed) . karen saya masih dalam usaha mecari kerja dengan cara belajar

    BalasHapus
  2. 1. Jenis-jenis pengangguran
    A. Pengangguran Terselubung (Disguised Unemployment) adalah tenaga kerja yang tidak bekerja secara optimal karena suatu alasan tertentu.
    B. Setengah Menganggur (Under Unemployment) adalah tenaga kerja yang tidak bekerja secara optimal karena tidak ada lapangan pekerjaan, biasanya tenaga kerja setengah menganggur ini merupakan tenaga kerja yang bekerja kurang dari 35 jam selama seminggu.
    C. Pengangguran Terbuka (Open Unemployment) adalah tenaga kerja yang sungguh-sungguh tidak mempunyai pekerjaan. Pengganguran jenis ini cukup banyak karena memang belum mendapat pekerjaan padahal telah berusaha secara maksimal.

    2. Menurut saya, saya masuk dalam penggolongan penduduk economically inactive population karena saya belum dapat menghasilkan suatu produk dan saya masih digolongkan konsumtive dimana saya hanya menkonsumsi tetapi tidak produktive

    3. Menurut saya, saya dapat dikategorikan angkatan kerja menganggur (unemployment) karena saat ini saya masih dalam proses pembelajaran dan belum terjun secara langsung dalam dunia pekerjaan

    BalasHapus
  3. 1.Pengangguran Terbuka (Open Unemployment) 
    Pengangguran terbuka adalah tenaga kerja yang betul-betul tidak mempunyai pekerjaan. Pengangguran ini terjadi ada yang karena belum mendapat pekerjaan padahal telah berusaha secara maksimal dan ada juga yang karena malas mencari pekerjaan atau malas bekerja.
    2.Pengangguran Terselubung (Disguessed Unemployment)
     Pengangguran terselubung yaitu pengangguran yang terjadi karena terlalu banyaknya tenaga kerja untuk satu unit pekerjaan padahal dengan mengurangi tenaga kerja tersebut sampai jumlah tertentu tetap tidak mengurangi jumlah produksi. Pengangguran terselubung bisa juga terjadi karena seseorang yang bekerja tidak sesuai dengan bakat dan kemampuannya, akhirnya bekerja tidak optimal.
    Contoh: Pada sebuah kantor terdapat 10 tenaga administrasi yang menangani pekerjaan yang ada. Padahal dengan jumlah tenaga 6 orang saja semua pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik. Akibatnya para pegawai tersebut bekerja tidak optimal dan bagi kantor tentu merupakan suatu pemborosan.
    3.Setengah Menganggur (Under Unemployment)
     Setengah menganggur ialah tenaga kerja yang tidak bekerja secara optimal karena tidak ada pekerjaan untuk sementara waktu. Ada yang mengatakan bahwa tenaga kerja setengah menganggur ini adalah tenaga kerja yang bekerja kurang dari 35 jam dalam seminggu atau kurang dari 7 jam sehari. Misalnya seorang buruh bangunan yang telah menyelesaikan pekerjaan di suatu proyek, untuk sementara menganggur sambil menunggu proyek berikutnya

    2. Menurut saya , sya termasuk dalam Economically invactive population karena saya termasuk bukan pekerja atau sedang mencari pekerjaan karna hanya mengkonsumsi dan tidak memproduksi barang atau jasa .

    3. Menurut saya , saya termasuk dalam kelompok angkaran kerja anak sekolah karna saya masih dalam proses belajar yang dimana hanya difokuskan untuk beljar.

    BalasHapus
  4. 1. a. Pengangguran Terbuka (Open Unemployment) adalah tenaga kerja yang sungguh-sungguh tidak mempunyai pekerjaan. Pengganguran jenis ini cukup banyak karena memang belum mendapat pekerjaan padahal telah berusaha secara maksimal.
    b. Pengangguran Terselubung (Disguised Unemployment) adalah tenaga kerja yang tidak bekerja secara optimal karena suatu alasan tertentu.
    c. Setengah Menganggur (Under Unemployment) adalah tenaga kerja yang tidak bekerja secara optimal karena tidak ada lapangan pekerjaan, biasanya tenaga kerja setengah menganggur ini merupakan tenaga kerja yang bekerja kurang dari 35 jam selama seminggu.
    2. menurut saya,saya termasuk kedalam penggolongan penduduk economically inactive population karena saya belu menghasilkan produk maupun jasa dan masih menjadi konsumen saja.
    3. menurut saya, saya termasuk dalam kelompok angkatan kerja mencari kerja/ menganggur (unemployment) karena saat ini saya belum masuk ke dunia kerja dan masih dalam proses belajar untuk mendapatkan pekerjaan nantinya.

    BalasHapus
  5. 1. a. pengangguran terbuka (open uneployment) adalah tenaga kerja yang sungguh-sungguh tidak mempunyai pekerjaan. Pengganguran jenis ini cukup banyak karena memang belum mendapat pekerjaan padahal telah berusaha secara maksimal.

    b.pengangguran terselubung (disguised unemployment) adalah tenaga kerja yang tidak bekerja secara optimal karena suatu alasan tertentu.

    c. setengah menganggur ( under unemployment) adalah tenaga kerja yang tidak bekerja secara optimal karena tidak ada lapangan pekerjaan, biasanya tenaga kerja setengah menganggur ini merupakan tenaga kerja yang bekerja kurang dari 35 jam selama seminggu.

    2.saya termasuk dalam economically karena saya belum mencari pekerjaan dan hanya mengkonsumsi mengkonsumsi dan tidak memproduksi barang atau jasa apapun.

    3. saya termasuk menganggur (unemployment) karena saat ini saya tidak bekerja dan sedeng dalam proses pembelajaran atau proses pembekalan untuk terjun ke dunia kerja di kemudian hari.

    BalasHapus
  6. 1. a. Pengangguran terbuka (open unemployment), yakni tenaga kerja yang benar-benar tidak memiliki pekerjaan (sama sekali tidak bekerja). Pengangguran ini terjadi karena tidak adanya lapangan pekerjaan atau karena ketidaksesuaian lapangan kerja dengan latar belakang pendidikan dan keahlian tenaga kerja.
    b. Pengangguran terselubung (disguised unemployment), yakni tenaga kerja yang bekerja tapi tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan atau keahliannya. Misalnya, seorang lulusan S1 pertanian bekerja sebagai tenaga pembukuan, atau seorang insinyur teknik, bekerja sebagai pelayan restoran.
    c. Setengah menganggur (under unemployment), yakni tenaga kerja yang bekerja, tetapi bila diukur dari sudut jam kerja, pendapatan, produktivitas dan jenis pekerjaan tidak optimal.
    2. Menurut saya, saya termasuk dalam penggolongan penduduk economically inactive population karena saya bukan pekerja dan saya hanya mengonsumsi, tidak memproduksi barang ataupun jasa.
    3. menurut saya, saya termasuk dalam kelompok angkatan mencari kerja (unemployment) karena saya masih dalam proses belajar agar mempunyai pengalaman dan pengetahuan guna mempersiapkan diri sebagai pekerja.

    BalasHapus
  7. 1 a)Pengangguran Terbuka (Open Unemployment)
    Pengangguran terbuka adalah tenaga kerja yang betul-betul tidak mempunyai pekerjaan. Pengangguran ini terjadi ada yang karena belum mendapat pekerjaan padahal telah berusaha secara maksimal dan ada juga yang karena malas mencari pekerjaan atau malas bekerja.
    b) Pengangguran Terselubung (Disguessed Unemployment)
    Pengangguran terselubung yaitu pengangguran yang terjadi karena terlalu banyaknya tenaga kerja untuk satu unit pekerjaan padahal dengan mengurangi tenaga kerja tersebut sampai jumlah tertentu tetap tidak mengurangi jumlah produksi. Pengangguran terselubung bisa juga terjadi karena seseorang yang bekerja tidak sesuai dengan bakat dan kemampuannya, akhirnya bekerja tidak optimal.
    c)Setengah Menganggur (Under Unemployment)
    Setengah menganggur ialah tenaga kerja yang tidak bekerja secara optimal karena tidak ada pekerjaan untuk sementara waktu. Ada yang mengatakan bahwa tenaga kerja setengah menganggur ini adalah tenaga kerja yang bekerja kurang dari 35 jam dalam seminggu atau kurang dari 7 jam sehari.
    2.menurut saya ,saya termasuk penggolongan penduduk economically inactive ,karena saya bukan termasuk pekerja dan belum menghasilkan suatu barang atau produk.
    3.menurut saya ,saya termasud kelompok angkatan angkatan kerja karena sekarang saya masih dalam proses pembelajaran mencari bekal untuk kemudian bekerja

    BalasHapus
  8. 1. a. Pengangguran terbuka adalah tenaga kerja yang sungguh sungguh tidak mempunyai pekerjaan. Pengangguran jenis ini cukup banyak karena memang belum mendapat pekerjaan padahal telah berusaha secara maksimal.
    b. Pengangguran terselubung adalah tenaga kerja yang tidak bekerja secara optimal karena suatu alasan tertentu.
    C. Setengah menganggur adalah tenaga kerja yg tidak bekerja secara optimal karena tidak ada lapangan pekerjaan, biasanya tenaga kerja setengah menganggur ini merupakan tenaga kerja yang bekerja kurang dari 35 jam selama seminggu.

    2. Menurut saya, saya termasuk dalam penggolongan penduduk economically inactive population. Karena saya masih menjadi seorang mahasiswa dan sedang tidak mencari pekerjaan , dan saya hanya sebagai konsumen tidak memproduksi barang / jasa dilihat dari pengertian ekonomi.

    3. Menurut saya, saya termasuk kelompok dalam angkatan kerja karena sekarang saya masih dalam proses
    Belajar untuk menambah pengetahuan dan mencari ilmu untuk lebih berpengalaman dalam bekeja .

    BalasHapus
  9. 1.a.Pengangguran Terselubung (Disguised Unemployment) adalah tenaga kerja yang tidak bekerja secara optimal karena suatu alasan tertentu.
    b.Setengah Menganggur (Under Unemployment) adalah tenaga kerja yang tidak bekerja secara optimal karena tidak ada lapangan pekerjaan, biasanya tenaga kerja setengah menganggur ini merupakan tenaga kerja yang bekerja kurang dari 35 jam selama seminggu.
    c.Pengangguran Terbuka (Open Unemployment) adalah tenaga kerja yang sungguh-sungguh tidak mempunyai pekerjaan. Pengganguran jenis ini cukup banyak karena memang belum mendapat pekerjaan padahal telah berusaha secara maksimal.
    2.economically inactive population karena saya masih mencari ilmu belum bisa memproduksi barang maupun jasa jadi saya termasuk dieonomically inactive population menurut pengertian economi.
    3.Menurut pendapat saya, saya termasuk kelompok dalam angkatan kerja karena sekarang saya masih dalam proses mencari ilmu atau belajar untuk kedepan dalam mencari pengalaman bekerja.

    BalasHapus