Rabu, 11 September 2013

Program Komunikasi Kesehatan

3. Program Komunikasi Kesehatan


Program komunikasi kesehatan merupakan upaya promosi yang dimulai dari proses perencanaan, pelaksanaan, dan pemantauan yang didesain untuk tujuan jangka panjang agar terjadi perubahan perilaku pada kelompok sasaran. Tujuan pokok dari program komunikasi kesehatan adalh perubahan perilaku kesehatan dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan. Strategi komunikasi kesehatan terdiri dari tiga langkah strategis yang merupakan siklus berkesinambungan, sebagai berikut:

1)      Tahap perencanaan
Tahap perencanaan merupakan bagian terpenting dari seluruh kegiatan program komunikasi kesehatan komunikasi kesehatan, pada tahap ini dilakukan berbagai macam kegiatan serius dan berbagai aspek dipelajari. Kunci keberhasilan program komunikasi kesehatan terletak pada sejauh mana tahap perencanaan dirancang, yang meliputi:
a.       Analisis masalah kesehatan
b.      Riset pengembangan
c.       Pengembangan strategi
d.      Uji coba bahan
e.       Rencana operasional

2)      Tahap pelaksanaan
Kegiatan dimulai dengan menggunakan bahan komunikasi yang dihasilkan dengan kualitas yang tinggi, kemudian bahan didistribusikan melalui berbagai jalur media secara terpadu. Tujuannya untuk memperoleh daya jangkau dan frekuensi maksimum. Sebelum tahap ini dimulai, terlebih dahulu dilakukan program pelatihan bagi mereka yang akan berinteraksi dengan konsumen. Tahap ini terdiri dari tiga kegiatan pokok:
a.       Produksi
b.      Pelatihan
c.       Distribusi

untuk melanjutkan materi silahkan klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar