3. Program Komunikasi Kesehatan
Program
komunikasi kesehatan merupakan upaya promosi yang dimulai dari proses
perencanaan, pelaksanaan, dan pemantauan yang didesain untuk tujuan jangka
panjang agar terjadi perubahan perilaku pada kelompok sasaran. Tujuan pokok
dari program komunikasi kesehatan adalh perubahan perilaku kesehatan dalam
rangka meningkatkan derajat kesehatan. Strategi komunikasi kesehatan terdiri
dari tiga langkah strategis yang merupakan siklus berkesinambungan, sebagai
berikut:
1) Tahap
perencanaan
Tahap perencanaan merupakan bagian
terpenting dari seluruh kegiatan program komunikasi kesehatan komunikasi
kesehatan, pada tahap ini dilakukan berbagai macam kegiatan serius dan berbagai
aspek dipelajari. Kunci keberhasilan program komunikasi kesehatan terletak pada
sejauh mana tahap perencanaan dirancang, yang meliputi:
a. Analisis
masalah kesehatan
b. Riset
pengembangan
c. Pengembangan
strategi
d. Uji
coba bahan
e. Rencana
operasional
2) Tahap
pelaksanaan
Kegiatan dimulai dengan menggunakan
bahan komunikasi yang dihasilkan dengan kualitas yang tinggi, kemudian bahan
didistribusikan melalui berbagai jalur media secara terpadu. Tujuannya untuk
memperoleh daya jangkau dan frekuensi maksimum. Sebelum tahap ini dimulai,
terlebih dahulu dilakukan program pelatihan bagi mereka yang akan berinteraksi
dengan konsumen. Tahap ini terdiri dari tiga kegiatan pokok:
a. Produksi
b. Pelatihan
c. Distribusi
untuk melanjutkan materi silahkan klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar